Keluarga Kuat Negara Ikut Kuat

Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan IAIN Purwokerto menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi Remaja Usia Nikah di Hall Perpustakaan pada hari Kamis-Jum’at, 12-13 September 2019.

Peserta kegiatan ini adalah 100 Mahasiswa terutama dari Fakultas Dakwah yang terbagi dalam dua angkatan. Tujuannya untuk menanamkan pemahaman peserta tentang konsep keluarga sakinah dan mengurangi angka perceraian.

Wakil Rektor III Dr. Sulkhan Chakim, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Kankemenag Kabupaten Banyumas atas terselenggaranya kegiatan ini ditengah kegelisahan Pemerintah terhadap tren peningkatan perceraian di usia muda, 80% perceraian diakibatkan masalah ekonomi. Apalagi ada tantangan di era industri 4.0 yang pasti akan mempengaruhi remaja usia nikah.

“Untuk itu saya harap bimbingan ini dimanfaatkan dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan yang utuh, “harapnya.

Selanjutnya Kepala Kankemenag Kabupaten Banyumas, Imam Hidayat M.Pd.I  mengapresiasi IAIN Purwokerto khususnya  Fakultas Dakwah untuk memberikan peluang kepada mahasiswa untuk memahami konsep keluarga yang kokoh.

“Kelak ini adalah bagian tugas kalian untuk mendakwahkan dan memberikan contoh bagaimana membina keluarga dengan baik, “kata Imam

Imam kemudian menguraikan mengapa angka perceraian dari tahun ke tahun terus meningkat. “70% gugatan perceraian berasal dari istri, dan di Banyumas dalam setahun ada sekitar 1.800 angka perceraian “ungkapnya.

Pemerintah berupaya untuk menjawab persoalan ini, karena sudah masuk kategori darurat keluarga.

“Generasi muda harus terselamatkan, bila keluarga kuat maka Negara ikut kuat, “tutupnya.