Mata Uang Inggris

sisca


Mata Uang Inggris

Mata uang Inggris adalah pound sterling, yang dilambangkan dengan simbol £. Pound sterling adalah mata uang tertua yang masih digunakan di dunia dan merupakan mata uang cadangan dunia yang paling banyak diperdagangkan setelah dolar AS dan euro.

Pound sterling dibagi menjadi 100 pence. Koin pound sterling tersedia dalam denominasi 1, 2, 5, 10, 20, dan 50 pence serta 1 dan 2 pound. Uang kertas pound sterling tersedia dalam denominasi £5, £10, £20, £50, dan £100.

Pound sterling dikeluarkan oleh Bank of England, yang merupakan bank sentral Inggris.

Mata Uang Inggris

Berikut adalah 8 poin penting tentang mata uang Inggris:

  • Mata uang tertua yang masih digunakan
  • Mata uang cadangan dunia terbanyak kedua
  • Dilambangkan dengan simbol £
  • Dibagi menjadi 100 pence
  • Dikeluarkan oleh Bank of England
  • Tersedia dalam bentuk koin dan uang kertas
  • Koin tersedia dalam denominasi 1p hingga £2
  • Uang kertas tersedia dalam denominasi £5 hingga £100

Pound sterling adalah mata uang yang kuat dan stabil, dan banyak digunakan dalam perdagangan internasional.

Mata uang tertua yang masih digunakan

Pound sterling adalah mata uang tertua yang masih digunakan di dunia. Asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke abad ke-8, ketika orang Anglo-Saxon menggunakan koin perak yang disebut “sceat” sebagai alat tukar.

Pada abad ke-12, Raja Henry II memperkenalkan koin perak baru yang disebut “penny”. Penny menjadi mata uang utama Inggris selama berabad-abad, dan kata “pound” berasal dari frasa “satu pon perak”.

Selama abad ke-16, Raja Henry VIII memperkenalkan koin emas baru yang disebut “sovereign”. Sovereign menjadi mata uang emas utama Inggris, dan pound sterling dipatok terhadap sovereign.

Pada abad ke-19, Inggris mengadopsi sistem mata uang desimal, dan pound sterling dibagi menjadi 100 pence. Pound sterling tetap menjadi mata uang utama Inggris hingga hari ini, dan merupakan salah satu mata uang paling penting di dunia.

Pound sterling telah mengalami banyak perubahan selama berabad-abad, namun tetap menjadi mata uang yang kuat dan stabil. Ini adalah kesaksian atas kekuatan dan ketahanan ekonomi Inggris.

Mata uang cadangan dunia terbanyak kedua

Pound sterling adalah mata uang cadangan dunia terbanyak kedua setelah dolar AS. Artinya, pound sterling banyak digunakan oleh bank sentral dan pemerintah di seluruh dunia sebagai bagian dari cadangan devisa mereka.

Ada beberapa alasan mengapa pound sterling menjadi mata uang cadangan yang populer. Pertama, pound sterling adalah mata uang yang stabil dan dapat diandalkan. Inggris memiliki perekonomian yang kuat dan stabil, dan Bank of England memiliki reputasi yang baik dalam mengelola mata uang.

Kedua, pound sterling adalah mata uang yang banyak diperdagangkan. Pasar valuta asing London adalah pasar valuta asing terbesar di dunia, dan pound sterling adalah salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan.

Ketiga, pound sterling adalah mata uang yang mudah dikonversi. Ada banyak bank dan perusahaan pialang yang dapat mengonversi pound sterling ke mata uang lain dengan cepat dan mudah.

Baca Juga :  Apakah Mata Silinder Bisa Sembuh?

Status pound sterling sebagai mata uang cadangan dunia memberikan Inggris pengaruh ekonomi dan politik yang signifikan. Ini juga membantu membuat pound sterling menjadi mata uang yang lebih stabil dan dapat diandalkan.

