Cara Buat Gambar Zakat Kartun yang Menarik dan Berdampak

sisca


Cara Buat Gambar Zakat Kartun yang Menarik dan Berdampak

Gambar zakat kartun adalah representasi visual dari konsep zakat dalam bentuk kartun. Misalnya, gambar yang menunjukkan orang memberikan uang atau barang kepada orang miskin.

Gambar zakat kartun dapat menjadi alat yang efektif untuk mengedukasi masyarakat, terutama anak-anak, tentang pentingnya zakat. Gambar-gambar ini dapat membantu membuat konsep zakat menjadi lebih mudah dipahami dan menarik. Selain itu, gambar zakat kartun juga dapat digunakan untuk mempromosikan zakat dan mendorong orang untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Secara historis, gambar zakat kartun telah digunakan selama berabad-abad untuk mengajarkan tentang zakat. Misalnya, pada masa Kerajaan Ottoman, gambar-gambar ini banyak digunakan dalam buku-buku dan manuskrip untuk mengilustrasikan konsep zakat.

Gambar Zakat Kartun

Aspek-aspek penting dari gambar zakat kartun meliputi:

  • Edukatif
  • Informatif
  • Promosi
  • Humor
  • Kreativitas
  • Seni
  • Budaya
  • Sejarah
  • Sosial
  • Ekonomi

Gambar zakat kartun dapat digunakan sebagai alat untuk mengedukasi masyarakat tentang zakat, mempromosikan zakat, dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan zakat. Gambar-gambar ini juga dapat digunakan untuk mengkritisi praktik zakat yang tidak sesuai dengan syariat. Selain itu, gambar zakat kartun juga dapat digunakan sebagai media untuk mengekspresikan kreativitas dan seni.

Edukatif

Gambar zakat kartun memiliki aspek edukatif yang penting, yaitu kemampuannya untuk mengedukasi masyarakat tentang zakat. Edukasi ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti:

  • Penyampaian informasi dasar
    Gambar zakat kartun dapat menyampaikan informasi dasar tentang zakat, seperti pengertian, hukum, dan cara penyalurannya.
  • Contoh nyata
    Gambar zakat kartun dapat memberikan contoh nyata penerapan zakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masyarakat dapat lebih memahami bagaimana zakat dipraktikkan.
  • Dampak positif
    Gambar zakat kartun dapat menunjukkan dampak positif zakat bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial.
  • Penanaman nilai
    Gambar zakat kartun dapat menanamkan nilai-nilai zakat, seperti kepedulian, berbagi, dan tolong-menolong, kepada masyarakat.

Dengan demikian, gambar zakat kartun dapat menjadi alat yang efektif untuk mengedukasi masyarakat tentang zakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan zakat.

Informatif

Gambar zakat kartun memiliki aspek informatif yang penting, yaitu kemampuannya untuk memberikan informasi tentang zakat kepada masyarakat. Informasi ini dapat disampaikan melalui berbagai cara, seperti:

  • Pengertian dan hukum zakat

    Gambar zakat kartun dapat memberikan informasi tentang pengertian zakat, hukum zakat, dan jenis-jenis harta yang wajib dizakati.

  • Cara menghitung dan menyalurkan zakat

    Gambar zakat kartun dapat memberikan informasi tentang cara menghitung zakat dan menyalurkan zakat kepada yang berhak menerimanya.

  • Dampak positif zakat

    Gambar zakat kartun dapat memberikan informasi tentang dampak positif zakat bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial.

  • Penerapan zakat dalam kehidupan sehari-hari

    Gambar zakat kartun dapat memberikan informasi tentang contoh nyata penerapan zakat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga masyarakat dapat lebih memahami bagaimana zakat dipraktikkan.

Dengan demikian, gambar zakat kartun dapat menjadi alat yang efektif untuk memberikan informasi tentang zakat kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan zakat.

Promosi

Promosi adalah salah satu aspek penting dalam penyebaran informasi tentang zakat. Gambar zakat kartun dapat menjadi media promosi yang efektif karena dapat menarik perhatian masyarakat dan menyampaikan pesan tentang zakat dengan cara yang mudah dipahami. Promosi gambar zakat kartun dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti media sosial, website, dan aplikasi pesan instan.

