Prodi PGMI UIN Saizu Raih Akreditasi UNGGUL

 

Purwokerto—Status akreditasi merupakan indikator untuk menentukan mutu perguruan tinggi. Baik untuk institusi maupun program studi (prodi). Ada tiga tingkatan akreditasi terbaru dengan sembilan standar, yakni unggul, baik sekali dan baik. Akreditasi menentukan kelayakan sebuah institusi, termasuk prodi pada sebuah universitas.

Pada bulan Juni 2021 salah satu prodi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU), yaitu Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) melaksanakan proses akreditasi. Berdasarkan keputusan hasil sidang Dewan Eksekutif BAN PT menetapkan bahwa Prodi PGMI berhasil meraih akreditasi Unggul. (07/07/2021)

Rangkaian persiapan proses akreditasi tersebut sudah dimulai sejak tahun 2020. Persiapan dokumen 9 standar akreditasi disiapkan oleh seluruh civitas akademika FTIK UIN Saizu dengan baik dan penuh kehati-hatian. Bahkan sebulan sebelum asesmen lapangan (AL) yang dilaksanakan via daring dilakukan, tim melakukan koordinasi secara lebih intens. Satu minggu menjelang AL, prodi juga melakukan simulasi AL oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN SAIZU.  Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika ada yang kurang dalam kelengkapan dokumen, tim masih mempunyai waktu untuk mencari dan melengkapi. Sementara visitasi dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juni 2021.

Dalam melakukan penilaian, BAN PT melibatkan dua assesor yang berpengalaman menggunakan instrumen akreditasi untuk menghasilkan penilaian yang berkualitas. Para asesor lapangan dalam akreditasi prodi PGMI yaitu Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd., dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Dr. Euis Kurniati, M.Pd., dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Mereka menyatakan apresiasinya pada FTIK UIN Saizu, terutama prodi PGMI atas kerja kerasnya mempersiapkan dokumen keperluan akreditasi di tengah kondisi pandemi.

Kaprodi PGMI, Dr. H. Siswadi, M.Ag., menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam keberhasilan proses akreditasi prodi PGMI.

“Saya sebagai Kaprodi PGMI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran pimpinan UIN SAIZU, terutama kepada Bapak Dekan FTIK beserta seluruh tim akreditasi, dan juga mahasiswa, stake holder, dan semua pihak yang telah bekerjasama semaksimal mungkin sehingga prodi PGMI bisa meraih predikat Unggu,l” ungkap Siswadi.

Dekan FTIK, Dr. H. Suwito, M.Ag., mengungkapkan syukur dan terimakasih atas diraihnya predikat unggul bagi prodi PGMI.

“Alhamdulillah berkat kerja tim akreditasi yang solid dan kerja keras dari rekan-rekan semuanya, prodi PGMI bisa mendapatkan predikat unggul dari BAN PT. Ini merupakan salah satu wujud nyata dari kerjasama yang baik antara rekan-rekan FTIK yang tidak kenal lelah dalam mempersiapkan akreditasi sehingga hasilnya bisa mendapatkan berkah dan mberkahi,” ungkapnya.

“Predikat unggul sangat ditunggu oleh seluruh civitas akademika prodi PGMI. Semoga hal ini bisa menginspirasi rekan-rekan di prodi lainnya untuk bisa berpredikat unggul sehingga FTIK UIN SAIZU selalu dapat meningkatkan kualitas Pendidikan,” pungkasnya.

(Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email