Jenis Evaluasi

  1. Evaluasi Belajar Akhir Semester

Evaluasi belajar akhir semester meru­pakan penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa yang di­lakukan pada akhir semester, yang meli­puti seluruh mata ku­liah yang diprogram mahasiswa pada semester ter­sebut. Keberhasilan belajar tersebut dinyatakan dengan Indeks Pres­tasi Semester (IPS). Setiap kegiatan ma­hasiswa pada setiap akhir semester dievaluasi, di samping untuk mengetahui IPS yang bersang­kutan, dan untuk menentukan kapasitas pro­gram studi pada semester berikutnya, juga untuk mene­tapkan sanksi akademis apabila IPS yang bersangkutan kurang atau gagal. IPS merupakan satuan nilai yang didapatkan dari total perkalian nilai satuan kredit matakuliah dengan rata-rata nilai matakuliah yang diperoleh dalam satu semester dibagi dengan total satuan kredit matakuliah dalam satu semester.

  1. Evaluasi Belajar Akhir Studi

Evaluasi belajar akhir studi S-1 adalah penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa yang dilakukan setelah seluruh program studi mahasiswa berakhir. Ke­ber­hasilan belajar dinyatakan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK).

IPK merupakan nilai rata-rata yang di­dapat dari total hasil perkalian satuan kredit matakuliah (komulatif) yang diper­oleh, dibagi dengan total satuan kredit matakuliah (komulatif). Akhir belajar Program Studi S-1 dapat dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Telah menyelesaikan beban studi 147-150 sks bagi program S-1.
  2. IPK akhir studi program S-1 sedi­kitnya harus memperoleh nilai 2.00 (cukup).
  3. Nilai setiap matakuliah pada akhir studi sedikitnya memperoleh nilai 2.00 (cukup), apabila ada mata­kuliah tertentu yang memperoleh nilai di bawah 2.00 (kurang), maka harus diperbaiki ter­lebih dahulu.
  4. Nilai IPS dan IPK harus ditulis apa adanya (tidak dibu­latkan) dan ber­beda dengan nilai mata­kuliah.

Hasil evaluasi belajar pada akhir semes­ter atau pada akhir studi mahasiswa dapat diberikan predikat sesuai dengan IPS atau IPK yang diperolehnya. Predikat IPK atau IPS berbeda dengan predikat nilai matakuliah. Predikat untuk IPS atau IPK adalah se­bagaimana tabel berikut ini:

IPS/IPK Predikat
3,50 – 4,00 Cumlaude
3,00 – 3,49 Amat Baik
2,50 – 2,99 Baik
2,00 – 2,49 Cukup
0,00 – 1,99 Tidak Lulus

Adapun rumus untuk meng­hitung IPS dan IPK pada dasarnya sama, yaitu:

Cara menghitung IPS dan IPK:

Terlebih dahulu ma­sing-ma­sing bobot SKS setiap mata­kuliah di­kalikan dengan nilai matakuliah yang diper­oleh. Kemudian, bobot sks semua matakuliah (dalam sa­tu se­mester atau satu program studi) dijumlahkan, demikian pula semua SKS matakuliah­nya. De­ngan de­mikian, telah di­peroleh total sks N dan total sks-nya.

Contoh 1:

Dalam semester ketiga, maha­siswa A menyelesaikan beban studi sebanyak 22 SKS, dengan memperoleh sks N sebanyak 73,70 maka IPS-nya adalah 73,70 : 22 = 3,35

Contoh 2:

Seorang mahasiswa telah me­nyelesaikan program studi S-1 sesuai dengan ketentuan, sebanyak 150 SKS dengan mem­peroleh sks N sebanyak 445,50. Dengan demikian, IPK yang ber­sangkutan adalah 445,50 : 150 = 2,97 (Baik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *