UPT Ma’had Al Jami’ah IAIN Purwokerto Gelar Kajian Turats Online Selama Ramadhan.

Purwokerto-UPT Ma’had Al Jami’ah IAIN Purwokerto menggelar kajian Turats Online. Mengkaji Kitab at-Tadzhib fi Adillati Matni al-Ghoyah wa at-Taqrib setiap hari Selasa dan Kamis di bulan Ramadhan dimulai pukul 16.30–17.30 WIB. Ditayangkan melalui channel Youtube Ma’had Al Jami’ah IAIN Purwokerto.

Kajian pertama dilaksanakan tanggal 15 April 2021. Dibuka oleh Rektor IAIN Purwokerto Dr. KH  Moh. Roqib, M.Ag sekaligus menjadi narasumber untuk kajian pertama. Dalam kajian tersebut Rektor menyampaikan tentang fadhilah menggunakan siwak, serta membersihkan mulut.

Kajian selanjutnya di isi oleh beberapa  narasumber seperti KH. Nasruddin, M.Ag, Gus Ahmad Musyaffa, Gus Ahmad Muhammad Fatih, Gus M. Sadullah, Gus Ahmad Fuad Hasyim, dan Gus Hamid Mustofa.

Tentang rangkaian kajian ini diungkapkan secara khusus oleh ketua Ma’had al-Jami’ah IAIN Purwokerto KH. Nasrudin, M.Ag., bahwa Kitab at-Tadzhib fi Adillati Matni al-Ghoyah wa at-Taqrib merupakan kajian kitab yang telah di sepakati oleh Ma’had untuk menjadi kajian wajib bagi santri mahasiswa IAIN Purwokerto.

Menurut Nasruddin kajian kitab ini sudah berlangsung lama, yang sebelumnya dilaksanakan di pondok pesantren masing-masing, kali ini dilaksanakan secara daring di tengah pandemi.

“Kajian ini sudah berlangsung sejak tahun 2014 sampai sekarang. Saat ini dilakukan online karena sedang masa pandemic, sebelumnya dikaji di masing-masing pondok pesantren,” ungkapnya.

“Kitab tersebut di rasa tepat sebagai kajian wajib bagi mahasiswa karena membahas lengkap tentang ibadah ubudiyah serta muamalah sehari-hari lengkap matan yang sudah di syarahi dengan dalil quran dan hadistnya,” lanjut Nasruddin.

“Selain itu, kitab tersebut membantu sekali dalam penguatan PPI (Praktek Pengalaman Ibadah) sesuai dengan program IAIN Purwokerto” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email