Studium General Pascasarjana IAIN Purwokerto: Omnibus Law Perspektif Hukum dan Komunikasi

Purwokerto—Pascasarjana IAIN Purwokerto menggelar Studium General dengan tema yang sedang hangat saat ini “Omnibus Law: Perspektif Hukum dan Komunikasi”. Acara yang diikuti oleh hampir 200 peserta ini dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube (23/10/2020).

“Pemilihan tema dalam studium general ini salah satunya disebabkan karena Omnibus Law sedang hangat diperbincangkan disertai demo-demo yang dilakukan oleh para mahasiswa. Tema Omnibus Law juga perlu dilihat secara rigid tentang apa maksud dan tujuannya sehingga penting ditinjau dari sisi komunikasi”, jelas  Direktur Pascasarjana IAIN Purwokerto Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag

Webinar ini menghadirkan dua pembicara, yaitu pertama, Dr. Abdul Aziz Nasihuddin, S.H., M.M., M.H., seorang Dosen Hukum Administrasi Negara dari Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Kedua, Ahmad Muttaqin, M.Si., Dosen fakultas Dakwah IAIN Purwokerto yang menjabat sebagai Kapuslit LPPM IAIN Purwokerto, dengan moderator Dr. Nawawi, M.Hum, yang juga seorang Dosen Pascasarjana di IAIN Purwokerto.

“Omnibus Law menjadi ruang kontestasi para pihak terkait. Masing-masing memanfaatkan momentum Omnibus Law untuk menunjukkan kuasanya dan ingin tampil dominan terhadap yang lain”. Papar Ahmad Muttaqin.

“Dengan demikian, substansi diskursif tentang cipta kerja dan isu-isu strategis lainnya terabaikan”, tambahnya.

“RUU Omnibus Law ditolak rakyat Indonesia karena pembahasannya tidak terbuka, hanya beberapa orang saja sehingga tidak banyak diketahui oleh masyarakat. RUU Omnibus Law lebih memihak kepentingan penguasa dari pada kepentingan masyarakat banyak.” Kata Dr. Nawawi, M.Hum menyimpulkan paparan Dr. Abdul Aziz Nasihuddin, S.H., M.M., M.H.

Banyaknya pertanyaan dari para peserta melalui chat box ataupun raise hand menu menunjukkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti staudium general ini. (Tim Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email