Sekjen Kemenag RI Menjadi Narasumber FGD Peralihan IAIN Menjadi UIN

 

Dalam rangka peningkatan SDM IAIN Purwokerto, untuk menyongsong peralihan status dari IAIN menjadi UIN, Focus Group Discussion (FGD) diselenggarakan di Hall Perpustakaan pada hari Jumat, 11 Oktober 2019 pukul 09.30-11.00 WIB.

Hadir sebagai narasumber utama adalah Sekjen Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil. H. Mohamad Nur Kholis Setiawan, MA. yang menyampaikan integrasi ilmu-ilmu agama Islam (Islamic Studies) dengan perkembangan sains dan teknologi, selain juga berbagai topik terkait persiapan peralihan status IAIN Purwokerto menjadi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu).

FGD dihadiri oleh Rektor, Dr. KH. Moh. Roqib., M.Ag., Wakil Rektor I, Dr. H. Fauzi, M.Ag., Kabiro AUAK, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. juga para Dekan, Wakil Dekan, dosen dan staf IAIN Purwokerto.

Rektor IAIN Purwokerto, Dr. KH. Moh. Roqib dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Sekjen yang sudah menyempatkan waktu berkunjung di IAIN Purwokerto, beliau berharap arahan-arahan yang diberikan oleh Bapak Sekjen bisa diaplikasikan oleh seluruh Civitas Akademika IAIN Purwokerto.

Dalam sesinya, Prof. Mohamad Nur Kholis Setiawan antara lain menggarisbawahi “Kemajuan zaman tidak bisa dihindari, dimulai dari maraknya penemuan dan penggunaan teknologi di era modernisme, kemudian ditemukan komputer, lalu memasuki era www (world wide web), hingga sekarang memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan internet of things, semua hal dilakukan sangat cepat dan sistematis berbasis daring (internet), semua yang tidak mengikuti perkembangan ini akan runtuh, berapa banyak perusahaan gulung tikar karena dikalahkan oleh pesaing-pesaing baru yang mengaplikasikan internet of things. Harapannya, islamic studies yang menjadi ciri PTKIN tidak hilang, tetap eksis namun mengikuti perubahan zaman.”