Visitasi Akreditasi Prodi S1 Tadris Matematika (TMA)

IAIN Purwokerto kembali kedatangan tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), kali ini yang divisitasi adalah program studi S1 Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (TMA FTIK) IAIN Purwokerto.

Tim terdiri dari Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto dari Universitas Negeri Surabaya dan Dr. Ir. Amril Aman dari Institut Pertanian Bogor, keduanya disambut oleh  Rektor IAIN Purwokerto Dr. Moh. Roqib beserta jajarannya di Gedung Rektorat Lantai 2, Jumát (03/05).

Dalam kesempatan tersebut Rektor memperkenalkan kepada asesor tim akreditasi prodi TMA yakni  Wakil Rektor I Dr. Fauzi, Ketua LPM Dr. Rohmad, Dekan FTIK Dr. Suwito, Wakil Dekan I FTIK Dr. Suparjo dan Kaprodi TMA Dr. Maria Ulpah.

Rektor menjelaskan TMA adalah prodi baru yang diharapkan menghasilkan sarjana calon guru matematika professional yang mengintegrasikan pemahaman keislaman dan sains.

“Upaya untuk meningkatkan kualitas prodi TMA diantaranya adalah dosen produktif menulis jurnal internasional serta mengikuti program internasional di Turki dan Australia, “ungkapnya.  

Selanjutnya Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto mengatakan bahwa kehadirannya di sini bukan untuk meghakimi tetapi untuk melakukan klarifikasi borang apakah sesuai dengan kenyataan dan jika ada hal-hal yang belum tertulis boleh dikemukakan dengan bukti-bukti yang kuat.

Dengan diberlakukannya 9 standar penilaian maka visi misi mempunyai standar baru yang harus disesuaikan, “jelasnya.

Sementara itu Dr. Amril Aman mengemukakan jika akreditasi merupakan proses yang rutin, suatu kegiatan interaksi akademis yang dilakukan bersama untuk memperbaiki secara terus menerus.

“karena sifatnya akademik, akreditasi tidak dinilai oleh atasan tapi oleh teman sejawat yang sama-sama berprofesi sebagai dosen, disinilah terjadinya diskusi untuk meningkatkan kualitas, “katanya.

Tim asesor juga akan melakukan visitasi lapangan dan wawancara dengan pihak terkait. (acm)