Duta QRIS BI Purwokerto Goes to Campus IAIN Purwokerto: Media Talks 2021

Purwokerto–Duta QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)  BI Purwokerto bekerja sama dengan DEMA FEBI IAIN Purwokerto menyelenggarakan  Media Talk Show dengan tema  “Mahasiswa Praktis Pake QRIS.” Kegiatan tersebut diadakan melalui Zoom Conferences. Menghadirkan Samsun Hadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, dan Iin Solikhin  M. Ag. Wakil Dekan II FEBI IAIN Purwokerto sebagai opener speech (26/03/2021).

Menurut Dede Prasetyo Duta QRIS BI Purwokerto, tujuan diadakannya acara talk show tersebut  untuk memberikan edukasi tentang QRIS kepada para mahasiswa dan civitas akademika IAIN Purwokerto, terutama di lingkungan FEBI IAIN Purwokerto. Acara tersebut juga merupakan salah satu dari serangkaian program kerja dari Duta QRIS BI Purwokerto  (QRIS Goes To Campus). Dede juga menuturkan bahwa Kegiatan QRIS Goes to Campus lebih diutamakan di kampus IAIN Purwokerto, tetapi juga akan mengadakan di kampus-kampus lain. Selain itu, Dede berharap semoga dengan acara talk show ini mahasiswa dan civitas akademik paham akan QRIS dan dapat mengimplementasikannya.

 Quick Response Code Indonesian Standard  (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. QRIS merupakan salah satu upaya untuk menyongsong digitalisasi pasar dan mendukung digitalisasi perbankan sebagai lembaga utama dalam ekonomi-keuangan digital melalui open-banking maupun pemanfaatan teknologi digital dan data dalam bisnis keuangan. Selain itu, QRIS juga sebagai upaya menghadapi tantangan di masa pandemi.

QRIS memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa menjadi solusi metode pembayaran baru untuk merchant karena transaksi dapat dilakukan secara cepat, terhindar resiko uang palsu, membangun credit profile, dan manfaat lainnya.

Ketua DEMA FEBI IAIN Purwokerto, Triyani, mengungkapkan bahwa talk show yang diadakan oleh Duta QRIS BI Purwokerto di IAIN Purwokerto bersama dengan DEMA FEBI merupakan kegiatan yang pertama kali.

“Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan Febi Media Centre bersama DEMA FEBI ini adalah first time dari teman-teman DUTA QRIS mengadakan sosialisasi ke kampus-kampus, dan alhamdulilah IAIN menjadi kampus pertama,” tutur Triyani.

Acara yang dimoderatori oleh Chomsatun Arofah (Pengurus DEMA FEBI IAIN Puwokerto) itu juga menghadirkan Khamidatunnisa (perwakilan Duta QRIS BI Purwokerto) sebagai narasumber utama. Menurut Khamidatunnisa, kemajuan teknologi dan informasi di era modern ini, memberikan banyak pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Menurut data riset yang ada bahwa masyarakat cenderung lebih menyukai aktivitas-aktivitas yang bersifat praktis, mudah, efisien, dan cepat.

“Oleh karena itu kita tentunya sebagai mahasiswa ekonomi terutama atau non ekonomi harus tanggap terhadap segala macam perubahan, mampu mengikuti trend digital, mampu menyederhanakan proses yang rumit salah satunya adalah dengan memakai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),” jelas Nisa.

“Harapannya semoga ini bukan kali pertama kita bekerja sama dengan Duta QRIS BI Purwokerto tetapi bisa ada kerjasama yang berikutnya lagi sebagai realisasi program tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya. (Tim Media 2021 & DEMA FEBI IAIN Purwokerto)

 

Print Friendly, PDF & Email