Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Gelar Webinar Komunikasi Keluarga untuk Generasi Milenial

Purwokerto— Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto menggelar webinar tentang parenting dengan tema “Komunikasi Keluarga untuk Generasi Milenial”. Seminar yang digelar secara online ini diikuti oleh sekitar 202 peserta dari mahasiswa hingga dosen melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube, (14/10/2020).

Webinar ini menghadirkan Narasumber M. Fauzi Adhim, S.Psi., seorang pakar parenting nasional yang aktif menulis buku, dan Dr. Henie Kurniawati, M.A., Psikolog, dosen di IAIN Purwokerto. Keduanya menyampaikan tips dan trik dalam melakukan komunikasi dalam keluarga untuk generasi milenial, dengan moderator Dr. Muskinul Fuad, M.Ag., yang juga Wakil Dekan I Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto.

Fauzi Adhim menjelaskan bahwa anak yang lahir di jaman dahulu maupun jaman sekarang mempunyai kondisi yang sama, tidak ada yang berbeda. Kondisi anak tergantung kepada orang tua, kalau kedua orang tua benar-benar hadir sebagai orang tua yang tepat, maka anak akan mudah diarahkan, dibimbing, dan anak menjadi anak yang penurut.

“Jika orang tua memberikan perhatian, kepedulian, dan cinta kasih sayang kepada anak, maka dalam diri seorang anak akan tumbuh 2 hal, yaitu trust (tsiqah) dan respect (hurmat). Jika dua hal tersebut sudah ada pada diri seorang anak, maka orang tua tidak akan pusing, tidak akan bingung, tidak akan repot ketika memberikan nasehat ataupun ketika berbicara dengan anak” jelas tambah Fauzi Adhim.

Hal senada disampaikan Dr. Henie Kurniawati, M.Ag., Psikolog., orang tua yang terlibat aktif dalam membimbing dan mengarahkan anak dari bayi sampai remaja, ketika anak tersebut remaja, mereka akan melakukan hubungan yang positif dengan teman sebayanya tidak melakukan hubungan yang negative seperti memakai narkoba dan lain sebagainya.

“Sebagai orang tua kita harus melaksanakan minimal verbal, maximal warmth, minimal kalimat perintah, maximal kebersamaan. Tidak banyak berkata-kata melainkan tunjukkan kasih sayang dan kepedulian orang tua dalam kebersamaan, misalnya dengan makan malam bersama, nonton televisi bersama, dan lainnya”, jelas Henie.

Dengan webinar Komunikasi keluarga untuk Generasi Milenial ini diharapkan orang tua bisa menempatkan posisi yang tepat yaitu membersamai anak dalam masa tumbuh kembangnya dengan rasa peduli, perhatian, dan kasih sayang, karena di masa inilah yang akan berpengaruh ketika anak-anak dewasa kelak. (Tim Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email