Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Gelar Seminar Nasional Peran Wakaf Produktif dalam Pengembangan Perekonomian

Purwokerto–Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf menggelar  Seminar Nasional Wakaf dengan tema “Peran Wakaf Produktif dalam Pengembangan Perekonomian” melalui Zoom Meeting. Diikuti oleh ratusan Peserta dari mahasiswa Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN seluruh Indonesia (02/11/2020).

Menghadirkan narasumber Dr. Imam Teguh Saptono dari Badan Wakaf Indonesia, Dr. H. Moh. Roqib, M. Ag.  Rektor IAIN Purwokerto, dan Dr. H. Fathul Aminudin Aziz, M.M. Dosen FEBI  IAIN Purwokerto.

“Barangsiapa tujuan hidupnya adalah dunia, maka Allah akan  mencerai-beraikan urusannya, menjadikan kefakiran di kedua  pelupuk matanya, dan ia tidak mendapatkan dunia kecuali menurut  ketentuan yang telah ditetapkan baginya. Barangsiapa yang niat  (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan  urusannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan  mendatanginya dalam keadaan hina,” papar Dr. Imam Teguh Saptono.

Rektor IAIN Purwokerto, Dr. KH. Moh. Roqib, M. AG, memaparkan langkah operasional dalam mewujudkan Nadzir Profesional.

“Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf harus siap dengan Strategi Program Wakaf Produktif dan Laboratorium lapangan wakaf. Menyiapkan Nadzir berkompetensi. Membuat percontohan sebagai pilot model pengelolaan wakaf produktif yang mudah direplikasi oleh lembaga atau nadzir lainnya. Tak kalah pentingnya memanfaatkan IT dan jejaring untuk mengoptimalkan wakaf produktif” jelas Rektor.

Dr. H. Fathul Aminudin Aziz, M.M. menyampaikan lebih teknis tentang bagaimana konsep yang sudah dipelajari di institusi akademik bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena apapun idenya jika actionnya kurang maka dampaknya pun kurang maksimal.

Peserta dari berbagai IAIN seluruh Indonesia seperti IAIN Bengkulu, Palangkaraya, Ponorogo dan berbagai daerah lain sangat antusias mengikuti seminar nasional ini. Tim Media 2020.

Print Friendly, PDF & Email