Dilambangkan dengan simbol £

Simbol £ yang digunakan untuk mewakili pound sterling berasal dari huruf “L” dalam bahasa Latin, yang merupakan singkatan dari “libra”, yang berarti “timbangan”. Timbangan adalah simbol tradisional untuk mata uang, karena digunakan untuk menimbang logam mulia yang digunakan untuk membuat koin.

  • Asal mula simbol £

    Simbol £ pertama kali digunakan untuk mewakili pound sterling pada abad ke-15. Pada saat itu, pound sterling adalah mata uang perak, dan simbol £ digunakan untuk menunjukkan jumlah perak yang terkandung dalam satu pound.

  • Penggunaan simbol £

    Simbol £ sekarang digunakan untuk mewakili pound sterling dalam semua denominasi, termasuk koin dan uang kertas. Ini juga digunakan untuk mewakili pound sterling dalam mata uang digital, seperti Bitcoin.

  • Penggunaan simbol £ di negara lain

    Simbol £ juga digunakan untuk mewakili mata uang negara lain, seperti pound Mesir dan pound Lebanon. Namun, di negara-negara ini, simbol £ biasanya didahului oleh kode negara, seperti “EGP” untuk pound Mesir dan “LBP” untuk pound Lebanon.

  • Penggunaan simbol £ dalam bahasa lain

    Simbol £ dikenal dengan nama yang berbeda dalam bahasa lain. Dalam bahasa Prancis, misalnya, simbol £ disebut “livre”. Dalam bahasa Jerman, simbol £ disebut “Pfund”.

Simbol £ adalah simbol yang diakui secara internasional untuk pound sterling. Ini adalah pengingat akan sejarah panjang pound sterling sebagai mata uang global.

Dibagi menjadi 100 pence

Pound sterling dibagi menjadi 100 pence. Ini berarti bahwa satu pound sama dengan 100 pence. Pence adalah mata uang pecahan pound sterling, dan digunakan untuk transaksi sehari-hari.

Koin pence tersedia dalam denominasi 1p, 2p, 5p, 10p, 20p, dan 50p. Uang kertas pence tidak diterbitkan.

Sistem desimal pound sterling diperkenalkan pada tahun 1971. Sebelumnya, pound sterling dibagi menjadi 20 shilling, dan satu shilling dibagi menjadi 12 pence. Sistem desimal membuat pound sterling lebih mudah digunakan dan dipahami.

Meskipun pound sterling sekarang dibagi menjadi 100 pence, istilah “shilling” dan “penny” masih digunakan dalam bahasa sehari-hari. Misalnya, orang mungkin mengatakan “dua puluh shilling” untuk merujuk pada satu pound, atau “dua pence” untuk merujuk pada dua pence.

Sistem desimal pound sterling adalah sistem yang sederhana dan mudah digunakan. Ini membantu membuat pound sterling menjadi mata uang yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Dikeluarkan oleh Bank of England

Bank of England adalah bank sentral Inggris dan bertanggung jawab untuk mengeluarkan pound sterling.

Bank of England didirikan pada tahun 1694 dan merupakan salah satu bank sentral tertua di dunia. Bank ini dimiliki oleh pemerintah Inggris dan dipimpin oleh Gubernur Bank of England.

Bank of England memiliki sejumlah tanggung jawab, termasuk:

  • Mengeluarkan pound sterling
  • Menetapkan suku bunga
  • Mengelola cadangan devisa
  • Mengawasi sistem keuangan

Bank of England memainkan peran penting dalam perekonomian Inggris. Bank ini membantu menjaga stabilitas pound sterling dan sistem keuangan. Bank ini juga memberikan saran kepada pemerintah mengenai kebijakan ekonomi.

Baca Juga :  Ada Berapa Planet di Tata Surya Kita?

Bank of England adalah lembaga yang dihormati dan dipercaya. Bank ini memiliki reputasi yang kuat dalam mengelola mata uang dan sistem keuangan.

Tersedia dalam subsidibentuk koin dan eupang kertas

Pound diuangkan dalam dua pormat, yakni koin dan euaang kertas.

