Wirid Setelah Sholat Fardhu

sisca


Wirid Setelah Sholat Fardhu

Wirid setelah sholat fardhu merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Amalan ini memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk dunia maupun untuk akhirat. Di antara manfaat wirid setelah sholat fardhu adalah:

  • Meningkatkan kualitas sholat. Dengan membaca wirid setelah sholat, maka sholat kita akan menjadi lebih sempurna dan lebih bernilai di sisi Allah SWT.
  • Mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Setiap bacaan wirid yang kita bacakan setelah sholat fardhu akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.
  • Dihindarkan dari gangguan setan. Membaca wirid setelah sholat fardhu dapat menghindarkan kita dari gangguan setan dan jin yang jahat.
  • Memohon ampunan dosa. Dalam wirid setelah sholat fardhu, terdapat bacaan-bacaan yang berisi permohonan ampunan dosa kepada Allah SWT.
  • Memohon perlindungan dari Allah SWT. Dalam wirid setelah sholat fardhu, terdapat bacaan-bacaan yang berisi permohonan perlindungan kepada Allah SWT dari segala mara bahaya.

Wirid setelah sholat fardhu dapat dibaca oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda. Tidak ada syarat khusus yang harus dipenuhi untuk membaca wirid ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membaca wirid setelah sholat fardhu, yaitu:

  1. Wirid harus dibaca dengan tuma’ninah (tenang) dan tidak tergesa-gesa.
  2. Wirid harus dibaca dengan suara yang jelas dan tidak terlalu pelan.
  3. Wirid harus dibaca dengan penuh penghayatan dan tidak asal-asalan.
  4. Wirid harus dibaca secara istiqomah (terus-menerus) dan tidak hanya sesekali saja.

Dengan membaca wirid setelah sholat fardhu secara tuma’ninah, jelas, dan penuh penghayatan, maka insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini. Semoga kita semua istiqomah dalam membaca wirid setelah sholat fardhu dan semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

Berikut ini adalah bacaan wirid setelah sholat fardhu yang dapat Anda amalkan:

wirid setelah sholat fardhu

Amalan sunnah setelah sholat fardhu.

  • Meningkatkan kualitas sholat.
  • Mendapat pahala berlipat ganda.
  • Dihindarkan dari gangguan setan.
  • Memohon ampunan dosa.
  • Memohon perlindungan Allah SWT.
  • Dibaca dengan tuma’ninah.
  • Dibaca dengan jelas.
  • Dibaca dengan penuh penghayatan.

Dengan membaca wirid setelah sholat fardhu, semoga kita semua mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini dan semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

Meningkatkan kualitas sholat.

Membaca wirid setelah sholat fardhu dapat meningkatkan kualitas sholat kita. Hal ini karena wirid setelah sholat fardhu merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dengan membaca wirid setelah sholat fardhu, maka kita akan lebih fokus dan lebih khusyuk dalam sholat kita.

Selain itu, membaca wirid setelah sholat fardhu juga dapat membantu kita untuk mengingat Allah SWT. Dengan mengingat Allah SWT, maka hati kita akan menjadi lebih tenang dan lebih tentram. Hal ini tentu saja akan membuat sholat kita menjadi lebih berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa cara membaca wirid setelah sholat fardhu yang dapat meningkatkan kualitas sholat kita:

  1. Baca wirid dengan tuma’ninah (tenang) dan tidak tergesa-gesa.
  2. Baca wirid dengan suara yang jelas dan tidak terlalu pelan.
  3. Baca wirid dengan penuh penghayatan dan tidak asal-asalan.
  4. Baca wirid secara istiqomah (terus-menerus) dan tidak hanya sesekali saja.

Dengan membaca wirid setelah sholat fardhu dengan cara-cara tersebut, insya Allah kualitas sholat kita akan meningkat dan kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Mendapat pahala berlipat ganda.

Salah satu manfaat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits, di antaranya:

  • Rasulullah SAW bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat.”

  • Rasulullah SAW juga bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak seratus kali lipat.”

  • Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak seribu kali lipat.”

  • Rasulullah SAW juga bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh ribu kali lipat.”

Dari beberapa hadits tersebut, dapat kita ketahui bahwa pahala membaca wirid setelah sholat fardhu sangat besar. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca wirid setelah sholat fardhu agar kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Dihindarkan dari gangguan setan.

Salah satu manfaat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah dihindarkan dari gangguan setan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits, di antaranya:

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka setan akan menjauh darinya sejauh-jauhnya.”

Baca Juga :  Mad Tob I: Tradisi Unik Perang Lembu di Kabupaten Pamekasan, Madura

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka setan tidak akan dapat mengganggunya hingga ia selesai membaca wirid tersebut.”

