Pemutihan Pajak Kendaraan Jatim

sisca


Pemutihan Pajak Kendaraan Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak kendaraan yang menunggak. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur akan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari 15 September hingga 15 Desember 2023. Program ini berlaku untuk seluruh kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, yang belum membayar pajak selama dua tahun atau lebih.

Pemutihan Pajak Kendaraan Jatim

Berikut adalah 9 poin penting tentang program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur:

  • Berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda empat
  • Periode program: 15 September – 15 Desember 2023
  • Memutihkan semua denda keterlambatan pajak
  • Memutihkan tunggakan pajak kendaraan hingga 2 tahun
  • Tidak membebaskan pokok pajak kendaraan
  • Pembayaran dapat dilakukan di seluruh Samsat Jatim
  • Dapat dimanfaatkan untuk balik nama kendaraan
  • Tidak berlaku untuk kendaraan yang telah dihapus dari register
  • Meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Jawa Timur. Dengan membayar pajak kendaraan tepat waktu, masyarakat tidak hanya terhindar dari denda keterlambatan, tetapi juga berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda empat

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur berlaku untuk seluruh kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Hal ini berarti bahwa pemilik kendaraan roda dua (sepeda motor) dan kendaraan roda empat (mobil) yang menunggak pajak dapat memanfaatkan program ini untuk melunasi kewajibannya tanpa dikenakan denda keterlambatan.

  • Kendaraan roda dua

    Program pemutihan pajak kendaraan bermotor berlaku untuk semua jenis kendaraan roda dua, mulai dari sepeda motor bebek, sepeda motor sport, hingga sepeda motor matic.

  • Kendaraan roda empat

    Program pemutihan pajak kendaraan bermotor juga berlaku untuk semua jenis kendaraan roda empat, mulai dari mobil pribadi, mobil niaga, hingga mobil mewah.

  • Tidak berlaku untuk kendaraan tertentu

    Meskipun berlaku untuk seluruh kendaraan roda dua dan roda empat, program pemutihan pajak kendaraan bermotor tidak berlaku untuk kendaraan yang telah dihapus dari register. Kendaraan yang telah dihapus dari register adalah kendaraan yang sudah tidak layak jalan atau sudah tidak digunakan lagi.

  • Tidak berlaku untuk denda tilang

    Program pemutihan pajak kendaraan bermotor hanya berlaku untuk denda keterlambatan pajak. Program ini tidak berlaku untuk denda tilang yang disebabkan oleh pelanggaran lalu lintas.

Dengan memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini, pemilik kendaraan dapat menghemat pengeluaran untuk membayar denda keterlambatan pajak. Selain itu, pemilik kendaraan juga dapat terhindar dari sanksi penghapusan data kendaraan dari register.

Periode program: 15 September – 15 Desember 2023

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari tanggal 15 September hingga 15 Desember 2023. Periode ini memberikan waktu yang cukup bagi masyarakat untuk memanfaatkan program ini dan melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka.

Pemilihan periode program tersebut juga mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain:

  • Musim panen

    Periode program pemutihan pajak kendaraan bermotor bertepatan dengan musim panen di beberapa daerah di Jawa Timur. Pada musim ini, masyarakat biasanya memiliki pendapatan yang lebih tinggi sehingga diharapkan dapat memanfaatkan program ini untuk melunasi pajak kendaraan mereka.

  • Menjelang akhir tahun

    Periode program juga dipilih menjelang akhir tahun, yaitu saat masyarakat biasanya mempersiapkan diri untuk membayar pajak tahunan. Dengan adanya program pemutihan ini, masyarakat dapat sekaligus melunasi pajak kendaraan mereka yang menunggak.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, disarankan untuk segera melakukan pembayaran sebelum periode program berakhir. Hal ini untuk menghindari antrean panjang di Samsat dan memastikan bahwa pembayaran dapat diproses tepat waktu.

Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan Samsat keliling yang disediakan oleh Bapenda Jawa Timur. Layanan ini memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka tanpa harus datang ke kantor Samsat.

Memutihkan semua denda keterlambatan pajak

Salah satu manfaat utama dari program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur adalah penghapusan semua denda keterlambatan pajak. Artinya, masyarakat yang menunggak pajak kendaraan selama bertahun-tahun tidak perlu lagi membayar denda keterlambatan tersebut.

Baca Juga :  Manfaat Membayar Pajak

Penghapusan denda keterlambatan pajak ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kesulitan membayar pajak kendaraan tepat waktu. Selain itu, penghapusan denda juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk segera melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka.

Namun, perlu diketahui bahwa program pemutihan pajak kendaraan bermotor hanya membebaskan denda keterlambatan pajak, bukan pokok pajak kendaraan. Artinya, masyarakat tetap harus membayar pokok pajak kendaraan yang belum dibayar selama bertahun-tahun.

Untuk mengetahui jumlah pokok pajak kendaraan yang harus dibayar, masyarakat dapat mengeceknya melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) atau mengunjungi kantor Samsat terdekat. Setelah mengetahui jumlah pokok pajak yang harus dibayar, masyarakat dapat langsung melakukan pembayaran di kantor Samsat atau melalui layanan Samsat keliling.

Memutihkan tunggakan pajak kendaraan hingga 2 tahun

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur membebaskan tunggakan pajak kendaraan hingga 2 tahun. Artinya, masyarakat yang menunggak pajak kendaraan selama dua tahun atau kurang dapat memanfaatkan program ini untuk melunasi kewajiban pajak mereka tanpa dikenakan denda keterlambatan.

  • Tunggakan pajak kendaraan yang dibebaskan

    Program pemutihan pajak kendaraan bermotor membebaskan semua tunggakan pajak kendaraan, baik pokok pajak maupun denda keterlambatan, selama tunggakan tersebut belum lebih dari dua tahun.

  • Tunggakan pajak kendaraan yang tidak dibebaskan

    Program pemutihan pajak kendaraan bermotor tidak membebaskan tunggakan pajak kendaraan yang sudah lebih dari dua tahun. Untuk tunggakan pajak kendaraan yang lebih dari dua tahun, masyarakat tetap harus membayar pokok pajak dan denda keterlambatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Cara mengetahui jumlah tunggakan pajak kendaraan

    Untuk mengetahui jumlah tunggakan pajak kendaraan, masyarakat dapat mengeceknya melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) atau mengunjungi kantor Samsat terdekat. Setelah mengetahui jumlah tunggakan pajak kendaraan, masyarakat dapat langsung melakukan pembayaran di kantor Samsat atau melalui layanan Samsat keliling.

  • Manfaat memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan

    Dengan memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, masyarakat dapat menghemat pengeluaran untuk membayar denda keterlambatan pajak. Selain itu, masyarakat juga dapat terhindar dari sanksi penghapusan data kendaraan dari register.

Bagi masyarakat yang memiliki tunggakan pajak kendaraan selama dua tahun atau kurang, sangat disarankan untuk segera memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka tanpa harus membayar denda keterlambatan.

Tidak membebaskan pokok pajak kendaraan

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur hanya membebaskan denda keterlambatan pajak, bukan pokok pajak kendaraan. Artinya, masyarakat yang memanfaatkan program ini tetap harus membayar pokok pajak kendaraan yang belum dibayar.

  • Alasan pokok pajak kendaraan tidak dibebaskan

    Pokok pajak kendaraan tidak dibebaskan karena merupakan kewajiban dasar setiap pemilik kendaraan bermotor. Pokok pajak kendaraan digunakan untuk membiayai pembangunan dan perawatan infrastruktur jalan dan jembatan.

  • Cara mengetahui jumlah pokok pajak kendaraan

    Untuk mengetahui jumlah pokok pajak kendaraan yang harus dibayar, masyarakat dapat mengeceknya melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) atau mengunjungi kantor Samsat terdekat.