Promosi gambar zakat kartun memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang zakat
  • Mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan zakat
  • Menanamkan nilai-nilai zakat kepada masyarakat

Beberapa contoh nyata promosi gambar zakat kartun adalah:

  • Pembuatan dan penyebaran poster, brosur, dan stiker bergambar zakat kartun
  • Pembuatan video animasi zakat kartun yang diunggah di media sosial
  • Penyelenggaraan lomba membuat gambar zakat kartun

Dengan demikian, promosi gambar zakat kartun memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang zakat dan mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan zakat. Hal ini sejalan dengan tujuan syariat Islam yang menganjurkan umat Islam untuk saling tolong-menolong dan berbagi kepada sesama.

Humor

Humor merupakan aspek penting dalam gambar zakat kartun karena dapat membuat pesan tentang zakat menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Humor dapat disampaikan melalui berbagai cara, seperti penggunaan kata-kata yang lucu, gambar yang menggelikan, atau situasi yang tidak terduga.

  • Kelucuan Verbal

    Kelucuan verbal dalam gambar zakat kartun dapat berupa penggunaan kata-kata yang lucu, plesetan, atau permainan kata-kata.

  • Gambar Menggelikan

    Gambar yang menggelikan dalam gambar zakat kartun dapat berupa penggambaran tokoh yang lucu, situasi yang konyol, atau penggunaan simbol-simbol yang mengundang tawa.

  • Situasi Tidak Terduga

    Situasi yang tidak terduga dalam gambar zakat kartun dapat berupa penggambaran tokoh yang melakukan sesuatu yang tidak biasa atau terjadi hal-hal yang di luar dugaan.

  • Satire

    Satire dalam gambar zakat kartun dapat berupa kritik atau sindiran terhadap praktik zakat yang tidak sesuai dengan syariat atau terhadap orang-orang yang enggan membayar zakat.

Baca Juga :  Tips Membuat Baner Zakat Fitrah yang Efektif dan Menarik

Humor dalam gambar zakat kartun dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

  • Menarik perhatian masyarakat
  • Membuat pesan tentang zakat lebih mudah dipahami
  • Menanamkan nilai-nilai zakat dengan cara yang lebih menyenangkan

Dengan demikian, humor memiliki peran penting dalam penyampaian pesan tentang zakat melalui gambar zakat kartun. Penggunaan humor yang tepat dapat membuat pesan tentang zakat lebih efektif dan berdampak.

Kreativitas

Kreativitas merupakan aspek penting dalam pembuatan gambar zakat kartun. Kreativitas memungkinkan para kreator untuk menghasilkan gambar-gambar yang unik, menarik, dan mudah dipahami. Kreativitas dalam gambar zakat kartun dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, antara lain:

  • Imajinasi

    Para kreator gambar zakat kartun menggunakan imajinasi untuk menciptakan tokoh, latar belakang, dan cerita yang menarik. Imajinasi memungkinkan mereka untuk menyampaikan pesan tentang zakat dengan cara yang baru dan tidak biasa.

  • Inovasi

    Para kreator gambar zakat kartun juga menggunakan inovasi untuk mengembangkan teknik dan gaya baru dalam menggambar. Inovasi memungkinkan mereka untuk membuat gambar-gambar yang lebih efektif dan berdampak.

  • Orisinalitas

    Gambar zakat kartun yang orisinal adalah gambar yang unik dan tidak menjiplak karya orang lain. Orisinalitas memungkinkan para kreator untuk menciptakan gambar-gambar yang berkesan dan mudah diingat.

  • Ekspresi Diri

    Gambar zakat kartun juga merupakan media bagi para kreator untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui gambar-gambar mereka, para kreator dapat menyampaikan pandangan dan perasaan mereka tentang zakat.

Kreativitas dalam gambar zakat kartun sangat penting karena memungkinkan para kreator untuk membuat gambar-gambar yang efektif, menarik, dan berdampak. Gambar-gambar ini dapat membantu untuk mengedukasi masyarakat tentang zakat, mempromosikan zakat, dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan zakat.

Seni

Seni memiliki hubungan yang erat dengan gambar zakat kartun. Seni dalam gambar zakat kartun dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti gambar yang indah, penggunaan warna yang menarik, dan komposisi yang harmonis. Seni dalam gambar zakat kartun berfungsi untuk memperkuat pesan tentang zakat dan membuatnya lebih menarik dan mudah dipahami.

Seni merupakan komponen penting dalam gambar zakat kartun karena dapat meningkatkan efektivitas penyampaian pesan. Gambar zakat kartun yang dibuat dengan baik dapat menarik perhatian masyarakat dan membuat mereka lebih tertarik untuk membaca dan memahami pesan tentang zakat. Selain itu, seni dalam gambar zakat kartun juga dapat membantu untuk menanamkan nilai-nilai zakat kepada masyarakat, seperti kepedulian, berbagi, dan tolong-menolong.

Contoh nyata seni dalam gambar zakat kartun dapat dilihat pada karya-karya kreator gambar zakat kartun ternama, seperti Abdillah M.S. Gambar-gambar zakat kartun karya Abdillah M.S. dikenal dengan gaya gambarnya yang khas dan penggunaan warna-warna yang cerah. Gambar-gambar tersebut berhasil menyampaikan pesan tentang zakat dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Dengan demikian, seni memiliki peran penting dalam gambar zakat kartun. Seni dapat memperkuat pesan tentang zakat, membuatnya lebih menarik dan mudah dipahami, serta membantu untuk menanamkan nilai-nilai zakat kepada masyarakat. Pemahaman tentang hubungan antara seni dan gambar zakat kartun dapat menjadi dasar bagi pengembangan gambar-gambar zakat kartun yang lebih efektif dan berdampak.

Budaya

Budaya memiliki hubungan yang erat dengan gambar zakat kartun. Budaya dapat memengaruhi gambar zakat kartun dalam berbagai hal, seperti gaya gambar, penggunaan simbol, dan tema cerita. Sebaliknya, gambar zakat kartun juga dapat memengaruhi budaya dengan cara mempromosikan nilai-nilai dan praktik budaya tertentu.

Salah satu contoh nyata pengaruh budaya terhadap gambar zakat kartun adalah penggunaan simbol-simbol budaya dalam gambar-gambar tersebut. Misalnya, dalam budaya Indonesia, gambar zakat kartun sering kali menggunakan simbol-simbol seperti masjid, sarung, dan peci. Simbol-simbol ini digunakan untuk mewakili nilai-nilai budaya dan agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, gambar zakat kartun juga dapat digunakan untuk mempromosikan nilai-nilai dan praktik budaya tertentu. Misalnya, gambar zakat kartun dapat digunakan untuk mengkampanyekan pentingnya zakat dalam Islam atau untuk mempromosikan praktik budaya seperti gotong royong dan saling membantu.

Dengan demikian, budaya dan gambar zakat kartun memiliki hubungan yang saling memengaruhi. Budaya dapat memengaruhi gambar zakat kartun, dan gambar zakat kartun juga dapat memengaruhi budaya. Pemahaman tentang hubungan ini dapat membantu kita untuk mengembangkan gambar zakat kartun yang lebih efektif dan berdampak, yang dapat digunakan untuk mempromosikan nilai-nilai dan praktik budaya yang positif.

Baca Juga :  Cara Hitung Zakat Beras Berapa Kilo yang Wajib Dikeluarkan

Sejarah

Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan gambar zakat kartun. Sejarah dapat memengaruhi gambar zakat kartun dalam berbagai hal, seperti tema cerita, tokoh yang digambarkan, dan latar belakang gambar. Sebaliknya, gambar zakat kartun juga dapat digunakan untuk menceritakan sejarah dan mengedukasi masyarakat tentang peristiwa-peristiwa sejarah.

Salah satu contoh nyata pengaruh sejarah terhadap gambar zakat kartun adalah penggunaan tokoh-tokoh sejarah dalam gambar-gambar tersebut. Misalnya, dalam gambar zakat kartun yang dibuat oleh kreator komik Indonesia, Mice Cartoon, terdapat tokoh Nabi Muhammad SAW yang digambarkan sedang menunaikan zakat. Gambar ini digunakan untuk menceritakan sejarah zakat dan mengajarkan masyarakat tentang pentingnya zakat dalam Islam.

Selain itu, gambar zakat kartun juga dapat digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang peristiwa-peristiwa sejarah. Misalnya, gambar zakat kartun yang dibuat oleh kreator komik Malaysia, Zunar, menggambarkan peristiwa Perang Badar. Gambar ini digunakan untuk menceritakan sejarah Perang Badar dan mengajarkan masyarakat tentang nilai-nilai keberanian dan pengorbanan dalam Islam.

Dengan demikian, sejarah dan gambar zakat kartun memiliki hubungan yang saling memengaruhi. Sejarah dapat memengaruhi gambar zakat kartun, dan gambar zakat kartun juga dapat digunakan untuk menceritakan sejarah dan mengedukasi masyarakat. Pemahaman tentang hubungan ini dapat membantu kita untuk mengembangkan gambar zakat kartun yang lebih efektif dan berdampak, yang dapat digunakan untuk mempromosikan nilai-nilai dan praktik sejarah yang positif.

