IAIN PURWOKERTO TERUS TINGKATKAN MUTU DOSEN MUDA DENGAN METODOLOGI DAN PUBLIKASI ILMIAH

Purwokerto- Sebagai upaya meningkatkan mutu dosen-dosen muda, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Purwokerto menyelenggarakan workshop metodologi dan publikasi ilmiah bagi 36 dosen CPNS di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto (19/02/2021).

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang digagas oleh LPPM IAIN Purwokerto dalam rangka penguatan metodologi penelitian dan publikasi ilmiah.

Menghadirkan narasumber pertama, Dr. Suyadi, M.Pd.I (Dosen Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta) dengan tema Dosen Muda: Mengajar, Meneliti dan Publikasi. Kedua, Dr. Ansori, M.Ag (Kepala LPPM) dengan tema Refleksi Penelitian dan Publikasi IAIN Purwokerto. Ketiga, Ahmad Muttaqin, M.Si (Kapuslit LPPM) menyampaikan tema Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Roadmap Penelitian IAIN Purwokerto dengan moderator Ageng Widodo, M.A.

Dosen muda di IAIN Purwokerto diharapkan terus meningkatkan prestasinya dengan publikasi karya ilmiah dan rencana karier yang matang.

“Sebagai dosen muda diharapkan terus berprestasi dengan berbagai karya ilmiah yang terpublis baik dalam bentuk buku maupun jurnal bereputasi. Kita harus merencanakan karier dosen muda 10 tahun kedepan menjadi seorang guru besar,” jelas Dr. Suyadi, M.Pd.I dalam paparannya.

Selain itu, beberapa bidang juga perlu diperhatikan oleh dosen muda untuk menunjang karier sampai guru besar.

“Berbagai bidang yang perlu diperhatikan dalam menjadi guru besar dengan baik dan sesuai target yaitu Pendidikan dengan segera kuliah S3 serta peningkatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian. Sebagai dosen muda kita juga dituntut untuk terus berprestasi dan eksis dengan penelitian kolaboratif,” tambah Dr. Suyadi.

Kepala LPPM IAIN Purwokerto berharap dengan penguatan metodologi dan publikasi ilmiah yang diselenggarakan LPPM IAIN Purwokerto bermuara pada bukti nyata artikel dari dosen muda submit di jurnal nasional dan internasional bereputasi.

“Sebagai salah satu upaya peningkatan publikasi ilmiah, LPPM IAIN Purwokerto berupaya dengan serius lewat pengadaan workshop metodologi dan Publikasi Ilmiah. Kami harapkan selepas workshop ini ada bukti nyata berupa artikel yang disubmit di jurnal bereputasi nasional maupun internasional (scopus),” ungkap Dr. Ansori (Kepala LPPM)

Indonesia memiliki potensi melahirkan peneliti hebat, potensi tersebut bisa dimaksimalkan dengan penguatan metodologi dan publikasi penelitian. LPPM IAIN Purwokerto hadir untuk memfasilitasi dosen-dosen muda sebagai peneliti masa depan yang mampu memberikan kontribusi untuk masyarakat. (Tim-Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email