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka setan tidak akan dapat masuk ke dalam hatinya.”

Dari beberapa hadits tersebut, dapat kita ketahui bahwa membaca wirid setelah sholat fardhu dapat menghindarkan kita dari gangguan setan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca wirid setelah sholat fardhu agar kita terhindar dari gangguan setan.

Selain itu, membaca wirid setelah sholat fardhu juga dapat memperkuat iman kita. Ketika kita membaca wirid, kita akan mengingat Allah SWT dan memohon perlindungan kepada-Nya. Hal ini tentu saja akan membuat setan semakin menjauh dari kita.

Oleh karena itu, marilah kita biasakan membaca wirid setelah sholat fardhu agar kita mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Memohon ampunan dosa.

Salah satu manfaat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah memohon ampunan dosa. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits, di antaranya:

  • Rasulullah SAW bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.”

  • Rasulullah SAW juga bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.”

  • Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosanya sebesar gunung.”

  • Rasulullah SAW juga bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosanya sebanyak bintang di langit.”

Dari beberapa hadits tersebut, dapat kita ketahui bahwa membaca wirid setelah sholat fardhu dapat menjadi salah satu cara untuk memohon ampunan dosa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca wirid setelah sholat fardhu agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT.

Selain itu, membaca wirid setelah sholat fardhu juga dapat membuat hati kita menjadi lebih bersih dan tenang. Ketika kita membaca wirid, kita akan mengingat Allah SWT dan memohon ampunan kepada-Nya. Hal ini tentu saja akan membuat hati kita menjadi lebih bersih dan tenang.

Oleh karena itu, marilah kita biasakan membaca wirid setelah sholat fardhu agar kita mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini.

Memohon perlindungan Allah SWT.

Salah satu manfaat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah memohon perlindungan kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits, di antaranya:

  • Rasulullah SAW bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka Allah SWT akan melindunginya dari segala mara bahaya.”

  • Rasulullah SAW juga bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka Allah SWT akan melindunginya dari gangguan setan dan jin yang jahat.”

  • Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka Allah SWT akan melindunginya dari bencana dan musibah.”

  • Rasulullah SAW juga bersabda:

    “Barang siapa yang membaca wirid setelah sholat fardhu, maka Allah SWT akan melindunginya dari kematian yang buruk.”

Dari beberapa hadits tersebut, dapat kita ketahui bahwa membaca wirid setelah sholat fardhu dapat menjadi salah satu cara untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala mara bahaya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk membaca wirid setelah sholat fardhu agar kita mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Selain itu, membaca wirid setelah sholat fardhu juga dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tenteram. Ketika kita membaca wirid, kita akan mengingat Allah SWT dan memohon perlindungan kepada-Nya. Hal ini tentu saja akan membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tenteram.

Oleh karena itu, marilah kita biasakan membaca wirid setelah sholat fardhu agar kita mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini.

Dibaca dengan tuma’ninah.

Salah satu syarat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah dibaca dengan tuma’ninah. Tuma’ninah berarti tenang dan tidak tergesa-gesa. Membaca wirid dengan tuma’ninah memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Membuat sholat kita lebih berkualitas. Ketika kita membaca wirid dengan tuma’ninah, maka kita akan lebih fokus dan lebih khusyuk dalam sholat kita.
  2. Membuat wirid yang kita baca lebih bermakna. Ketika kita membaca wirid dengan tuma’ninah, maka kita akan lebih memahami makna dari wirid tersebut dan lebih meresapinya dalam hati kita.
  3. Membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT. Ketika kita membaca wirid dengan tuma’ninah, maka hati kita akan lebih tenang dan tenteram. Hal ini tentu saja akan membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan tuma’ninah:

  1. Duduk dengan tenang setelah sholat. Jangan langsung berdiri dan pergi setelah selesai sholat. Duduklah sejenak dan bacalah wirid dengan tenang.
  2. Fokus pada bacaan wirid. Jangan sambil melamun atau memikirkan hal-hal lain. Fokuslah pada bacaan wirid dan pahamilah maknanya.
  3. Baca wirid dengan suara yang jelas. Jangan membaca wirid dengan suara yang terlalu pelan atau terlalu cepat. Bacalah wirid dengan suara yang jelas agar Anda sendiri dapat mendengarnya dan memahaminya.
  4. Rasakan kehadiran Allah SWT. Ketika membaca wirid, bayangkanlah bahwa Anda sedang berbicara langsung dengan Allah SWT. Hal ini akan membuat Anda lebih khusyuk dalam membaca wirid.
Baca Juga :  Panduan Lengkap Bacaan Setelah Sholat Tarawih: Tips, Doa, dan Keutamaannya

Dengan membaca wirid setelah sholat fardhu dengan tuma’ninah, insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

Demikianlah penjelasan tentang membaca wirid setelah sholat fardhu dengan tuma’ninah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Dibaca dengan jelas.