Sosial

Aspek sosial merupakan salah satu aspek penting dalam gambar zakat kartun. Gambar zakat kartun dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai aspek kehidupan sosial, seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, dan kepedulian sosial.

  • Kemiskinan

    Gambar zakat kartun dapat menggambarkan kehidupan masyarakat miskin dan kesulitan yang mereka hadapi. Gambar-gambar ini dapat membangkitkan empati dan kepedulian masyarakat terhadap masalah kemiskinan.

  • Kesenjangan Sosial

    Gambar zakat kartun juga dapat menggambarkan kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat. Gambar-gambar ini dapat mengkritik praktik-praktik yang tidak adil dan mendorong masyarakat untuk memperjuangkan keadilan sosial.

  • Kepedulian Sosial

    Gambar zakat kartun dapat mempromosikan nilai-nilai kepedulian sosial, seperti berbagi, tolong-menolong, dan gotong royong. Gambar-gambar ini dapat menginspirasi masyarakat untuk saling membantu dan berkontribusi pada kesejahteraan sosial.

  • Kritik Sosial

    Gambar zakat kartun juga dapat digunakan untuk mengkritik praktik-praktik sosial yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam. Gambar-gambar ini dapat menjadi sarana untuk mengadvokasi perubahan sosial dan mendorong masyarakat untuk memperbaiki diri.

Dengan demikian, gambar zakat kartun memiliki peran penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Gambar-gambar ini dapat mengedukasi masyarakat tentang masalah-masalah sosial, mempromosikan nilai-nilai positif, dan mengadvokasi perubahan sosial. Dengan memahami aspek sosial dalam gambar zakat kartun, kita dapat memanfaatkan media ini secara efektif untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, peduli, dan sejahtera.

Ekonomi

Aspek ekonomi merupakan salah satu aspek penting dalam gambar zakat kartun. Gambar zakat kartun dapat digunakan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya zakat dalam perekonomian, mempromosikan zakat sebagai instrumen pemberdayaan ekonomi, dan mengkritik praktik ekonomi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.

  • Peran Zakat dalam Perekonomian

    Gambar zakat kartun dapat menggambarkan bagaimana zakat dapat memainkan peran penting dalam perekonomian dengan mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

  • Zakat sebagai Instrumen Pemberdayaan Ekonomi

    Gambar zakat kartun dapat menunjukkan bagaimana zakat dapat digunakan sebagai instrumen pemberdayaan ekonomi, seperti melalui pemberian modal usaha kepada masyarakat miskin atau pembiayaan pendidikan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.

  • Kritik Terhadap Praktik Ekonomi yang Tidak Sesuai Syariat

    Gambar zakat kartun juga dapat digunakan untuk mengkritik praktik ekonomi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, seperti penimbunan harta, riba, dan eksploitasi ekonomi.

Dengan demikian, gambar zakat kartun memiliki potensi besar untuk memengaruhi aspek ekonomi masyarakat. Gambar-gambar ini dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya zakat dalam perekonomian, mempromosikan zakat sebagai instrumen pemberdayaan ekonomi, dan mengadvokasi praktik ekonomi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Dengan memahami aspek ekonomi dalam gambar zakat kartun, kita dapat memanfaatkan media ini secara efektif untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, sejahtera, dan sesuai dengan ajaran Islam.

Pertanyaan Umum tentang Gambar Zakat Kartun

Pertanyaan Umum (FAQ) ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dan klarifikasi tentang gambar zakat kartun. FAQ ini akan membahas berbagai topik, termasuk pengertian, manfaat, dan peran gambar zakat kartun dalam masyarakat.Mari kita simak pertanyaan dan jawabannya:

Baca Juga :  Tari Kecak

Pertanyaan 1: Apa itu gambar zakat kartun?

Jawaban: Gambar zakat kartun adalah representasi visual dari konsep zakat dalam bentuk kartun. Gambar-gambar ini dapat digunakan untuk mengedukasi masyarakat, mempromosikan zakat, dan mengkritisi praktik zakat yang tidak sesuai dengan syariat.

Pertanyaan 2: Apa manfaat gambar zakat kartun?

Jawaban: Gambar zakat kartun memiliki banyak manfaat, antara lain mengedukasi masyarakat tentang zakat, mempromosikan zakat, menanamkan nilai-nilai zakat, dan mengkritisi praktik zakat yang tidak sesuai dengan syariat.

Pertanyaan 3: Apa peran gambar zakat kartun dalam masyarakat?

Jawaban: Gambar zakat kartun memiliki peran penting dalam masyarakat, antara lain sebagai media edukasi, promosi, kritik, dan penanaman nilai-nilai zakat.

