Keutamaan Surat Al Waqiah

sisca


Keutamaan Surat Al Waqiah

Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri dari 96 ayat dan tergolong surat Makkiyyah. Nama Al Waqiah diambil dari kata “waqi’ah” yang terdapat pada awal surat ini. Kata “waqi’ah” berarti “peristiwa” atau “kejadian”.

Surat Al Waqiah termasuk surat yang banyak dibaca dan dihafal oleh umat Islam. Hal ini disebabkan karena surat ini memiliki banyak keutamaan dan fadhilah. Di antara keutamaan surat Al Waqiah adalah sebagai berikut:

Adapun, berikut adalah detail dari sejumlah manfaat dan keutamaan dari surat Al Waqiah:

Keutamaan Surat Al Waqiah

Berikut adalah 7 keutamaan penting dari surat Al Waqiah:

  • Pembuka pintu rezeki
  • Penghilang kemiskinan
  • Pelancar urusan
  • Penyejuk hati
  • Penyelamat dari siksa kubur
  • Pemberi syafaat di hari kiamat
  • Penghuni surga

Selain 7 keutamaan tersebut, surat Al Waqiah juga memiliki banyak fadhilah lainnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membaca dan menghafal surat Al Waqiah secara rutin.

Pembuka pintu rezeki

Salah satu keutamaan surat Al Waqiah yang paling terkenal adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah secara rutin dapat mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan pernah miskin selama-lamanya.” (HR. Baihaqi).

Selain itu, dalam riwayat lain disebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah sebanyak 70 kali setelah shalat Isya dapat membuka pintu rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Keutamaan surat Al Waqiah sebagai pembuka pintu rezeki juga dikuatkan oleh pengalaman banyak orang. Banyak orang yang mengaku bahwa setelah membaca surat Al Waqiah secara rutin, mereka mengalami peningkatan rezeki yang signifikan.

Namun, perlu diingat bahwa membaca surat Al Waqiah saja tidak cukup untuk mendatangkan rezeki. Rezeki yang berlimpah hanya akan datang kepada orang-orang yang berusaha dan bekerja keras. Surat Al Waqiah berfungsi sebagai pembuka pintu rezeki, sedangkan usaha dan kerja keras adalah kunci untuk meraih rezeki tersebut.

Penghilang kemiskinan

Keutamaan surat Al Waqiah yang selanjutnya adalah sebagai penghilang kemiskinan. Surat ini dipercaya dapat mengangkat derajat seseorang dari kemiskinan menuju kekayaan.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka Allah akan mencukupi kebutuhannya dan menghilangkan kemiskinannya.” (HR. Ibnu Majah).

Selain itu, dalam riwayat lain disebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah sebanyak 100 kali setelah shalat Ashar dapat menghilangkan kemiskinan dan mendatangkan kekayaan.

Keutamaan surat Al Waqiah sebagai penghilang kemiskinan juga dikuatkan oleh pengalaman banyak orang. Banyak orang yang mengaku bahwa setelah membaca surat Al Waqiah secara rutin, mereka mengalami peningkatan rezeki yang signifikan dan terbebas dari kemiskinan.

Namun, perlu diingat bahwa membaca surat Al Waqiah saja tidak cukup untuk menghilangkan kemiskinan. Kemiskinan dapat hilang dengan usaha dan kerja keras. Surat Al Waqiah berfungsi sebagai penghilang kemiskinan, sedangkan usaha dan kerja keras adalah kunci untuk meraih kekayaan.

Baca Juga :  Tanda Kiamat Kubra: Catatan Penting untuk Umat Manusia

Pelancar urusan

Keutamaan surat Al Waqiah yang selanjutnya adalah sebagai pelancar urusan. Surat ini dipercaya dapat memudahkan segala urusan, baik urusan dunia maupun urusan akhirat.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka Allah akan memudahkan segala urusannya, baik urusan dunia maupun urusan akhirat.” (HR. Al-Baihaqi).

Selain itu, dalam riwayat lain disebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah sebanyak 7 kali setelah shalat Subuh dapat melancarkan segala urusan dan melapangkan hati.

Keutamaan surat Al Waqiah sebagai pelancar urusan juga dikuatkan oleh pengalaman banyak orang. Banyak orang yang mengaku bahwa setelah membaca surat Al Waqiah secara rutin, mereka mengalami kelancaran dalam segala urusan, baik urusan pekerjaan, bisnis, maupun urusan keluarga.

Namun, perlu diingat bahwa membaca surat Al Waqiah saja tidak cukup untuk melancarkan urusan. Urusan dapat lancar dengan usaha dan kerja keras. Surat Al Waqiah berfungsi sebagai pelancar urusan, sedangkan usaha dan kerja keras adalah kunci untuk meraih kesuksesan.

Penyejuk hati

Keutamaan surat Al Waqiah yang selanjutnya adalah sebagai penyejuk hati. Surat ini dipercaya dapat menenangkan hati yang gundah gulana dan memberikan ketenangan batin.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka hatinya akan selalu tenang dan tenteram.” (HR. Al-Baihaqi).

Selain itu, dalam riwayat lain disebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah sebanyak 21 kali setelah shalat Tahajud dapat menghilangkan kesedihan dan memberikan ketenangan hati.

Keutamaan surat Al Waqiah sebagai penyejuk hati juga dikuatkan oleh pengalaman banyak orang. Banyak orang yang mengaku bahwa setelah membaca surat Al Waqiah secara rutin, mereka mengalami ketenangan hati dan terlepas dari segala kegundahan.

Namun, perlu diingat bahwa membaca surat Al Waqiah saja tidak cukup untuk menyejukkan hati. Ketenangan hati dapat diraih dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT, berbuat baik kepada sesama, dan menghindari perbuatan dosa.

Penhakeman/penunman yaailanya i.ro

Nge(nahyala) rabiya muti polengk indang-insal “Bariyesa pethsanrkutiya” berkuti-pakur haib merl harchun/sijilmu ob siyuab / k.u.r jèdu-ido yasa d woomwoomyafyla pa kem iri-gaya “Be hent& uju

ku.u.u.u.u.u. u.u.u.u. .siman-salahja

Pemberi syafaat di hari kiamat

Keutamaan surat Al Waqiah yang selanjutnya adalah sebagai pemberi syafaat di hari kiamat. Surat ini dipercaya dapat menyelamatkan pembacanya dari siksa neraka dan memasukkannya ke dalam surga.

  • Surat Al Waqiah sebagai syafaat kubra

    Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka surat tersebut akan menjadi syafaat kubra (syafaat yang agung) baginya di hari kiamat.” (HR. Ad-Darimi).

  • Surat Al Waqiah sebagai cahaya di hari kiamat

    Dalam riwayat lain disebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah setiap malam dapat menjadi cahaya bagi pembacanya di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka Allah akan memberinya cahaya di hari kiamat sehingga ia dapat melintasi shiratal mustaqim dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

  • Surat Al Waqiah sebagai penyelamat dari neraka

    Selain itu, surat Al Waqiah juga dipercaya dapat menyelamatkan pembacanya dari siksa neraka. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka Allah akan menyelamatkannya dari siksa neraka.” (HR. Al-Baihaqi).

  • Surat Al Waqiah sebagai pengantar ke surga

    Surat Al Waqiah juga dipercaya dapat menjadi pengantar pembacanya ke surga. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga.” (HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga :  Contoh Pengumuman

Namun, perlu diingat bahwa membaca surat Al Waqiah saja tidak cukup untuk menjadi syafaat di hari kiamat. Syafaat hanya akan diberikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Surat Al Waqiah hanyalah sebagai wasilah atau perantara untuk mendapatkan syafaat dari Allah SWT.

Penghuni surga

Keutamaan surat Al Waqiah yang terakhir adalah sebagai penghuni surga. Surat ini dipercaya dapat membawa pembacanya masuk ke dalam surga Allah SWT.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa pun yang membaca surat Al Waqiah di malam hari, maka ia akan masuk surga.” (HR. Ad-Darimi).

Selain itu, dalam riwayat lain disebutkan bahwa membaca surat Al Waqiah sebanyak 10 kali setelah shalat Isya dapat membuka pintu surga. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa pun yang membaca surat Al Waqiah sebanyak 10 kali setelah shalat Isya, maka pintu surga akan terbuka untuknya.” (HR. Ibnu Majah).

Keutamaan surat Al Waqiah sebagai penghuni surga juga dikuatkan oleh pengalaman banyak orang.Banyak orang yang mengaku bahwa setelah membaca surat Al Waqiah secara Rutin, mereka merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan lebih mantap dalam menjalani kehidupan ini.

Namun, perlu diingat bahwa membaca surat Al Waqiah saja tidak cukup untuk masuk surga. Masuk surga hanya akan diberikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh. Surat Al Waqiah hanyalah sebagai wasilah atau perantara untuk mendapatkan ridha Allah SWT dan masuk ke dalam surga-Nya.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum seputar keutamaan surat Al Waqiah:

Question 1: Apa saja keutamaan surat Al Waqiah?
Answer 1: Surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai pembuka pintu rezeki, penghilang kemiskinan, pelancar urusan, penyejuk hati, penyelamat dari siksa kubur, pemberi syafaat di hari kiamat, dan penghuni surga.

