Waktu Sholat Isya Sampai Jam Berapa?

sisca


Waktu Sholat Isya Sampai Jam Berapa?

Sholat Isya merupakan salah satu dari lima sholat wajib yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Waktu pelaksanaan sholat Isya dimulai sejak matahari terbenam hingga fajar menyingsing. Namun, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang batas waktu berakhirnya sholat Isya.

Menurut sebagian ulama, waktu sholat Isya berakhir pada tengah malam. Pendapat ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, yang artinya: “Waktu sholat Isya adalah sejak matahari terbenam hingga tengah malam.”

Namun, sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa waktu sholat Isya berakhir pada sepertiga malam. Pendapat ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Tirmidzi, yang artinya: “Waktu sholat Isya adalah sejak matahari terbenam hingga sepertiga malam.”

Waktu Sholat Isya Sampai Jam Berapa

Berikut adalah 7 poin penting tentang waktu sholat Isya:

  • Dimulai sejak matahari terbenam
  • Berakhir hingga tengah malam atau sepertiga malam
  • Waktu terbaik sepertiga malam pertama
  • Dianjurkan sholat berjamaah di masjid
  • Diutamakan membaca surat pendek dalam sholat
  • Sunnah membaca doa qunut pada rakaat terakhir
  • Dilarang berbicara selama sholat

Semoga informasi ini bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Dimulai sejak matahari terbenam

Waktu sholat Isya dimulai sejak matahari terbenam. Hal ini berdasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 78, yang artinya:

  • Matahari terbenam sebagai tanda dimulainya sholat Isya

    Matahari terbenam merupakan tanda dimulainya waktu sholat Isya. Pada saat itu, umat Islam diwajibkan untuk segera menunaikan sholat Isya.

  • Waktu terbaik untuk sholat Isya

    Waktu terbaik untuk menunaikan sholat Isya adalah pada sepertiga malam pertama. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik sholat malam adalah sholat di sepertiga malam pertama.” (HR. Muslim)

  • Dianjurkan sholat berjamaah di masjid

    Umat Islam dianjurkan untuk menunaikan sholat Isya berjamaah di masjid. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang sholat Isya berjamaah, maka seakan-akan ia telah melakukan sholat separuh malam. Dan barangsiapa yang sholat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melakukan sholat semalam penuh.” (HR. Muslim)

  • Diutamakan membaca surat pendek dalam sholat

    Dalam sholat Isya, diutamakan untuk membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah pada sholat Isya surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas.” (HR. Abu Daud)

Demikianlah penjelasan tentang waktu sholat Isya yang dimulai sejak matahari terbenam. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Berakhir hingga tengah malam atau sepertiga malam

Waktu sholat Isya berakhir hingga tengah malam atau sepertiga malam. Hal ini berdasarkan pada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Sebagian ulama berpendapat bahwa waktu sholat Isya berakhir pada tengah malam, sedangkan sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa waktu sholat Isya berakhir pada sepertiga malam.

Pendapat yang menyatakan bahwa waktu sholat Isya berakhir pada tengah malam didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, yang artinya:

“Waktu sholat Isya adalah sejak matahari terbenam hingga tengah malam.”

Sedangkan pendapat yang menyatakan bahwa waktu sholat Isya berakhir pada sepertiga malam didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Tirmidzi, yang artinya:

“Waktu sholat Isya adalah sejak matahari terbenam hingga sepertiga malam.”

Berdasarkan kedua hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa waktu sholat Isya berakhir hingga tengah malam atau sepertiga malam. Umat Islam dapat memilih pendapat mana yang akan diikuti. Namun, yang terbaik adalah mengikuti pendapat yang menyatakan bahwa waktu sholat Isya berakhir pada sepertiga malam, karena waktu tersebut lebih panjang dan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi umat Islam untuk menunaikan sholat Isya.

Demikianlah penjelasan tentang waktu sholat Isya yang berakhir hingga tengah malam atau sepertiga malam. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Baca Juga :  Bilal Sholat Idul Adha

Waktu terbaik sepertiga malam pertama

Waktu terbaik untuk menunaikan sholat Isya adalah pada sepertiga malam pertama. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang artinya:

  • Sepertiga malam pertama adalah waktu yang penuh berkah

    Sepertiga malam pertama adalah waktu yang penuh berkah. Rasulullah SAW bersabda, “Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang penuh berkah, maka bangunlah pada sepertiga malam terakhir dan bacalah Al-Qur’an.” (HR. Tirmidzi)

  • Waktu yang tepat untuk berdoa

    Sepertiga malam pertama juga merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, “Sepertiga malam pertama adalah waktu dikabulkannya doa.” (HR. Ahmad)

  • Waktu yang baik untuk bertafakkur

    Sepertiga malam pertama juga merupakan waktu yang baik untuk bertafakkur atau merenungkan kehidupan. Rasulullah SAW bersabda, “Bertafakkurlah sejenak pada ciptaan Allah SWT.” (HR. Tirmidzi)

  • Waktu yang tepat untuk menunaikan sholat sunnah

    Sepertiga malam pertama juga merupakan waktu yang tepat untuk menunaikan sholat sunnah. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang sholat sunnah dua rakaat pada sepertiga malam pertama, maka ia akan dicatat sebagai orang yang banyak sholatnya.” (HR. Abu Daud)

Demikianlah penjelasan tentang waktu terbaik untuk menunaikan sholat Isya, yaitu pada sepertiga malam pertama. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Dianjurkan sholat berjamaah di masjid

Umat Islam dianjurkan untuk menunaikan sholat Isya berjamaah di masjid. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, yang artinya:

“Barangsiapa yang sholat Isya berjamaah, maka seakan-akan ia telah melakukan sholat separuh malam. Dan barangsiapa yang sholat Subuh berjamaah, maka seakan-akan ia telah melakukan sholat semalam penuh.”

Hadits tersebut menunjukkan bahwa sholat Isya berjamaah di masjid memiliki فضيلة (keutamaan) yang besar. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk menunaikan sholat Isya berjamaah di masjid.

Selain hadits tersebut, terdapat beberapa alasan lain mengapa umat Islam dianjurkan untuk menunaikan sholat Isya berjamaah di masjid, antara lain:

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT

    Sholat berjamaah di masjid merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika sholat berjamaah, umat Islam bersatu dalam satu barisan dan memanjatkan doa kepada Allah SWT secara bersama-sama. Hal ini tentu lebih dicintai oleh Allah SWT daripada sholat sendirian.

  • Menjalin silaturahmi

    Sholat berjamaah di masjid juga merupakan sarana untuk menjalin silaturahmi antar sesama umat Islam. Ketika sholat berjamaah, umat Islam bertemu dan bertegur sapa dengan saudara-saudara seiman. Hal ini dapat mempererat tali persaudaraan dan ukhuwah islamiyah.

  • Menambah semangat beribadah

    Sholat berjamaah di masjid dapat menambah semangat beribadah. Ketika sholat berjamaah, umat Islam melihat dan mendengar bacaan imam dan jamaah lainnya. Hal ini dapat menambah semangat dan kekhusyukan dalam beribadah.

Demikianlah penjelasan tentang dianjurkannya sholat Isya berjamaah di masjid. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Diutamakan membaca surat pendek dalam sholat

Dalam sholat Isya, diutamakan untuk membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, yang artinya:

  • Membaca surat-surat pendek lebih mudah

    Surat-surat pendek dalam Al-Qur’an umumnya lebih mudah dibaca dan dihafal daripada surat-surat yang panjang. Hal ini memudahkan umat Islam untuk menunaikan sholat Isya dengan baik dan benar.

  • Membaca surat-surat pendek lebih cepat

    Surat-surat pendek dalam Al-Qur’an juga umumnya lebih cepat dibaca daripada surat-surat yang panjang. Hal ini membuat sholat Isya menjadi lebih singkat dan tidak memakan waktu lama.

  • Membaca surat-surat pendek lebih sesuai dengan waktu Isya

    Waktu Isya adalah waktu yang singkat, yaitu antara terbenamnya matahari hingga tengah malam atau sepertiga malam. Oleh karena itu, membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an lebih sesuai dengan waktu Isya yang singkat.

  • Membaca surat-surat pendek lebih utama dalam sholat Isya

    Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca surat-surat pendek dalam sholat Isya. Dalam sebuah hadits, beliau bersabda, “Barangsiapa yang sholat Isya dan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas, maka ia akan dicatat sebagai orang yang telah menyempurnakan sholatnya.” (HR. Abu Daud)

Demikianlah penjelasan tentang diutamakannya membaca surat-surat pendek dalam sholat Isya. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Baca Juga :  Ada Berapa Fase Bulan?

