LPPM IAIN PURWOKERTO GELAR MAINSTREAMING PENELITIAN BERORIENTASI PUBLIKASI

Purwokerto- LPPM IAIN Purwokerto menyelenggarakan mainstreaming penelitian berorientasi publikasi bagi 80 dosen muda IAIN Purwokerto angkatan 2019 dan 2020 di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto (02/02/2021).

“Narasumber mainstreaming penelitian berorientasi publikasi yaitu pertama, Prof. Dr. Fauzi, M.Ag (Wakil Rektor IAIN Purwokerto Bidang Akademik) dengan tema Pentingnya Penelitian dan Publikasi bagi Dosen. Kedua, Dr. Ansori, M.Ag (Kepala LPPM) dengan tema Program Penelitian IAIN Purwokerto,” jelas Moderator Ageng Widodo, M.A.

“LPPM IAIN Purwokerto berinisiatif untuk menyelenggarakan mainstreaming penelitian yang berorientasi publikasi bagi dosen-dosen muda dan beberapa tenaga fungsional lainnya. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kapasitas dalam mendesain penelitian sebagai bagian dari produksi dan reproduksi pengetahuan yang memiliki orientasi terhadap pengembangan ilmu dan peningkatan kualitas kehidupan sosial melalui transformasi ilmu pengetahuan dalam kehidupan sosial sehari-hari,” papar Dr. Ansori (Kepala LPPM)

“Dengan proses transformasi yang konsisten ini diharapkan kehidupan masyarakat akan berkembang pada level yang lebih tinggi dan mencapai derajat yang lebih tinggi,” pungkasnya.

“Perkembangan ilmu pengetahuan semestinya berjalan paralel dengan peningkatan kesejahteraan sosial. Hal ini karena ilmu pengetahuan merupakan instrumen utama manusia dalam menjalankan aktivitas mengelola dunia dan kehidupannya, terutama praktik memproduksi dan mereproduksi kebudayaan. Namun demikian, sejarah manusia yang sudah relatif panjang serta banyaknya penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ternyata belum sepenuhnya menjadikan kehidupan manusia beradab (civilized) dan manusiawi,” papar Prof. Dr. Fauzi, M.Ag sebagai Narasumber Utama.

“Dalam beberapa peristiwa menunjukkan kualitas kehidupan manusia mengalami degradasi dan melebihi batas-batas kemanusiaan. Seorang dosen sebagai peneliti harus mampu menjawab tantangan tersebut serta mampu memberikan rekomendasi kepada masyarakat dari hasil penelitian,” tambahnya.

Penelitian yang berorientasi kepada publikasi akan menggeser model penelitian yang hanya berfokus pada ilmu-ilmu murni yang kurang memiliki landasan operasional dalam menyelesaikan atau memberi respons terhadap perubahan sosial yang sedang berlangsung. (Tim-Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email