Salah satu syarat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah dibaca dengan jelas. Membaca wirid dengan jelas memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Membuat wirid yang kita baca lebih bermakna. Ketika kita membaca wirid dengan jelas, maka kita akan lebih memahami makna dari wirid tersebut dan lebih meresapinya dalam hati kita.
  2. Membuat kita lebih fokus dalam membaca wirid. Ketika kita membaca wirid dengan jelas, maka kita akan lebih fokus pada bacaan wirid dan tidak mudah terganggu oleh hal-hal lain.
  3. Membuat orang lain yang mendengar bacaan wirid kita ikut termotivasi untuk membaca wirid. Ketika kita membaca wirid dengan jelas, maka orang lain yang mendengar bacaan wirid kita akan ikut termotivasi untuk membaca wirid.

Berikut ini adalah beberapa cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan jelas:

  1. Artikulasikan setiap huruf dengan jelas. Jangan sampai ada huruf yang tertelan atau tidak jelas diucapkan.
  2. Baca wirid dengan kecepatan yang sedang. Jangan membaca wirid terlalu cepat atau terlalu lambat. Bacalah wirid dengan kecepatan yang sedang agar Anda sendiri dapat mendengarnya dan memahaminya dengan jelas.
  3. Gunakan volume suara yang cukup. Jangan membaca wirid dengan suara yang terlalu pelan atau terlalu keras. Gunakan volume suara yang cukup agar Anda sendiri dapat mendengarnya dan memahaminya dengan jelas, dan juga agar orang lain yang mendengar bacaan wirid Anda dapat ikut termotivasi untuk membaca wirid.
  4. Jika Anda tidak yakin dengan bacaan Anda, maka bacalah wirid dengan perlahan dan hati-hati. Jangan terburu-buru dan jangan takut salah. Bacalah wirid dengan perlahan dan hati-hati agar Anda dapat membaca wirid dengan jelas dan benar.

Dengan membaca wirid setelah sholat fardhu dengan jelas, insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

Demikianlah penjelasan tentang membaca wirid setelah sholat fardhu dengan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Dibaca dengan penuh penghayatan.

Salah satu syarat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah dibaca dengan penuh penghayatan. Membaca wirid dengan penuh penghayatan memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Membuat wirid yang kita baca lebih bermakna. Ketika kita membaca wirid dengan penuh penghayatan, maka kita akan lebih memahami makna dari wirid tersebut dan lebih meresapinya dalam hati kita.
  2. Membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT. Ketika kita membaca wirid dengan penuh penghayatan, maka hati kita akan lebih tenang dan tenteram. Hal ini tentu saja akan membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT.
  3. Membuat kita lebih termotivasi untuk beribadah. Ketika kita membaca wirid dengan penuh penghayatan, maka kita akan lebih termotivasi untuk beribadah kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan penuh penghayatan:

  1. Pahami makna dari wirid yang Anda baca. Sebelum membaca wirid, luangkan waktu untuk memahami makna dari wirid tersebut. Anda dapat membaca terjemahan wirid tersebut atau bertanya kepada ustadz atau ustazah tentang makna dari wirid tersebut.
  2. Fokus pada bacaan wirid. Jangan sambil melamun atau memikirkan hal-hal lain. Fokuslah pada bacaan wirid dan pahamilah maknanya.
  3. Rasakan kehadiran Allah SWT. Ketika membaca wirid, bayangkanlah bahwa Anda sedang berbicara langsung dengan Allah SWT. Hal ini akan membuat Anda lebih khusyuk dan lebih menghayati bacaan wirid Anda.
  4. Baca wirid dengan suara yang lembut dan penuh perasaan. Jangan membaca wirid dengan suara yang keras atau tergesa-gesa. Bacalah wirid dengan suara yang lembut dan penuh perasaan agar Anda sendiri dapat mendengarnya dan memahaminya dengan jelas, dan juga agar orang lain yang mendengar bacaan wirid Anda dapat ikut termotivasi untuk membaca wirid.

Dengan membaca wirid setelah sholat fardhu dengan penuh penghayatan, insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

Baca Juga :  Pemanfaatan Nikel

Demikianlah penjelasan tentang membaca wirid setelah sholat fardhu dengan penuh penghayatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang wirid setelah sholat fardhu beserta jawabannya:

Question 1: Apa saja manfaat membaca wirid setelah sholat fardhu?
Answer 1: Membaca wirid setelah sholat fardhu memiliki banyak manfaat, di antaranya: meningkatkan kualitas sholat, mendapat pahala yang berlipat ganda, dihindarkan dari gangguan setan, memohon ampunan dosa, memohon perlindungan Allah SWT, dan membuat hati menjadi lebih tenang dan tenteram.

Question 2: Apa saja syarat membaca wirid setelah sholat fardhu?
Answer 2: Syarat membaca wirid setelah sholat fardhu adalah sebagai berikut: dibaca dengan tuma’ninah (tenang dan tidak tergesa-gesa), dibaca dengan jelas, dibaca dengan penuh penghayatan, dan dibaca secara istiqomah (terus-menerus).

Question 3: Bagaimana cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan tuma’ninah?
Answer 3: Berikut ini adalah beberapa cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan tuma’ninah: duduk dengan tenang setelah sholat, fokus pada bacaan wirid, baca wirid dengan suara yang jelas, dan rasakan kehadiran Allah SWT.

Question 4: Bagaimana cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan jelas?
Answer 4: Berikut ini adalah beberapa cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan jelas: artikulasikan setiap huruf dengan jelas, baca wirid dengan kecepatan yang sedang, gunakan volume suara yang cukup, dan jika Anda tidak yakin dengan bacaan Anda, maka bacalah wirid dengan perlahan dan hati-hati.

Question 5: Bagaimana cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan penuh penghayatan?
Answer 5: Berikut ini adalah beberapa cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan penuh penghayatan: pahami makna dari wirid yang Anda baca, fokus pada bacaan wirid, rasakan kehadiran Allah SWT, dan baca wirid dengan suara yang lembut dan penuh perasaan.

Question 6: Apa saja bacaan wirid yang bisa dibaca setelah sholat fardhu?
Answer 6: Ada banyak bacaan wirid yang bisa dibaca setelah sholat fardhu, di antaranya: doa iftitah, doa qunut, doa setelah tasyahud akhir, doa setelah salam, dan doa penutup sholat.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang wirid setelah sholat fardhu beserta jawabannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Berikutnya, akan dijelaskan beberapa tips agar kita dapat membaca wirid setelah sholat fardhu dengan baik dan benar.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips agar kita dapat membaca wirid setelah sholat fardhu dengan baik dan benar:

1. Pilih waktu yang tepat. Sebaiknya, membaca wirid setelah sholat fardhu dilakukan segera setelah selesai sholat. Namun, jika Anda tidak memungkinkan untuk membaca wirid segera setelah sholat, maka Anda dapat membacanya di waktu lain, misalnya setelah makan atau sebelum tidur.

2. Siapkan tempat yang tenang. Carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk membaca wirid. Hindari membaca wirid di tempat yang ramai atau bising. Tempat yang tenang akan membantu Anda untuk lebih fokus dan lebih khusyuk dalam membaca wirid.

3. Gunakan mushaf atau buku wirid. Jika Anda tidak hafal bacaan wirid, maka Anda dapat menggunakan mushaf atau buku wirid. Membaca wirid menggunakan mushaf atau buku wirid akan membantu Anda untuk membaca wirid dengan benar dan tidak salah.

4. Baca wirid dengan tartil. Bacalah wirid dengan tartil, yaitu dengan jelas dan tidak tergesa-gesa. Tartil akan membantu Anda untuk memahami makna dari wirid yang Anda baca dan lebih meresapinya dalam hati.

Demikianlah beberapa tips agar kita dapat membaca wirid setelah sholat fardhu dengan baik dan benar. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Demikianlah pembahasan tentang wirid setelah sholat fardhu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang pentingnya membaca wirid setelah sholat fardhu dan bagaimana cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan baik dan benar. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

Conclusion

Wirid setelah sholat fardhu merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Amalan ini memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk dunia maupun untuk akhirat. Di antara manfaat wirid setelah sholat fardhu adalah meningkatkan kualitas sholat, mendapat pahala yang berlipat ganda, dihindarkan dari gangguan setan, memohon ampunan dosa, memohon perlindungan Allah SWT, dan membuat hati menjadi lebih tenang dan tenteram.

Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini, maka kita harus membaca wirid setelah sholat fardhu dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa syarat membaca wirid setelah sholat fardhu: dibaca dengan tuma’ninah (tenang dan tidak tergesa-gesa), dibaca dengan jelas, dibaca dengan penuh penghayatan, dan dibaca secara istiqomah (terus-menerus).

Demikianlah pembahasan tentang wirid setelah sholat fardhu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang pentingnya membaca wirid setelah sholat fardhu dan bagaimana cara membaca wirid setelah sholat fardhu dengan baik dan benar. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita.

Sebagai penutup, marilah kita biasakan membaca wirid setelah sholat fardhu agar kita mendapatkan manfaat yang besar dari amalan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..