Pertanyaan 4: Siapa saja yang dapat membuat gambar zakat kartun?

Jawaban: Gambar zakat kartun dapat dibuat oleh siapa saja, termasuk kreator komik, ilustrator, dan masyarakat umum yang memiliki kemampuan menggambar dan pemahaman tentang zakat.

Pertanyaan 5: Di mana kita dapat menemukan gambar zakat kartun?

Jawaban: Gambar zakat kartun dapat ditemukan di berbagai platform, seperti media sosial, situs web, dan buku-buku.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menggunakan gambar zakat kartun secara efektif?

Jawaban: Gambar zakat kartun dapat digunakan secara efektif dengan memperhatikan konteks, target audiens, dan tujuan yang ingin dicapai.

Demikianlah Pertanyaan Umum tentang Gambar Zakat Kartun. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang gambar zakat kartun dan perannya dalam masyarakat. Untuk pembahasan lebih lanjut, kita akan membahas tentang sejarah dan perkembangan gambar zakat kartun di bagian berikutnya.

Sejarah dan Perkembangan Gambar Zakat Kartun

Tips dalam Membuat Gambar Zakat Kartun yang Efektif

Dalam membuat gambar zakat kartun yang efektif, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

Tip 1: Pahami Konsep Zakat dengan Baik
Sebelum membuat gambar zakat kartun, pastikan untuk memahami konsep zakat dengan baik. Hal ini penting agar gambar yang dibuat sesuai dengan syariat Islam dan dapat menyampaikan pesan yang tepat.

Tip 2: Tentukan Target Audiens
Tentukan target audiens yang ingin dituju dengan gambar zakat kartun. Hal ini akan membantu dalam menentukan gaya gambar, bahasa, dan pesan yang digunakan.

Tip 3: Gunakan Humor secara Bijak
Humor dapat menjadi salah satu cara untuk membuat gambar zakat kartun lebih menarik. Namun, gunakan humor secara bijak agar tidak menyinggung atau mengurangi makna zakat.

Tip 4: Perhatikan Komposisi dan Estetika
Komposisi dan estetika gambar zakat kartun perlu diperhatikan agar enak dipandang dan mudah dipahami. Gunakan warna, bentuk, dan tata letak yang tepat.

Tip 5: Manfaatkan Teknologi
Manfaatkan teknologi untuk membuat gambar zakat kartun yang lebih menarik dan interaktif. Misalnya, gunakan animasi atau efek suara.

Tip 6: Kolaborasi dengan Pihak Lain
Kolaborasi dengan pihak lain, seperti penulis atau desainer grafis, dapat memperkaya gambar zakat kartun yang dibuat.

Tip 7: Evaluasi dan Perbarui
Setelah gambar zakat kartun dibuat, lakukan evaluasi dan pembaruan secara berkala agar tetap relevan dan menarik.

Tip 8: Sebarkan secara Luas
Sebarkan gambar zakat kartun secara luas melalui berbagai platform untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat gambar zakat kartun yang efektif untuk mengedukasi masyarakat, mempromosikan zakat, dan menanamkan nilai-nilai zakat.

Tips-tips ini sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam pembuatan gambar zakat kartun. Dengan memahami dan menerapkan tips-tips ini, maka gambar zakat kartun yang dihasilkan akan dapat menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan berdampak.

Kesimpulan

Gambar zakat kartun berperan penting dalam mengedukasi masyarakat tentang zakat, mempromosikan zakat, mengkritisi praktik zakat yang tidak sesuai syariat, dan menanamkan nilai-nilai zakat. Gambar-gambar ini dapat digunakan secara efektif untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat, terutama anak-anak dan generasi muda.

Beberapa poin utama yang saling terkait dalam artikel ini adalah:

  1. Gambar zakat kartun dapat menyampaikan pesan tentang zakat dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.
  2. Gambar zakat kartun dapat digunakan untuk mempromosikan zakat dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan zakat.
  3. Gambar zakat kartun dapat mengkritisi praktik zakat yang tidak sesuai syariat dan menanamkan nilai-nilai zakat kepada masyarakat.

Dengan memahami potensi dan peran gambar zakat kartun, kita dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan media ini untuk menyebarkan kesadaran tentang zakat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan zakat. Mari kita terus berkreasi dan berinovasi untuk menjadikan gambar zakat kartun sebagai sarana yang semakin efektif dalam mempromosikan zakat dan membangun masyarakat yang lebih sejahtera dan sesuai dengan ajaran Islam.



Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..