IAIN Purwokerto Cegah Plagiarisme Melalui Sosialisasi dan BIMTEK Penggunaan Turnitin

Purwokerto– Upaya pencegahan tindakan Plagiarisme selalu dilakukan kampus IAIN Purwokerto. Sehingga Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Purwokerto melakukan Sosialisasi dan BIMTEK Penggunaan Turnitin untuk para dosen, admin fakultas, pengelola jurnal, Lembaga dan unit di lingkungan IAIN Purwokerto secara offline maupun online Melalui Zoom Meeting. (05/05/2021)

Sosialisasi dan Bimtek kali ini menghadirkan Muhammad David Lung yang merupakan Professional and Education Services Consultant Turnitin.

Ketua TIPD IAIN Purwokerto, Dr. Fajar Hardoyono menyampaikan bahwa pencegahan plagiarisme di lingkungan kampus sangat penting untuk menjaga citra civitas akademika IAIN Purwokerto.

“Pencegahan plagiarisme di lingkungan kampus adalah upaya untuk menjaga citra civitas akademik IAIN Purwokerto agar karya yang di hasilkan bersifat orisinil,” jelas Fajar.

“Turnitin adalah system pemeriksaan berbayar yang dapat di akses dengan akun dan user name. Untuk mendapatkan akun, admin fakultas, Lembaga dan unit dapat menghubungi TIPD selaku admin Turnitin Institut,” tambahnya.

Sebagai Professional and Education Services Consultant Turnitin Muhammad David Lung mengatakan bahwa plagiarism sering terjadi karena beberapa factor seperti waktu yang sempit, terbiasa mengambil jalan pintas, tidak adanya kemauan untuk menghasilkan ide baru atau malas berfikir, minimnya literasi, minimnya pengetahuan cara mengutip atau citasi dengan benar dan tepat, kurangnya ketelitian dan mengengecek suatu karya ilmiah.

Dalam kesempatan tersebut David juga menjelaskan tentang cara aktivasi di akun Turnitin dan penggunaannya sebagai sarana untuk mengecek plagiasi di lingkungan akademik IAIN Purwokerto. (Tim Media 2021)

 

 

Print Friendly, PDF & Email