S-2 PROGRAM STUDI HUKUM EKONOMI SYARIAH IAIN PURWOKERTO RAIH AKREDITASI A

 

Purwokerto– Status akreditasi merupakan indikator untuk menentukan mutu perguruan tinggi. Baik untuk institusi maupun program studi (prodi). Ada tiga tingkatan akreditasi, yakni, A berarti unggul, B artinya baik sekali, dan C berarti baik. Akreditasi menentukan kelayakan sebuah institusi, termasuk prodi pada sebuah institusi universitas.

Tahun ini, salah satu prodi di Pascarjana IAIN Purwokerto, yaitu Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) melaksanakan proses akreditasi. Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 968/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2021 Prodi HES berhasil meraih akreditasi A. Masa berlaku status akreditasi dan peringkat akreditasi sebuah prodi dan/atau perguruan tinggi adalah 5 (lima) tahun. Akreditasi A adalah pengakuan (recognition) dari pemerintah dan masyarakat bahwa Prodi HES memiliki keunggulan dan memperkuat kepercayaan publik.

Rangkaian persiapan proses akreditasi tersebut sudah dimulai sejak tahun 2020 silam. Persiapan dokumen 7 standar akreditasi disiapkan oleh seluruh civitas akademika Pascasarjana IAIN Purwokerto dengan baik. Bahkan sebulan sebelum asesmen lapangan yang dilaksanakan via daring dilakukan, tim melakukan koordinasi secara lebih masif. Sementara visitasi dilaksanakan pada tanggal 17-18 Februari 2021.

Dalam melakukan penilaian, BAN PT melibatkan asesor yang berpengalaman menggunakan instrumen yang rigid untuk menghasilkan penilaian yang berkualitas. Para asesor lapangan dalam akreditasi prodi HES yaitu Dr. Iskandar Ritonga, M. Ag. (UIN Sunan Ampel Surabaya) dan Dr. Ruslan Abdul Ghogur, S. Ag., M.Si. (UIN Raden Intan Lampung). Mereka menyatakan apresiasinya pada Pascarjana IAIN Purwokerto, terutama pada Prodi HES atas kerja kerasnya mempersiapkan dokumen keperluan akreditasi di tengah kondisi pandemi.

Para asesor juga memberikan beberapa masukan terkait pengembangan prodi tersebut agar semakin berkembang pesat di antaranya peningkatan model sosialisasi kepada calon mahasiswa baru yang semakin inovatif dan masif serta meningkatkan jalinan kemitraan dengan berbagai pihak yang relevan.

Ditemui di ruangannya, Prof. Dr. Sunhaji, M. Ag. selaku Direktur Pascasarjana IAIN Purwokerto mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan akreditasi ini.

“Kami berharap Prodi HES semakin maju dan berkembang. Semoga dengan meraih akreditasi A ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga prodi ini semakin diminati,” tutur Prof. Dr. Sunhaji, M. Ag.

Membangun mutu perguruan tinggi sangat penting. Sebab, dengan terbangunnya mutu maka perubahan akan disikapi secara positif dan menjadi peluang mahasiswa untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas. (Tim Media IAIN Purwokerto 2021)

Print Friendly, PDF & Email