Mahasiswa Pascasarjana Prodi PGMI Bersinergi Santuni Anak Yatim dan Dhuafa di Bulan Muharram

 

Sejumlah mahasiswa Pascasarjana Program Studi PGMI IAIN Purwokerto menggelar kegiatan santunan untuk anak yatim dan dhu’afa. Kegiatan tersebut, diadakan berkerja sama dengan Gerakan Bunda Peduli Yatim dan Dhu’afa (GBPYD) serta pada donator pada hari Kamis (20/08) dan puncak kegiatan diadakan pada hari Jumat (28/08) di lokasi yang berbeda.

Lokasi pertama yaitu di Pondok Pesantren Al Hidayah Purwojati di bawah asuhan Ibu Muslimah yang diwakilkan oleh 15 anak yatim. Acara dimulai dengan sambutan Kaprodi S-2 PGMI, Dr. Tutuk Ningsih yang sekaligus sebagai Ketua Gerakan Bunda Peduli (GBPYD). Dalam kesempatan tersebut, Dr. Tutuk Ningsih menyampaikan apresiasi yang besar untuk Mahasiswa S-2 PGMI dan bantuan dari para donator dari berbagai daerah di seluruh Indonesia melalui GBPYD.

“Saya selaku Kaprodi S-2 PGMI dan juga dari Gerakan Bunda Peduli Yatim dan Dhuafa mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk mahasiswa S-2 PGMI dan seluruh donator dari berbagai daerah seluruh Indonesia yang telah menyisakan rezekinya untuk berbagi. Berapapun nominal yang diberikan, itu akan sangat bermanfaat untuk adik-adik,” ucap Dr.Tutuk Ningsih.

Selanjutnya, kegiatan santunan dilanjutkan di TPQ dan Masjid l Huda di Sawangan Wetan, Kecamatan Patikraja. Diwakilkan oleh pemilik yayasan, secara simbolis santunan tersebut diberikan oleh Kaprodi PGMI Pascasarjana IAIN Purwokerto.

Puncak kegiatan santunan dilaksanakan di desa Panusupan tepatnya di mushola Ar Rahman yaitu Mushola baru hasil dari sumbangan para donator di seluruh Indonesia yang disalurkan melalui GBPYD. Kegiatan Santunan diberikan kepada 20 orang sebagai perwakilan Panusupan dan 3 orang sekitar Purwokerto. Kegiatan santunan sekaligus sebagai kegiatan pegajian bulan muharram yang disambut antusias oleh warga sekitar sekaligus sebagai mushola baru. Dalam kesempatan tersebut, diwakilkan oleh salah satu warga yaitu Bapak Alip menyampaikan kebahagiaan dan antusias warga sekitar Mushola menyambut kegiatan santunan dan pengajian. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kalinya di sekitar desa kami. Ucapan terima kasih diberikan kepada mahasiswa S-2 PGMI dan seluruh donator dari berbagai daerah yang telah peduli terhadap sesama.

Kegiatan tersebut dari Santunan pertama, kedua dan ketiga berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai petunjuk pemerintah. Dalam kesempatan tersebut, Mahasiswa Pascasarjana Prodi PGMI IAIN Purwokerto bekerja sama dengan Yayasan Bunda Peduli Yatim dan Dhu’afa serta para donator dari luar daerah menyampaikan ingin menjadikan kegiatan santunan anak yatim dan dhu’afa sebagai kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap sosial terutama dimasa sulit seperti sekarang ini karena wabah pandemi Covid-19.

Print Friendly, PDF & Email