Pramuka IAIN Purwokerto Kembangkan Potensi Anggota Racana

Purwokerto—Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto mengadakan kegiatan penerimaan anggota unit, mengambil tema “Kesatria Tanggap yang Mampu Mengembangkan Potensi diri,” bertempat di Gedung Student Center IAIN Purwokerto pada Kamis-Sabtu (29/4/21-01/5/21).

Kegiatan Penerimaan Anggota Unit merupakan kegiatan pengembangan potensi anggota racana dalam beberapa bidang keahlian. Di dalam Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto memiliki lima unit, yaitu Unit Baskara (Keprotokolan), Unit Seni Budaya, Unit Management Outdoor, Unit Pers dan Komunikasi, dan Unit Kewirausahaan. Unit yang ada merupakan tempat anggota racana berproses dan mendalami keahlian yang disesuaikan dengan bakat dan minat anggota sekaligus memberikan wadah untuk berkarya, memaksimalkan potensi diri masing-masing anggota.

Selain menjadi kegiatan penggalian potensi anggota, kegiatan Penerimaan Anggota Unit merupakan salah satu dari kegiatan kaderisasi yang ada di Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto.

“Pramuka, jiwa muda yang suka berkarya adalah jati diri yang harus selalu dimiliki seorang pramuka, potensi yang dimiliki harus diberikan ruang dan terus diasah serta dikembangkan,” ungkap Mabihari Kak Sulkhan Chakim.

Ketua Dewan Racana Saras Sabar Septiana mengungkapkan bahwa kegiatan penerimaan anggota unit kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, tetapi peserta tetap semangat dan antusias.

“Meskipun dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta dalam mengikuti dari awal hingga akhir kegiatan,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Kak Claire Ifhanatasha Febian mengatakan bahwa peserta Penerimaan Anggota Unit terdiri dari warga racana dengan pendaftaran menggunakan sistem seleksi. Pemilihan unit yang diikuti disesuaikan dengan minat dan kemampuan dari peserta. Selain itu, dia mengatakan bahwa kegiatan ini akan di lanjutkan dengan follow up untuk mengembangkan potensi secara berkelanjutan.

“Penerimaan Anggota Unit pada kesempatan kali ini diikuti sebanyak 44 peserta, yang akan dilanjutkan dengan adanya follow up. Hal ini menjadi titik focus untuk pengembangan potensi yang keberkelanjutan,” katanya.

Sebagai Pembina, Kak Mutijah berharap akan muncul potensi-potensi baru di berbagai bidang.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita akan segera melihat potensi-potensi baru yang akan nampak dari anggota, baik itu dalam bidang keprotokolan, pengembangan seni budaya, kegiatan outdoor, desaign grafis, jurnalistik, serta kewirausahaan. Melalui unit Racana ini, akan digali dan dikembangkan potensi, sehingga akan melahirkan kembali anggota-anggota unit baru yang terampil dan siap berkarya,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Kak Hizbul Muflihin selaku Ketua Gugus depan mengungkapkan bahwa anggota pramuka dituntut untuk multitalenta dalam segala bidang, serba bisa, dimanapun berada dan ditempatkan dimana saja selalu siap sedia menjalankan tugas dengan baik.

“Oleh karena itu, perlu dilatih dan dipersiapkan, seperti halnya dengan kegiatan Penerimaan Anggota Unit ini, dimana peserta dilatih untuk dapat menguasai satu keahlian tetapi tidak menutup diri dari keahlian yang lain. Kejarlah materinya dan maksimalkan, ilmunya diterapkan dalam masyarakat, berkiprah di masyarakat dengan kecakapan yang dibutuhkan,” ungkapnya.

“Pramuka harus terus berkarya, berkarya, dan berkarya,” pungkasnya. (Tim Media 2021, Much. Aji, dan Wahyu Tri)

Print Friendly, PDF & Email