IAIN Purwokerto Perkuat Sinergitas dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Purwokerto— IAIN Purwokerto perkuat sinergitas dengan menandatangani Naskah Kesepahaman Bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kegiatan ini untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan membangun afirmasi Pendidikan Tinggi bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan Pendamping Desa. Kesepakatan dilaksanakan dengan menandatangani Naskah Kesepahaman Bersama dengan Kemendes PDTT di kantor Kemendes PDTT, Jakarta. (09/02/2021)

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Sekjen Kemendes PDTT, Taufik Madjid Bersama dengan Rektor IAIN Purwokerto dan 4 Perguruan Tinggi lainnya yaitu Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UIN Walisongo Semarang, dan Universitas negeri Padang.

Taufik Madjid berharap melalui Kerjasama ini dapat terbangun sinergitas Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Perguruan Tinggi untuk Desa (PERTIDES) dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan membangun afirmasi Pendidikan Tinggi bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan Pendamping Desa. PERTIDES dapat terus menunjukkan kontribusinya dalam pencapaian target tujuan pembangunan berkelanjutan.

Ruang lingkup kesepakatan bersama antara Kemendes PDTT dan IAIN Purwokerto diantaranya terkait dengan Kerjasama bidang pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia, bidang perumusan konsep dan model kebijakan, bidang pengembangan fasilitas inovasi teknologi, bidang pengendalian fasilitas kinerja dan program pembangunan serta pemberdayaan masyarakat, bidang pengembangan aksesibilitas peningkatan kapasitas bagi civitas akademika dan stakeholder yang bekerja untuk pembangunan dan pemberdayaan.

Rektor IAIN Purwokerto Dr. KH. Moh. Roqib, M.Ag mengungkapkan bahwa setelah penandatanganan Naskah Kesepahaman Bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi akan ditindaklanjuti dengan aksi nyata pengembangan desa di Banyumas.

“Setelah penandatanganan Naskah Kesepahaman Bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi di kantor Kemendes PDTT, kami koordinasikan dengan Wakil Rektor I dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) agar ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan aksi lapangan berupa pengembangan desa di Banyumas Raya khususnya di sekitar kampus IAIN Purwokerto,” ungkap Rektor IAIN Purwokerto, Dr. KH. Moh. Roqib, M.Ag. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email