Ketahui Doa sholat hajat beserta arab, latin, dan artinya

sisca

Dalam agama Islam, sholat hajat merupakan ibadah sunnah yang dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT agar hajat atau keinginan tertentu dapat terkabul. Sholat ini disertai dengan doa sholat hajat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa Niat Sholat Hajat
Doa Niat Sholat Hajat

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan sholat hajat?

Waktu yang tepat untuk melakukan sholat hajat adalah di luar waktu-waktu yang dilarang untuk sholat, yaitu:

  • Selepas sholat subuh hingga matahari terbit.
  • Ketika matahari tepat di atas kepala.
  • Selepas waktu ashar hingga matahari terbenam.
  • Ketika matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna.

Adapun waktu terbaik untuk sholat hajat adalah pada malam hari, terutama di sepertiga bagian terakhir malam. Ini adalah saat ketika doa-doa diharapkan lebih mustajab, dan Allah SWT lebih mengabulkan hajatnya.

Oleh karena itu, banyak yang memilih untuk melaksanakan sholat hajat bersamaan dengan sholat tahajud pada waktu tersebut. Semoga informasi ini membantu Anda dalam melaksanakan ibadah sholat hajat. Amin.

Empat Aspek Doa Sholat Hajat

Doa merupakan sarana komunikasi antara hamba dan Tuhannya, terutama doa ini yang dilakukan saat sholat hajat, dimana seseorang memohon kepada Allah SWT dengan penuh kerendahan hati. Berikut adalah empat aspek penting yang sering diungkapkan dalam doa sholat hajat:

  • Memohon pemenuhan hajat
  • Mencari perlindungan dari dosa
  • Meminta rahmat dan maghfirah
  • Berdoa dengan tawadhu
Baca Juga :  Doa Setelah Sholat Tarawih

Setiap aspek memiliki makna yang mendalam dan refleksi dari kebutuhan spiritual kita. Mari kita jelajahi masing-masing aspek tersebut:

1. Memohon Pemenuhan Hajat

Memohon Pemenuhan Hajat – Dalam doa ini, kita secara khusus meminta kepada Allah SWT agar hajat atau keinginan yang kita miliki dapat terkabul. Ini merupakan ekspresi dari kepercayaan kita bahwa hanya Allah yang mampu mengabulkan segala permintaan.

2. Mencari Perlindungan dari Dosa

Mencari Perlindungan dari Dosa – Doa ini juga dijadikan sarana untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat, baik yang disadari maupun tidak.

3. Meminta Rahmat dan Maghfirah

Meminta Rahmat dan Maghfirah – Kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan rahmat dan diampuni segala dosa, sehingga kita dapat hidup dengan lebih tenang dan damai tanpa beban dosa yang menghantui.

4. Berdoa dengan Tawadhu

Berdoa dengan Tawadhu – Doa ini diajarkan untuk dilakukan dengan penuh kerendahan hati, mengakui bahwa kita adalah makhluk yang lemah dan membutuhkan pertolongan serta bimbingan dari Allah SWT.

Itulah keempat aspek yang seringkali menjadi inti dari doa sholat hajat. Semoga kita dapat mengamalkannya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan hati.

Mengamalkan sholat hajat
Mengamalkan sholat hajat

Bagaimana cara melakukan doa sholat hajat?

Untuk melakukan doa sholat hajat, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Niat Sholat Hajat

Niatkan di dalam hati untuk melakukan sholat hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Berikut adalah niat sholat hajat dalam bahasa Arab, latin, dan artinya:

Bahasa Arab:

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Hajat dalam bahasa latin: Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Baca Juga :  Hafal serta Amalkanlah 99 Asmaul husna dan artinya

Bacaan ini dibaca pelan saat takbiratul ihram dan merupakan bagian penting dari persiapan sholat hajat.

Tata Cara Sholat Hajat

  • Lakukan urutan sholat seperti biasa, mulai dari takbiratul ihram, membaca doa iftitah, surat Al-Fatihah, dan membaca salah satu surat di dalam Al-Quran.
  • Dalam hadits yang diriwayatkan Wahib bin Al Ward, disebutkan bahwa doa yang dikabulkan adalah doa dari seorang hamba yang sholat 12 rakaat dengan membaca ayat Kursi dan surat Al-Ikhlas di tiap rakaatnya.
  • Setelah itu, lakukan ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, kemudian bangkit dan lakukan rakaat kedua dengan cara sholat yang sama.

Doa Sholat Hajat yang Mustajab

  • Setelah melaksanakan sholat hajat, duduk dengan khusyuk dan membaca istighfar sebanyak 100 kali atau sekurangnya 33 kali.
  • Kemudian, selesai membaca istighfar, dilanjutkan dengan membaca sholawat atas Rasulullah SAW sebanyak 100 kali atau sekurang-kurangnya 33 kali.
  • Setelah itu, membaca doa yang diriwayatkan Tirmidzi dan Ibnu Abu Aufa.

Itulah tata cara melakukan sholat hajat yang dapat Anda amalkan. Semoga Allah SWT mengabulkan doa dan hajat Anda. Amin.

Doa setelah sholat Hajat
Doa setelah sholat Hajat

Doa setelah sholat Hajat

Doa setelah sholat hajat dalam bahasa Arab, latin, dan artinya menurut NU adalah sebagai berikut:

Bahasa Arab:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:
“Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Doa setelah sholat Hajat dalam bahasa Latin:
Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Baca Juga :  Niat Sholat Idul Adha


Doa ini mengandung pujian kepada Allah, pengakuan keesaan-Nya, permohonan ampunan, dan permintaan pemenuhan hajat.

Baca Juga : Doa sholat dhuha dan artinya

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..