FUAH IAIN Purwokerto: Gelar Workshop Pengembangan Keilmuan Integratif (Sains-Islam)

Purwokerto– Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora menggelar workshop pengembangan keilmuan integratif (sains dengan Islam) “Epistemologi Islam dan desain penelitian sosial, humaniora dan keagamaan.” Workshop secara daring diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia melalui aplikasi Zoom dan live streaming You Tube, (15/09/2020).
Narasumber dalam workshop ini yaitu pertama, Prof. Dr. Heddy Ahsi Ahinsa Putra, M.A. M. Phil (Guru Besar UGM Yogyakarta), menyampaikan tentang Implementasi Paradigma Islam dan Pengembangan Penelitian Sosial dan Humaniora. Kedua, Prof. Dr. Mulyadhi Kartanegara, M.A. (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) menyampaikan tentang Epistemology Islam sebagai Basis Pengembangan Penelitian Sosial, Humaniora dan Keagamaan. jelas Dr. Hartono, M.Si sebagai moderator workshop.

“Islam sebagai agama sekaligus diskursus unik di kalangan para ilmuan, apabila dikorelasikan dengan aspek epistemologi yang selalu dinamis seiring dengan pendekatan, disiplin dan metodologi. Dalam studi Islam sering terdapat perbedaan baik secara normative maupun historis, namun hal ini mewarnai studi Islam itu sendiri. Sementara itu, pendekatan dalam studi Islam membutuhkan penguasaan ilmu inter dan multidisiplin sehingga akan mendukung studi Islam dalam perkembangannya.” Jelas Dr. KH. Moh. Roqib, M.Ag. Rektor IAIN Purwokerto.

Epistimologi Islam sebagai basis pengembangan penelitian sosial keagamaan memberikan warna baru riset yang cukup unik, hal ini dapat memberikan pemahaman ke-Islam-an yang selama ini dipahami sebagai dogma yang baku menjadi studi Islam yang relevan dari waktu ke waktu. (TIM-Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email