Sunnah membaca doa qunut pada rakaat terakhir

Membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya hukumnya sunnah. Doa qunut dibaca setelah ruku’ pada rakaat terakhir sholat Isya, sebelum sujud. Doa qunut yang dibaca dalam sholat Isya adalah sebagai berikut:

Allahumma inni nastainuka wa nastagfiruka, wa nu’minu bika, wa natawakkalu ‘alaika, wa nushni tsana’a ‘alaika bil khayr, wa nasysykuruka wa la nakfuruka, wa nakhla’u wa natruku man yakfuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nushalli wa nasjudu, wa ilaika nas’a wa nahfid, narju rahmataka, wa nakhsyi ‘adzabaka, inna ‘adzabaka bil kuffari mulhiq.

Doa qunut tersebut artinya:

Ya Allah, kami memohon pertolongan-Mu, kami memohon ampunan-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami bertawakal kepada-Mu, kami memuji-Mu dengan sebaik-baik pujian, kami bersyukur kepada-Mu dan kami tidak mengingkari nikmat-Mu, kami berlepas diri dan kami tinggalkan orang-orang yang mengingkari nikmat-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami menyembah, dan hanya kepada-Mu kami sholat dan sujud, dan hanya kepada-Mu kami berlari dan berserah diri, kami mengharap rahmat-Mu dan kami takut akan azab-Mu, sesungguhnya azab-Mu akan menimpa orang-orang kafir.

Membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya memiliki beberapa فضيلة (keutamaan), antara lain:

  • Mendapatkan ampunan Allah SWT

    Membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya dapat menjadi سبب (sebab) untuk mendapatkan ampunan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya, maka Allah SWT akan mengampuni dosanya, meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.” (HR. Ahmad)

  • Diangkat derajatnya oleh Allah SWT

    Membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya juga dapat menjadi سبب (sebab) untuk diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya, maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya.” (HR. Abu Daud)

  • Terhindar dari siksa api neraka

    Membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya juga dapat menjadi سبب (sebab) untuk terhindar dari siksa api neraka. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya, maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa api neraka.” (HR. Tirmidzi)

Demikianlah penjelasan tentang sunnahnya membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Dilarang berbicara selama sholat

Berbicara selama sholat hukumnya haram. Hal ini berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, yang artinya:

  • Sholat adalah ibadah yang harus dilakukan dengan khusyuk

    Sholat adalah ibadah yang harus dilakukan dengan khusyuk. Khusyuk berarti memusatkan perhatian dan pikiran kepada Allah SWT. Berbicara selama sholat dapat mengganggu kekhusyukan sholat dan membatalkan sholat.

  • Berbicara selama sholat dapat membatalkan sholat

    Berbicara selama sholat dapat membatalkan sholat. Hal ini karena berbicara selama sholat termasuk dalam perbuatan yang dapat membatalkan sholat, seperti makan, minum, dan tertawa. Oleh karena itu, umat Islam harus menghindari berbicara selama sholat.

  • Berbicara selama sholat dapat mengurangi pahala sholat

    Berbicara selama sholat dapat mengurangi pahala sholat. Hal ini karena berbicara selama sholat dapat mengganggu kekhusyukan sholat dan mengurangi pahala sholat.

  • Berbicara selama sholat dapat membuat sholat tidak diterima oleh Allah SWT

    Berbicara selama sholat dapat membuat sholat tidak diterima oleh Allah SWT. Hal ini karena berbicara selama sholat termasuk dalam perbuatan yang dapat membuat sholat tidak diterima oleh Allah SWT, seperti tidak membaca Al-Fatihah, tidak ruku’, tidak sujud, dan tidak tasyahud.

Demikianlah penjelasan tentang dilarangnya berbicara selama sholat. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya dan sholat-sholat lainnya.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan tentang waktu sholat Isya:

Question 1: Kapan waktu sholat Isya dimulai?
Answer 1: Waktu sholat Isya dimulai sejak matahari terbenam.

Question 2: Kapan waktu sholat Isya berakhir?
Answer 2: Waktu sholat Isya berakhir hingga tengah malam atau sepertiga malam, tergantung pada pendapat ulama yang diikuti.

Baca Juga :  Jadwal Sholat Idul Adha

Question 3: Kapan waktu terbaik untuk menunaikan sholat Isya?
Answer 3: Waktu terbaik untuk menunaikan sholat Isya adalah pada sepertiga malam pertama.

