Prodi S3 Studi Islam UIN Saizu Purwokerto Raih Akreditasi BAIK SEKALI

Purwokerto— Akreditasi Program Studi (Prodi) S3 Studi Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) merupakan akreditasi yang pertama kali dilakukan sejak dibukanya Prodi S3 ini. Status akreditasi merupakan indikator untuk menentukan mutu Prodi di sebuah Perguruan Tinggi. Ada tiga tingkatan akreditasi terbaru dengan sembilan standar, yakni Unggul, Baik Sekali dan Baik. Prodi S3 Studi Islam Pascasarjana UIN SAIZU melaksanakan proses akreditasi 9 kriteria. (13/07/2021)

Berdasarkan keputusan hasil sidang Dewan Eksekutif BAN PT menetapkan bahwa Prodi S3 Studi Islam berhasil meraih akreditasi Baik Sekali. Hasil ini berarti pengelolaan Prodi S3 UIN SAIZU telah sesuai dengan orientasi pengembangan dan penjaminan pelaksanaan Pendidikan Tinggi yang bermutu.

Rangkaian persiapan proses akreditasi tersebut sudah dimulai sejak jauh hari sebelum pemberitahuan jadwal AL dari BAN PT. Persiapan dokumen 9 standar akreditasi dilakukan oleh seluruh tim akreditasi dengan baik dan penuh kehati-hatian. Satu minggu menjelang Asessment Lapangan (AL), Prodi melakukan simulasi AL bebarapa kali, yang pertama dengan Tim Akreditasi, yang kedua dengan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN SAIZU.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika ada kekurangan dalam kelengkapan dokumen, tim masih mempunyai waktu untuk mencari dan melengkapi dokumen-dokumen akreditasi. Sementara AL dilaksanakan pada tanggal 5-6 Juli 2021.

Dalam melakukan penilaian, BAN PT melibatkan dua assesor yang berpengalaman menggunakan instrumen akreditasi dengan 9 kriteria. Hal ini untuk menghasilkan penilaian yang berkualitas. Para asesor lapangan dalam akreditasi Prodi S3 Studi Islam UIN Saizu yaitu Prof. Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag., dari IAIN Tulungagung, dan Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.A., dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mereka menyatakan apresiasinya pada Pascasarjana UIN Saizu, terutama Prodi S3 Studi Islam atas kerja kerasnya mempersiapkan dokumen keperluan akreditasi di tengah kondisi pandemi.

Direktur Pascasarjana UIN SAIZU Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag., mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kesuksesan yang diraih Prodi S3 Studi Islam ini.

“Terimakasih yang sedalam-dalamnya atas doa dukungan dari semua pihak terutama Rektor dan para Wakil Rektor serta seluruh keluarga besar Pascasarjana UIN SAIZU yang telah mensupport, mendoakan, dan mendukung sepenuhnya proses akeditasi ini. Sehingga akhirnya Prodi S3 Studi Islam meraih predikat Baik Sekali dengan nilai 337,” ungkapnya.

“Perolehan Baik Sekali ini merupakan prestasi yang terbaik bagi Pascasarjana UIN SAIZU. Hal ini karena pertama, Prodi S3 Studi Islam merupakan Prodi baru yang belum pernah melaksanakan akreditasi. Kedua, belum memliliki lulusan. Jadi predikat ini merupakan predikat paling baik bagi UIN SAIZU. Ketiga, hasil akreditasi ini merupakan perjuangan yang luar biasa dari tim akreditasi Pascasarjana yang dipimpin langsung oleh Ketua Program S3 Studi Islam. Terima kasih atas perjuangan dan komitmen, kerjasama, kekeluargaan, dan tanggung jawab yang luar biasa ini telah mengasilkan prestasi yang terbaik. Prestasi ini juga tidak lepas dari dukungan mahasiswa dan tenaga kependidikan di Pascasarjana UIN SAIZU,” tambahnya.

Ketua Program Studi S3 Studi Islam, Dr. H. A. Luthfi Hamidi, M.Ag., mengungkapkan kebahagiaannya atas diraihnya akeditasi Baik Sekali ini.

“Ini adalah akreditasi pertama, capaian akreditasi pertama (Baik Sekali) adalah tingkat akreditasi terbaik yang bisa diperoleh oleh Prodi pada saat pertama kali memiliki akreditasi. Dengan capaian akreditasi Baik Sekali menunjukkan bahwa seluruh civitas akademika dari dosen, mahasiswa, karyawan memiliki komitmen yg luar biasa untuk mengembangkan mutu proses pembelajaran pada prodi S3 Studi Islam UIN SAIZU,” ungkapnya.

“Hasil akreditasi ini menunjukkan bahwa pengelolaan Prodi S3 Studi Islam UIN SAIZU telah sesuai dengan orientasi pengembangan dan penjaminan pelaksanaan Pendidikan Tinggi yang bermutu. Untuk itu saya sebagai Ketua Program S3 Studi Islam mengucapan terima kasih kepada seluruh dosen, tendik, mahasiswa, serta jajaran pimpinan UIN SAIZU yang telah memberi support luar biasa  bagi pengembangan dan penjaminan mutu pembelajaran pada Prodi S3 Studi Islam ini,” pungkasnya

(Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email