  • Koin

    Koin pound tersedia dalam denominasi 1p, 2p, 5p, 10p, 20p, 50p, 1 pound, dan 2 pound. Koin pound terbuat dari paduan logam yang kuat dan tahan korosi.

  • Uang kertas

    Uang kertas pound tersedia dalam denominasi 5 pound, 10 pound, 20 pound, 50 pound, dan 100 pound. Uang kertas pound terbuat dari polimer, yang lebih tahan air dan tahan sobek dibandingkan kertas.

Koin dan euang kertas pound dapat oidunakan untuk transaksi sehari-hari. Mereka juga diterima sebagai pembayaran di sebagian besar toko dan restoran di Inggris.

Koin tersedia dalam denominasi 1p hingga £2

Koin pound tersedia dalam berbagai denominasi, mulai dari 1p hingga £2. Setiap denominasi koin memiliki ukuran, berat, dan komposisi yang unik.

  • 1p

    Koin 1p adalah koin terkecil dan bernilai terendah dalam denominasi koin pound. Koin 1p terbuat dari baja berlapis tembaga dan memiliki berat 3,56 gram.

  • 2p

    Koin 2p sedikit lebih besar dari koin 1p dan terbuat dari baja berlapis nikel. Koin 2p memiliki berat 7,12 gram.

  • 5p

    Koin 5p berukuran lebih besar dari koin 2p dan terbuat dari campuran tembaga dan nikel. Koin 5p memiliki berat 3,25 gram.

  • 10p

    Koin 10p berukuran lebih besar dari koin 5p dan terbuat dari campuran perunggu dan aluminium. Koin 10p memiliki berat 6,50 gram.

  • 20p

    Koin 20p berukuran lebih besar dari koin 10p dan terbuat dari campuran cupronickel. Koin 20p memiliki berat 5,00 gram.

  • 50p

    Koin 50p adalah koin terbesar dan terberat dalam denominasi koin pound. Koin 50p terbuat dari campuran logam yang disebut “cupro-nikel”.

  • £1

    Koin £1 diperkenalkan pada tahun 1983 dan merupakan koin pertama di Inggris yang berbentuk dua belas sisi. Koin £1 terbuat dari logam berwarna emas.

  • £2

    Koin £2 diperkenalkan pada tahun 1997 dan merupakan koin terbesar dalam denominasi koin pound. Koin £2 terbuat dari logam berwarna perak.

Koin pound dalam berbagai denominasi ini memudahkan untuk melakukan transaksi tunai dalam jumlah berapa pun.

Uang kertas tersedia dalam denominasi £5 hingga £100

Uang kertas pound tersedia dalam berbagai denominasi, mulai dari £5 hingga £100. Setiap denominasi uang kertas memiliki ukuran, warna, dan fitur keamanan yang unik.

  • £5

    Uang kertas £5 adalah uang kertas pound dengan nilai terendah. Uang kertas £5 berwarna biru dan berukuran 135 mm x 70 mm. Uang kertas £5 memiliki fitur keamanan seperti benang pengaman dan tanda air.

  • £10

    Uang kertas £10 berwarna oranye dan berukuran 142 mm x 75 mm. Uang kertas £10 memiliki fitur keamanan seperti benang pengaman, tanda air, dan holograf.

  • £20

    Uang kertas £20 berwarna ungu dan berukuran 149 mm x 80 mm. Uang kertas £20 memiliki fitur keamanan seperti benang pengaman, tanda air, dan foil logam.

  • £50

    Uang kertas £50 berwarna merah dan berukuran 156 mm x 85 mm. Uang kertas £50 memiliki fitur keamanan seperti benang pengaman, tanda air, dan foil logam.

  • £100

    Uang kertas £100 adalah uang kertas pound dengan nilai tertinggi. Uang kertas £100 berwarna hijau dan berukuran 163 mm x 90 mm. Uang kertas £100 memiliki fitur keamanan seperti benang pengaman, tanda air, dan foil logam.