  • Cara pembayaran pokok pajak kendaraan

    Pembayaran pokok pajak kendaraan dapat dilakukan di kantor Samsat atau melalui layanan Samsat keliling. Masyarakat dapat menggunakan berbagai metode pembayaran, seperti tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

  • Pentingnya membayar pokok pajak kendaraan

    Membayar pokok pajak kendaraan tepat waktu sangat penting karena memiliki beberapa manfaat, antara lain:

    • Terhindar dari denda keterlambatan pajak
    • Terhindar dari sanksi penghapusan data kendaraan dari register
    • Mendukung pembangunan dan perawatan infrastruktur jalan dan jembatan

Bagi masyarakat yang memiliki tunggakan pajak kendaraan, sangat disarankan untuk segera memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka tanpa harus membayar denda keterlambatan. Namun, perlu diingat bahwa program ini tidak membebaskan pokok pajak kendaraan, sehingga masyarakat tetap harus membayar pokok pajak kendaraan yang belum dibayar.

Pembayaran dapat dilakukan di seluruh Samsat Jatim

Pembayaran pajak kendaraan bermotor dalam rangka program pemutihan di Jawa Timur dapat dilakukan di seluruh kantor Samsat yang tersebar di wilayah Jawa Timur. Masyarakat dapat memilih kantor Samsat terdekat dari tempat tinggal atau sesuai dengan domisili kendaraan.

Berikut adalah daftar kantor Samsat di Jawa Timur:

  • Samsat Surabaya Barat
  • Samsat Surabaya Timur
  • Samsat Surabaya Selatan
  • Samsat Surabaya Utara
  • Samsat Gresik
  • Samsat Sidoarjo
  • Samsat Mojokerto
  • Samsat Jombang
  • Samsat Nganjuk
  • Samsat Madiun
  • Samsat Kediri
  • Samsat Blitar
  • Samsat Tulungagung
  • Samsat Trenggalek
  • Samsat Pacitan
  • Samsat Magetan
  • Samsat Ngawi
  • Samsat Bojonegoro
  • Samsat Tuban
  • Samsat Lamongan
  • Samsat Bangkalan
  • Samsat Sampang
  • Samsat Pamekasan
  • Samsat Sumenep
  • Samsat Bondowoso
  • Samsat Situbondo
  • Samsat Banyuwangi
  • Samsat Jember
  • Samsat Lumajang
  • Samsat Probolinggo
  • Samsat Pasuruan
Baca Juga :  Perbedaan Zakat dan Pajak yang Perlu Diketahui

Selain di kantor Samsat, pembayaran pajak kendaraan bermotor juga dapat dilakukan melalui layanan Samsat keliling. Layanan Samsat keliling biasanya ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti pusat perbelanjaan atau pasar.

Dapat dimanfaatkan untuk balik nama kendaraan

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan balik nama kendaraan. Balik nama kendaraan adalah proses penggantian nama pemilik kendaraan di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

  • Syarat balik nama kendaraan

    Untuk melakukan balik nama kendaraan, pemilik kendaraan harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

    • STNK asli dan fotokopi
    • BPKB asli dan fotokopi
    • KTP pemilik lama dan pemilik baru (asli dan fotokopi)
    • Bukti jual beli kendaraan (bisa berupa kuitansi atau surat keterangan dari dealer)
  • Prosedur balik nama kendaraan

    Prosedur balik nama kendaraan dapat dilakukan di kantor Samsat sesuai dengan domisili kendaraan. Berikut adalah prosedur umum balik nama kendaraan:

    • Mengisi formulir permohonan balik nama kendaraan
    • Menyerahkan dokumen persyaratan yang telah disebutkan di atas
    • Membayar biaya balik nama kendaraan
    • Proses balik nama kendaraan akan selesai dalam beberapa hari kerja
  • Manfaat memanfaatkan program pemutihan untuk balik nama kendaraan

    Dengan memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, pemilik kendaraan dapat menghemat biaya balik nama kendaraan. Hal ini karena biaya balik nama kendaraan sudah termasuk dalam program pemutihan, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu membayar biaya tambahan.

  • Catatan

    Perlu diketahui bahwa program pemutihan pajak kendaraan bermotor hanya membebaskan biaya balik nama kendaraan yang terkait dengan denda keterlambatan pajak. Jika pemilik kendaraan memiliki tunggakan pokok pajak kendaraan, maka tetap harus membayar pokok pajak tersebut sebelum melakukan balik nama kendaraan.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan balik nama kendaraan, sangat disarankan untuk segera memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan balik nama kendaraan dengan biaya yang lebih murah.

Tidak berlaku untuk kendaraan yang telah dihapus dari register

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur tidak berlaku untuk kendaraan yang telah dihapus dari register. Kendaraan yang telah dihapus dari register adalah kendaraan yang sudah tidak layak jalan atau sudah tidak digunakan lagi.

  • Alasan tidak berlaku untuk kendaraan yang dihapus dari register

    Kendaraan yang telah dihapus dari register tidak berlaku untuk program pemutihan pajak kendaraan bermotor karena kendaraan tersebut sudah tidak tercatat sebagai kendaraan yang aktif. Dengan demikian, kendaraan tersebut tidak memiliki kewajiban pajak kendaraan bermotor.

  • Cara mengetahui kendaraan telah dihapus dari register

    Masyarakat dapat mengetahui apakah kendaraannya telah dihapus dari register atau belum melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) atau dengan mengunjungi kantor Samsat terdekat. Jika kendaraan telah dihapus dari register, maka data kendaraan tidak akan muncul dalam sistem.

  • Konsekuensi menggunakan kendaraan yang telah dihapus dari register

    Menggunakan kendaraan yang telah dihapus dari register merupakan pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran tersebut dapat dikenakan sanksi berupa tilang dan penyitaan kendaraan.

  • Cara mengaktifkan kembali kendaraan yang telah dihapus dari register

    Jika kendaraan yang telah dihapus dari register masih layak jalan dan ingin digunakan kembali, maka pemilik kendaraan dapat mengajukan permohonan pengaktifan kembali kendaraan di kantor Samsat.

Bagi masyarakat yang memiliki kendaraan yang telah dihapus dari register, disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan tersebut. Jika ingin menggunakan kembali kendaraan tersebut, pemilik kendaraan dapat mengajukan permohonan pengaktifan kembali kendaraan di kantor Samsat.

Meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak. Hal ini karena program ini mendorong masyarakat untuk segera melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka, termasuk denda keterlambatan pajak.

Denda keterlambatan pajak merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang cukup signifikan. Dengan dihapuskannya denda keterlambatan pajak dalam program pemutihan, maka pendapatan daerah dari sektor ini akan berkurang. Namun, pengurangan pendapatan dari sektor denda keterlambatan pajak akan dikompensasi dengan peningkatan pendapatan dari sektor pokok pajak kendaraan.

Selain itu, program pemutihan pajak kendaraan bermotor juga dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Hal ini karena program ini memberikan keringanan bagi masyarakat yang menunggak pajak kendaraan. Dengan meningkatnya kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan, maka pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor akan semakin meningkat.

Baca Juga :  Kiper Chelsea

Peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor dapat digunakan untuk membiayai pembangunan dan perawatan infrastruktur di Jawa Timur. Infrastruktur yang baik akan meningkatkan konektivitas antar wilayah, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur:

Question 1: Apa saja jenis kendaraan yang termasuk dalam program pemutihan pajak kendaraan bermotor?
Answer 1: Program pemutihan pajak kendaraan bermotor berlaku untuk seluruh kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

Question 2: Berapa lama periode program pemutihan pajak kendaraan bermotor?
Answer 2: Periode program pemutihan pajak kendaraan bermotor adalah selama tiga bulan, mulai dari tanggal 15 September hingga 15 Desember 2023.

Question 3: Apa saja keringanan yang diberikan dalam program pemutihan pajak kendaraan bermotor?
Answer 3: Keringanan yang diberikan dalam program pemutihan pajak kendaraan bermotor adalah penghapusan semua denda keterlambatan pajak dan pembebasan tunggakan pajak kendaraan hingga 2 tahun.

Question 4: Bagaimana cara memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor?
Answer 4: Untuk memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, masyarakat dapat langsung datang ke kantor Samsat atau melalui layanan Samsat keliling.

Question 5: Apakah program pemutihan pajak kendaraan bermotor juga berlaku untuk balik nama kendaraan?
Answer 5: Ya, program pemutihan pajak kendaraan bermotor juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan balik nama kendaraan.

Question 6: Apakah program pemutihan pajak kendaraan bermotor berlaku untuk semua kendaraan?
Answer 6: Tidak, program pemutihan pajak kendaraan bermotor tidak berlaku untuk kendaraan yang telah dihapus dari register.

Question 7: Apa manfaat memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor?
Answer 7: Manfaat memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor adalah dapat menghemat pengeluaran untuk membayar denda keterlambatan pajak, terhindar dari sanksi penghapusan data kendaraan dari register, dan dapat melakukan balik nama kendaraan dengan biaya yang lebih murah.

Bagi masyarakat yang memiliki tunggakan pajak kendaraan, sangat disarankan untuk segera memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka tanpa harus membayar denda keterlambatan pajak.

Selain FAQ di atas, berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor secara optimal:

Tips

Selain FAQ di atas, berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur secara optimal:

1. Segera manfaatkan program pemutihan
Program pemutihan pajak kendaraan bermotor hanya berlaku selama tiga bulan, mulai dari tanggal 15 September hingga 15 Desember 2023. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang memiliki tunggakan pajak kendaraan, disarankan untuk segera memanfaatkan program ini.

2. Siapkan dokumen yang diperlukan
Sebelum datang ke kantor Samsat atau layanan Samsat keliling, pastikan untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan, seperti STNK, BPKB, dan KTP pemilik kendaraan.

3. Manfaatkan layanan Samsat keliling
Bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor Samsat, dapat memanfaatkan layanan Samsat keliling. Layanan Samsat keliling biasanya ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti pusat perbelanjaan atau pasar.

4. Bayar pajak tepat waktu
Setelah memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor, pastikan untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini untuk menghindari denda keterlambatan pajak dan sanksi penghapusan data kendaraan dari register.

Dengan mengikuti tips di atas, masyarakat dapat memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor secara optimal dan terhindar dari denda keterlambatan pajak serta sanksi penghapusan data kendaraan dari register.

Kesimpulannya, program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka tanpa harus membayar denda keterlambatan pajak. Dengan memanfaatkan program ini secara optimal, masyarakat dapat menghemat pengeluaran dan terhindar dari sanksi.

Conclusion

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk memberikan keringanan kepada masyarakat yang memiliki tunggakan pajak kendaraan. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka tanpa harus membayar denda keterlambatan pajak dan tunggakan pajak kendaraan hingga 2 tahun.

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor. Pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor dapat digunakan untuk membiayai pembangunan dan perawatan infrastruktur di Jawa Timur.

Bagi masyarakat yang memiliki tunggakan pajak kendaraan, sangat disarankan untuk segera memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini. Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melunasi kewajiban pajak kendaraan mereka tanpa harus membayar denda keterlambatan pajak. Dengan memanfaatkan program ini secara optimal, masyarakat dapat menghemat pengeluaran dan terhindar dari sanksi.

Kesimpulannya, program pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Program ini memberikan keringanan bagi masyarakat yang menunggak pajak kendaraan, meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan, dan dapat meningkatkan pendapatan daerah.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..