Mahasiswa PAI FTIK IAIN Purwokerto Gelar “Makarim Ramadan 2021”

 

Purwokerto–Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Komunitas Rumah Bahasa (KRB) Pendidikan Agama Islam (PAI) FTIK IAIN Purwokerto menggelar kegiatan sosial di bulan Ramadan pada di TPQ Asy-Syafaat Pangebatan, Karanglewas, Purwokerto, (03/05).

Kegiatan tersebut diberi nama “Makarim Ramadan 2021”.  Menurut Ketua panitia Lulu Chilmah, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa solidaritas, menjalin dan mempererat tali silaturahmi, meningkatkan semangat dakwah mahasiswa sebagai calon pendidik, serta memperkenalkan dan menumbuhkan rasa cinta Islam kepada santri putra dan putri.

Kegiatan Makarim Ramadan 2021 mengusung tema “Menumbuhkan Semangat Ramadan dengan Nilai Keislaman Sejak Dini.” Sasaran kegiatan tersebut yaitu santri putra dan putri TPQ Asy-Syafaat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus HMJ dan KRB PAI, Ketua Dema FTIK 2021 (Nailurrobikh), Ustaz dan Ustazah, Rekan-Rekanita IPNU dan IPPNU Pangebatan, Demisioner HMJ dan KRB PAI, serta Santri Putra dan Putri TPQ Asy-Syafaat.

Rangkaian kegitan tersebut dimulai dengan pembukaan pada pukul 14.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan belajar dan mengaji bersama santri putra dan putri TPQ Asy-Syafaat, kegiatan buka bersama, khatmil Al-Qur’an, salat tarawih berjamaah, dan ditutup dengan diskusi publik dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang diisi oleh dua pemateri.

Materi pertama dengan tema “Aktivis yang Akademis” disampaikan oleh Fajar Afwan, S.Pd., demisioner HMJ PAI 2017. Materi kedua tentang “Menghargai Ilmu dan Guru” disampaikan oleh Bapak Kiai Ahmad Nurhuda pengasuh TPQ Asy-Syafaat.

Ketua HMJ PAI, Baharudin, menjelaskan alasan mengadakan kegiatan di luar kampus.

“Kami mengadakan Makarim Ramadan 2021 di luar kampus karena target kami untuk peserta utama adalah santri putra dan putri TPQ,” jelas Baharudin.

Ia juga berharap dengan adanya kegitaan Makarim Ramadan 2021, pengurus HMJ dan KRB PAI dapat menanamkan nilai-nilai luhur agama dalam representasi akhlak yang baik. (Tim Media 2021 & Ahmad Khanif Sofyan Alfais)

 

Print Friendly, PDF & Email