Question 4: Apakah boleh menunda sholat Isya hingga sepertiga malam?
Answer 4: Menunda sholat Isya hingga sepertiga malam diperbolehkan, namun lebih utama untuk menunaikan sholat Isya pada waktu terbaiknya, yaitu pada sepertiga malam pertama.

Question 5: Apa hukumnya jika seseorang tidak sengaja berbicara selama sholat Isya?
Answer 5: Jika seseorang tidak sengaja berbicara selama sholat Isya, maka sholatnya tidak batal. Namun, sebaiknya ia segera mengucapkan istighfar dan melanjutkan sholatnya.

Question 6: Apa saja sunnah-sunnah dalam sholat Isya?
Answer 6: Sunnah-sunnah dalam sholat Isya antara lain membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas pada rakaat terakhir, membaca doa qunut pada rakaat terakhir, dan sholat berjamaah di masjid.

Question 7: Apa saja larangan-larangan dalam sholat Isya?
Answer 7: Larangan-larangan dalam sholat Isya antara lain berbicara selama sholat, makan dan minum selama sholat, dan tertawa selama sholat.

Demikianlah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan tentang waktu sholat Isya. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Selain penjelasan di atas, berikut ini adalah beberapa tips untuk menunaikan sholat Isya dengan baik dan benar:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menunaikan sholat Isya dengan baik dan benar:

1. Berwudhu dengan sempurna
Sebelum menunaikan sholat Isya, pastikan untuk berwudhu dengan sempurna. Berwudhu dengan sempurna berarti membasuh seluruh anggota wudhu dengan air yang suci dan mengalir, yaitu wajah, tangan hingga siku, kepala, telinga, dan kaki hingga mata kaki.

2. Mencari tempat yang tenang dan bersih
Carilah tempat yang tenang dan bersih untuk menunaikan sholat Isya. Tempat yang tenang akan membantu Anda untuk lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat. Sedangkan tempat yang bersih akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang saat sholat.

3. Membaca niat sholat Isya dengan benar
Sebelum memulai sholat Isya, bacalah niat sholat Isya dengan benar. Niat sholat Isya dibaca dalam hati, yaitu: “Aku niat sholat Isya dua rakaat fardlu karena Allah Ta’ala.”

4. Melaksanakan sholat Isya dengan tuma’ninah
Laksanakan sholat Isya dengan tuma’ninah, yaitu dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Tuma’ninah dalam sholat berarti berhenti sejenak pada setiap gerakan sholat, seperti berdiri, ruku’, sujud, dan duduk. Tuma’ninah akan membantu Anda untuk lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat.

5. Membaca doa setelah sholat Isya
Setelah selesai melaksanakan sholat Isya, jangan lupa untuk membaca doa setelah sholat Isya. Doa setelah sholat Isya dibaca dalam bahasa Arab dan artinya sebagai berikut:

“Ya Allah, Engkaulah dzat yang Maha Agung dan Mahamulia. Engkaulah dzat yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Engkaulah dzat yang mengatur pergantian siang dan malam. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau memberikan kepadaku pahala yang besar atas sholat Isya yang telah aku tunaikan ini. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku. Ya Allah, janganlah Engkau biarkan aku mati dalam keadaan kafir dan munafik. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang saleh dan bertakwa.”

Demikianlah beberapa tips untuk menunaikan sholat Isya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan umat Islam dapat menunaikan sholat Isya dengan baik dan benar, serta mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Conclusion

Waktu sholat Isya dimulai sejak matahari terbenam hingga tengah malam atau sepertiga malam. Waktu terbaik untuk menunaikan sholat Isya adalah pada sepertiga malam pertama. Umat Islam dianjurkan untuk menunaikan sholat Isya berjamaah di masjid. Dalam sholat Isya, diutamakan untuk membaca surat-surat pendek dalam Al-Qur’an. Sunnah membaca doa qunut pada rakaat terakhir sholat Isya. Dilarang berbicara selama sholat, termasuk sholat Isya.

Demikianlah pembahasan tentang waktu sholat Isya. Semoga bermanfaat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah sholat Isya. Sebagai penutup, perlu diingat bahwa sholat Isya adalah salah satu sholat wajib yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan sholat Isya, karena sholat Isya memiliki banyak فضيلة (keutamaan) dan pahala yang besar dari Allah SWT.

Semoga Allah SWT memudahkan kita semua untuk menunaikan sholat Isya dengan baik dan benar, serta mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags