IAIN PURWOKERTO CIPTAKAN APLIKASI SISEMAR UNTUK PERMUDAH WEBINAR

Purwokerto— IAIN Purwokerto menciptakan aplikasi SISEMAR (Sistem Informasi Seminar) untuk mempermudah pengelolaan seminar online/webinar yang sering digelar dalam masa pandemi COVID-19. Aplikasi ini diciptakan oleh Suprisdiantoko, S.Pd, dari Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data IAIN Purwokerto.

 

“SISEMAR (Sistem Informasi Seminar) seharusnya SISENAR karena seminar, tapi kata ‘senar’ tidak begitu familiar, maka kita ambil kata Semar karena Semar adalah bapak dari Bawor yang merupakan maskot dari Kabupaten Banyumas,” jelas Suprisdiantoko.

 

Aplikasi SISEMAR IAIN Purwokerto mempermudah hubungan antara panitia dan peserta. Dalam pendaftaran online mengikuti webinar, semua data peserta akan  terekam di database,  yaitu nama, institusi dan email peserta webinar. Panitia webinar tidak perlu mengirimkan sertifikat kosong ataupun mengetik seluruh nama peserta webinar dalam e-sertifikat. Aplikasi SISEMAR akan otomatis memproses e-sertifikat peserta webinar ketika webinar sudah selesai dan peserta bisa mendwonload sertifikat melalui akun masing-masing.

 

“Ada sistem Validasi QR Code untuk memvalidasi data e-sertifikat, ketika discan QR Code nya, akan muncul data link untuk validasi, sehingga e-sertifikat tidak bisa dipalsukan. Validasi QR Code berimplikasi sertifikat tidak dapat dipinjam untuk diganti nama. Aplikasi ini memudahkan semuanya,” tambah Suprisdiantoko.

 

Aplikasi SISEMAR dimaksudkan untuk mempermudah proses terselenggaranya Web-seminar IAIN Purwokerto dalam masa pandemi COVID-19. (Tim Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email