Baca Juga :  Selamat Idul Fitri Bahasa Inggris

Uang kertas pound dalam berbagai denominasi ini memudahkan untuk melakukan transaksi tunai dalam jumlah berapa pun.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang mata uang Inggris:

Pertanyaan 1: Apa mata uang Inggris?
Mata uang Inggris adalah pound sterling, yang dilambangkan dengan simbol £.

Pertanyaan 2: Berapa nilai tukar pound sterling terhadap rupiah Indonesia?
Nilai tukar pound sterling terhadap rupiah Indonesia berfluktuasi, tetapi biasanya sekitar Rp19.000 per £1.

Pertanyaan 3: Di mana saya bisa menukarkan mata uang asing ke pound sterling?
Anda dapat menukarkan mata uang asing ke pound sterling di bank, kantor penukaran mata uang, atau melalui layanan penukaran mata uang online.

Pertanyaan 4: Apakah pound sterling mata uang yang stabil?
Ya, pound sterling adalah mata uang yang stabil dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Pertanyaan 5: Apa saja denominasi koin dan uang kertas pound sterling?
Koin pound sterling tersedia dalam denominasi 1p, 2p, 5p, 10p, 20p, 50p, £1, dan £2. Uang kertas pound sterling tersedia dalam denominasi £5, £10, £20, £50, dan £100.

Pertanyaan 6: Di mana saya bisa menggunakan pound sterling?
Pound sterling dapat digunakan di Inggris dan di banyak negara lain di seluruh dunia. Namun, beberapa negara mungkin tidak menerima pound sterling sebagai alat pembayaran, jadi sebaiknya periksa sebelum Anda bepergian.

Pertanyaan 7: Apa saja tips untuk menukarkan mata uang asing ke pound sterling dengan nilai tukar yang baik?
Beberapa tips untuk menukarkan mata uang asing ke pound sterling dengan nilai tukar yang baik meliputi:

  • Bandingkan nilai tukar dari beberapa bank dan kantor penukaran mata uang.
  • Tukarkan mata uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan nilai tukar yang lebih baik.
  • Hindari menukarkan mata uang di bandara, karena nilai tukarnya biasanya lebih rendah.

Closing Paragraph for FAQ

{transition paragraph}

Tips

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk menggunakan mata uang Inggris:

Tip 1: Selalu tukarkan mata uang Anda ke pound sterling sebelum Anda bepergian ke Inggris. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan nilai tukar yang lebih baik dan menghindari biaya penukaran mata uang di bandara.

Tip 2: Bawa uang tunai dalam denominasi kecil. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran kecil, seperti untuk membeli makanan atau transportasi.

Tip 3: Gunakan kartu kredit atau debit untuk pembayaran besar. Ini adalah cara yang aman dan nyaman untuk membayar barang dan jasa di Inggris.

Tip 4: Berhati-hatilah terhadap penipuan. Selalu periksa uang kertas dan koin Anda sebelum menerimanya, dan waspadalah terhadap orang yang mencoba menukar uang dengan nilai tukar yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Closing Paragraph for Tips

{transition paragraph}

Kesimpulan

Pound sterling adalah mata uang yang kuat dan stabil, dan merupakan salah satu mata uang paling penting di dunia. Pound sterling banyak digunakan dalam perdagangan internasional, dan merupakan mata uang cadangan dunia terbanyak kedua.

Pound sterling dibagi menjadi 100 pence, dan tersedia dalam bentuk koin dan uang kertas. Koin pound sterling tersedia dalam denominasi 1p hingga £2, sedangkan uang kertas pound sterling tersedia dalam denominasi £5 hingga £100.

Pound sterling dikeluarkan oleh Bank of England, yang merupakan bank sentral Inggris. Pound sterling adalah mata uang yang aman dan dapat diandalkan, dan digunakan secara luas di Inggris dan di seluruh dunia.

Closing Message


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags