Bersiap Jadi UIN, IAIN Purwokerto Bangun Kampus Baru Senilai Rp 150 M

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto akan bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri (UIN Saizu). Kampus baru dengan anggaran sekitar Rp 150 miliar pun bakal dibangun di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

“Pembangunan gedung UIN Saizu di Purbalingga direncanakan dapat terbangun selama 5 tahun ke depan,” kata Rektor IAIN Purwokerto Muhammad Roqib saat dihubungi detikcom via telepon, Kamis (18/3/2021).

Lokasi kampus baru UIN Saizu ini bakal dibangun di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara, Purbalingga dengan luas tanah seluas 17 hektare yang berasal dari hibah. Pembangunan kampus baru ini dilakukan bertahap dengan anggaran multi years.

“Untuk tahun 2021, rencananya akan dimulai pembuatan pagar keliling Rp 2,5 miliar dari anggaran DIPA IAIN Purwokerto. Tahun 2022-2024 baru akan dimulai pembangunan kampus dengan konsep multi years yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN),” terang Roqib.

“Pelaksanaan proyek akan melalui seleksi dan kompetisi di Bappenas. Keseluruhan pembangunan yang bersumber dari SBSN total anggaran sebesar Rp 148 miliar,” sambungnya.

Rencananya pada 2022, pihaknya akan membangun Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) dengan dana Rp 37,6 miliar, lalu setahun kemudian akan dibangun Kampus Industri Kreatif dan 2 Laboratorium dengan anggaran Rp 75,2 miliar. Lalu pada 2024 bakal dibangun auditorium senilai 35,4 miliar.

“Tahun 2025 masjid kampus akan kami bangun dengan dana DIPA IAIN Purwokerto, rencananya dibangun 2 lantai dengan kapasitas 2.000 jemaah. Di depannya akan ada danaunya,” sambung dia.

Diwawancara terpisah,  Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan siap untuk membuat pernyataan penyerahan hak atas tanah Pemkab Purbalingga di Karangsentul.

“Prinsipnya kami siap membuat pernyataan penyerahan kepada Kementerian Agama RI,” terang Tiwi, sapaan karibnya, melalui keterangan tertulisnya.

Tiwi berharap IAIN Purwokerto yang menjadi UIN Sifuddin Zuhri diharapkan bakal meningkatkan sumber daya manusia di Purbalingga.

“Semoga pembangunan UIN Saifuddin Zuhri bisa sesuai jadwal dan bisa berdampak peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Purbalingga,” harapnya.

Tak lupa, Tiwi berharap agar UIN Saifuddin Zuhri ke depan bakal memberikan beasiswa bagi putra-putri daerah. Khususnya bagi para calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

“Tentunya kami berharap agar nantinya UIN Saizu memberikan kesempatan beasiswa kepada putra daerah agar bisa merasakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tambahnya.

Untuk mendukung pembangunan kampus ini, Tiwi mengatakan Pemkab Purbalingga bakal melakukan pelebaran jalan dari Tobong-Karangjengkol. Pengerjaan pelebaran jalan ini bakal dimulai pada 2022 mendatang.

“Kami akan menata akses jalan dalam rangka menunjang akses ke UIN Saifuddin Zuhri yang juga akan dibangun di Desa Karangjengkol,” pungkasnya.

(Sumber: detik.com)

Print Friendly, PDF & Email