GRIYA JURNAL IAIN PURWOKERTO GELAR WORKSHOP LITERATY DIGITAL IDENTITY

Purwokerto- Sebagai upaya meningkatkan penelitian dan publikasi dosen, Griya Jurnal IAIN Purwokerto menyelenggarakan workshop literaty digital idendity bagi dosen di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto. Workshop tersebut diikuti oleh 50 Dosen IAIN Purwokerto. Menghadirkan narasumber Eric Kunto Aribowo, M.A. Anggota Relawan Jurnal Indonesia, (24/03/2021).

Tujuan dari workshop ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang digital identity seperti akun SINTA, Google Scholer dan Publon ID. Sehingga banyak dokumen yang harus dipersiapkan peserta workshop.

“Workshop ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang digital identity seperti akun SINTA, Google Scholer dan Publon ID. Peserta yang mengikuti kegiatan ini harus menyiapkan dokumen untuk kelancaran dan efisiensi pelaksanaan kegiatan. Dokumen yang harus disiapkan antara lain: Pertama, Foto close up dalam format jpeg atau PNG dengan ukuran di bawah 1 MB. Kedua, Biografi singkat yang mencakup nama dan gelar, afiliasi, riset yang diminati, dan publikasi terakhir. Ketiga, Daftar pengembangan diri mencakup sertifikasi, kursus, narasumber, maupun peserta kegiatan ilmiah. Keempat, Daftar lengkap publikasi, baik berupa teks maupun file RIS,” jelas Ketua panitia Warto, M.Kom.

Narasumber workshop, Eric Kunto mengatakan bahwa memiliki ID sangat penting agar karya ilmiah bisa terpublikasi dengan baik.

“Sebagai seorang akademisi tentu harapan kita semua agar karya ilmiah yang sudah kita buat mampu terpublish dengan baik, sehingga penting bagi kita untuk memiliki publon ID, garuda ID, scopus ID, akun SINTA, google scholer dan data prototype dan product hasil penelitian,” jelas Eric Kunto dihadapan peserta workshop.

Workshop ini sangat diapresiasi oleh para peserta salah satunya Alfi Nuraini.

“Acaranya sangat menarik, kami jadi memahami terkait pembuatan publon ID, pembuatan garuda ID, mencari scopus ID, membuat akun SINTA, pembuatan profil google scholer dan cara penambahan data prototype dan product hasil penelitian, macam-macam researcher id, fungsi dan esensi researcher ID,” ungkap Alfi seorang dosen fakultas dakwah.

Workshop ini menambah pengetahuan dosen IAIN Purwokerto sebagai seorang akademisi, pegiat sains, praktisi teknologi Pendidikan dan longlife learner tentang digital idendity. Sehingga diharapkan karya ilmiah dosen terpublikasi dengan baik. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email