DEMA IAIN Purwokerto Gelar Diskusi Hari Kartini

Purwokerto—Divisi Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Dewan Mahasiswa (DEMA) IAIN Purwokerto Periode 2020/2021 mengadakan kegiatan diskusi lintas lembaga ekstra kampus via WhatsApp Grup dalam rangka memperingati hari Kartini 21 April 2020 dengan tema “Kartini Masa Kini Di Era Pandemi,” (25/05/ 2020).

Diskusi yang diikuti oleh mahasiswa IAIN Purwokerto dan dibuka untuk khalayak umum ini menghadirkan pemantik diskusi dari tiga lembaga berbeda yaitu PMII, HMI,dan IMM. Kegiatan diskusi tersebut mendapat antusiasme yang cukup besar dari mahasiswa. Hal tersebut terbukti dengan 257 peserta yang aktif mengikuti diskusi daring.

“Kegiatan ini sangat positif dilakukan karena mengingatkan kita terhadap perjuangan seorang wanita yang revolusioner. Semoga diskusi ini membawa manfaat, dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama di tengah kondisi pandemik saat ini,” ucap Shaufi Fernanda, Ketua DEMA IAIN Purwokerto.

Pernyataan tersebut senada dengan tanggapan Wakil Rektor III, bahwa dalam konteks wabah Covid-19, peran perempuan sangat dibutuhkan, sebab peran perempuan disektor publik sangat signifikan khususnya di sektor keuangan berbagai perusahaan besar. Di era pandemik ini, semua orang dituntut untuk bekerja di rumah (stay at home), kaitannya dengan perjuangan Kartini setidaknya mengingatkan pejuang emansipasi tersebut medobrak tembok besar yaitu terkungkung dalam keterbatasan untuk aktualisasi diri. Melalui kegiatan diskusi daring ini dimaksudkan nilai-nilai perjuangan Kartini terpatri dalam diri setiap perempuan Indonesia. (Tim Media 2020, diwartakan oleh Tasbihatun Nisa)

 

Print Friendly, PDF & Email