Delegasi IAIN Purwokerto Juarai Jamkopnas

 

15-19 September 2019, delegasi Koperasi “KOPMA Satria Manunggal” baru saja mengikuti event Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional 2019 di Gedung Sasana Budaya, Universitas Negeri Malang (UM). Acara tersebut merupakan salah satu ajang bergensi yang tiap tahunnya rutin diselenggarakan sebagai wadah bagi koperasi mahasiswa(KOPMA) di seluruh Indonesia. Tahun ini, Universitas Negeri Malang menjadi tuan rumah setelah tahun lalu keluar sebagai juara umum di ajang jamkopnas tersebut.

Dalam ajang tersebut, Koperasi “KOPMA Satria Manunggal” IAIN Purwokerto mendelegasikan Fitri Titis Ariyanti (Prodi Ekonomi Syariah, FEBI), Anisa Nur Azizah (Prodi Ekonomi Syariah, FEBI), dan Tri Wijianto (Prodi KPI, Fakultas Dakwah) yang kemudian berhasil  menyabet juara 1 di cabang lomba coop media, yaitu lomba membuat film dokumenter tentang koperasi atau tokoh koperasi.

Film dokumenter yang digarap oleh delegasi IAIN Purwokerto ini mengangkat tentang Koperasi Peternak Satria (MILBA) yaitu koperasi yang bergerak di bidang peternakan sapi perah yang berlokasi di Cilongok. Film dokumenter tersebutlah yang mengantarkan delegasi KOPMA Satria Manunggal IAIN Purwokerto menjadi juara 1 di cabang  lomba coop media.

Tak hanya itu, di ajang yang diikuti oleh 64 PTN yang terdiri dari 69 tim tersebut, salah satu delegasi KOPMA Satria Manunggal juga berhasil masuk ke-5 besar dalam kategori coop ambassador di ajang yang sama. Sebuah kebanggaan bagi IAIN Purwokerto meski delegasinya belum berhasil merebut juara dalam kategori coop ambassador tersebut.

Fitri Titis Ariyanti, salah satu delegasi mengungkapkan rasa syukur dan rasa bangganya dapat menjadi bagian dari tim yang mengharumkan nama kampus di ajang nasional seperti jamkopnas tersebut.

“Pengalaman mengikuti kompetisi ini adalah pengalaman terbaik yang pernah saya dapatkan. Ke depan, saya berharap kampus bisa lebih maksimal dan kreatif dalam memetakan potensi para mahasiswanya sehingga dapat menjadi delegasi terbaik yang menyabet kejuaraan-kejuaraan lain, maupun di ajang serupa yang kami ikuti. Dukungan kampus secara moral dan material jelas akan memberikan dampak yang  amat baik bagi mahasiswa yang akan mengikuti kompetisi serupa,” pungkasnya.