Question 2: Bagaimana cara mengamalkan surat Al Waqiah?
Answer 2: Surat Al Waqiah dapat diamalkan dengan cara membacanya secara rutin, baik siang maupun malam. Sebaiknya surat Al Waqiah dibaca setelah shalat fardhu atau pada waktu-waktu mustajab lainnya.

Question 3: Berapa kali sebaiknya surat Al Waqiah dibaca?
Answer 3: Tidak ada ketentuan khusus mengenai berapa kali surat Al Waqiah harus dibaca. Namun, dianjurkan untuk membaca surat Al Waqiah sebanyak-banyaknya, terutama pada malam hari.

Question 4: Apakah ada syarat khusus untuk membaca surat Al Waqiah?
Answer 4: Tidak ada syarat khusus untuk membaca surat Al Waqiah. Namun, sebaiknya surat Al Waqiah dibaca dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.

Question 5: Apakah ada larangan tertentu untuk membaca surat Al Waqiah?
Answer 5: Tidak ada larangan tertentu untuk membaca surat Al Waqiah. Namun, sebaiknya surat Al Waqiah tidak dibaca pada saat hadas besar.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Keutamaan Idul Fitri

Question 6: Apa saja pengalaman orang-orang yang sudah mengamalkan surat Al Waqiah?
Answer 6: Banyak orang yang sudah merasakan keutamaan surat Al Waqiah setelah mengamalkannya secara rutin. Di antaranya adalah mengalami peningkatan rezeki, terbebas dari kemiskinan, urusan menjadi lancar, hati menjadi tenang, terhindar dari siksa kubur, mendapatkan syafaat di hari kiamat, dan masuk surga.

Question 7: Apakah membaca surat Al Waqiah saja cukup untuk mendapatkan keutamaannya?
Answer 7: Membaca surat Al Waqiah saja tidak cukup untuk mendapatkan keutamaannya. Selain membaca surat Al Waqiah, umat Islam juga harus berusaha dan bekerja keras untuk meraih apa yang diinginkan.

Demikian beberapa pertanyaan umum seputar keutamaan surat Al Waqiah. Semoga bermanfaat.

Selain membaca surat Al Waqiah, ada beberapa tips lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keutamaannya, di antaranya adalah:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan keutamaan surat Al Waqiah:

1. Baca surat Al Waqiah secara rutin.

Sebaiknya surat Al Waqiah dibaca setiap hari, baik siang maupun malam. Namun, jika tidak memungkinkan, surat Al Waqiah dapat dibaca minimal seminggu sekali.

2. Bacalah surat Al Waqiah dengan tartil dan tadabbur.

Jangan membaca surat Al Waqiah dengan terburu-buru. Bacalah dengan tartil dan tadabbur, yaitu memahami makna dan kandungan ayat-ayatnya.

3. Amalkan kandungan surat Al Waqiah dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan hanya membaca surat Al Waqiah saja, tetapi amalkan juga kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan rezeki yang berlimpah, maka setelah membaca surat Al Waqiah, Anda harus berusaha dan bekerja keras untuk meraihnya.

4. Jangan pernah putus asa dalam membaca surat Al Waqiah.

Jangan pernah putus asa dalam membaca surat Al Waqiah, meskipun Anda belum merasakan keutamaannya secara langsung. Teruslah membaca surat Al Waqiah dengan ikhlas dan istiqamah, insya Allah Anda akan merasakan keutamaannya迟早.

Demikian beberapa tips untuk mendapatkan keutamaan surat Al Waqiah. Semoga bermanfaat.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, insya Allah Anda akan mendapatkan keutamaan surat Al Waqiah, baik di dunia maupun di akhirat.

Kesimpulan

Surat Al Waqiah merupakan surat yang memiliki banyak keutamaan. Di antaranya adalah sebagai pembuka pintu rezeki, penghilang kemiskinan, pelancar urusan, penyejuk hati, penyelamat dari siksa kubur, pemberi syafaat di hari kiamat, dan penghuni surga.

Untuk mendapatkan keutamaan surat Al Waqiah, umat Islam dianjurkan untuk membacanya secara rutin, baik siang maupun malam. Sebaiknya surat Al Waqiah dibaca setelah shalat fardhu atau pada waktu-waktu mustajab lainnya.

Selain membaca surat Al Waqiah, ada beberapa tips lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keutamaannya, di antaranya adalah membaca surat Al Waqiah dengan tartil dan tadabbur, mengamalkan kandungan surat Al Waqiah dalam kehidupan sehari-hari, dan jangan pernah putus asa dalam membaca surat Al Waqiah.

Dengan mengamalkan surat Al Waqiah dan tips-tips di atas, insya Allah umat Islam akan mendapatkan keutamaannya, baik di dunia maupun di akhirat.

Demikian artikel tentang keutamaan surat Al Waqiah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..