UPT Bahasa IAIN Purwokerto: Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Tengah Pandemi

Purwokerto—UPT Bahasa IAIN Purwokerto gelar Seminar dengan tema “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Tengah Pandemi” secara offline dan online. Secara offline dilaksanakan di Auditorium utama IAIN Purwokerto dan secara online dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube. (05/11/2020).

Seminar nasional ini menghadirkan dua narasumber, yang pertama Dr. Hisyam Zaini, M.A., dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan yang kedua Dr. Ade Ruswati, M.Pd., dari IAIN Purwokerto dengan moderator Mokh. Sukron, Lc., M.Hum.

“Tantangan dan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Arab di tengah pandemi ini memang luar biasa, maka ada beberapa solusi berupa strategi pembelajaran bahasa Arab yang mungkin dirasa cocok dan sesuai dengan keadaan pembelajaran di lembaga pendidikan masing-masing, misalnya dengan penggunaan media atau teknologi yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan pembelajaran,” papar Ade Ruswati.

“Misalnya media Youtube berupa video materi pembelajaran, WhatsApp Group, Zoom Cloud Meeting, Google Meet bisa melakukan interaksi dengan mahasiswa dan lain-lainnya. Kalau strateginya berupa langkah-langkah pembelajaran disesuaikan dengan keterampilan berbahasa yang dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan” tambah Ade.

Dr. Hisyam Zaini, M.A., menyampaikan manfaat E-learning diantaranya adalah meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance interactivity), memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility), menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience), dan mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.

“Dengan seminar ini diharapkan peserta seminar mendapatkan teori-teori pembelajaran Bahasa Arab yang aktual, model pembelajaran Bahasa Arab berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan mendapatkan contoh pembelajaran Bahasa Arab model daring” jelas H. A. Sangid B.Ed. MA selaku kepala UPT Bahasa IAIN Purwokerto. (Tim Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email