Doa Setelah Sholat Tarawih

sisca


Doa Setelah Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan. Selain pahalanya yang besar, sholat ini juga memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Setelah melaksanakan sholat Tarawih, sangat dianjurkan untuk membaca doa. Doa ini ditujukan untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan, serta untuk mendapatkan pahala yang lebih besar.

Berikut ini adalah doa setelah sholat Tarawih yang bisa dibaca:

Doa Sesudah Sholat Tarawih

Doa setelah sholat Tarawih memiliki banyak keutamaan. Di antaranya adalah untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan, serta untuk mendapatkan pahala yang lebih besar.

  • Menghapus dosa
  • Mendapat pahala besar
  • Menjadi lebih dekat dengan Allah SWT
  • Merasakan ketenangan hati
  • Mendapat syafaat di hari kiamat
  • Memperoleh ridha Allah SWT
  • Menjadi lebih bertaqwa
  • Memperkuat iman

Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih, semoga kita semua dapat memperoleh keberkahan dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Menghapus dosa

Salah satu keutamaan membaca doa setelah sholat Tarawih adalah untuk menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW:

“Barangsiapa melaksanakan sholat Tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa dosa-dosa yang diampuni setelah sholat Tarawih adalah dosa-dosa yang telah lalu, yaitu dosa-dosa yang dilakukan sebelum mengerjakan sholat Tarawih. Pengampunan dosa ini tidak terbatas pada dosa-dosa kecil saja, tetapi juga mencakup dosa-dosa besar.

Namun, perlu diingat bahwa pengampunan dosa setelah sholat Tarawih tidak serta merta menghapus kewajiban kita untuk bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Taubat dan istighfar tetap harus dilakukan untuk mendapatkan ampunan yang sempurna dari Allah SWT.

Selain itu, pengampunan dosa setelah sholat Tarawih juga bergantung pada kualitas sholat Tarawih yang kita kerjakan. Sholat Tarawih yang dikerjakan dengan khusyuk, tawadhu, dan ikhlas akan lebih besar kemungkinan untuk menghapus dosa-dosa kita.

Mendapat pahala besar

Selain menghapus dosa, membaca doa setelah sholat Tarawih juga dapat memberikan pahala yang besar. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW:

“Barangsiapa mengerjakan sholat Tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa membaca doa setelah sholat Tarawih, maka doanya akan dikabulkan.” (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa membaca doa setelah sholat Tarawih merupakan salah satu amalan yang dapat memberikan pahala yang besar. Pahala yang diberikan tidak hanya sebatas pahala membaca doa biasa, tetapi juga pahala yang menyertai sholat Tarawih itu sendiri.

Besarnya pahala membaca doa setelah sholat Tarawih juga sebanding dengan kualitas doa yang kita baca. Doa yang dipanjatkan dengan penuh kekhusyukan, keikhlasan, dan kerendahan hati akan lebih besar kemungkinan untuk dikabulkan dan mendatangkan pahala yang besar.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat Tarawih dengan sebaik-baiknya. Selain untuk memohon ampunan dosa, membaca doa setelah sholat Tarawih juga merupakan kesempatan untuk memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

Menjadi lebih dekat dengan Allah SWT

Membaca doa setelah sholat Tarawih juga dapat menjadi sarana untuk menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini karena doa merupakan salah satu bentuk komunikasi antara hamba dengan Tuhannya.

  • Mengungkapkan rasa syukur

    Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih, kita dapat mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita.

  • Memohon ampunan dosa

    Selain mengungkapkan rasa syukur, doa setelah sholat Tarawih juga dapat digunakan untuk memohon ampunan dosa kepada Allah SWT. Dengan memohon ampunan dosa, kita dapat membersihkan diri kita dari dosa-dosa yang telah lalu dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

  • Memohon petunjuk dan bimbingan

    Doa setelah sholat Tarawih juga dapat digunakan untuk memohon petunjuk dan bimbingan kepada Allah SWT. Dengan memohon petunjuk dan bimbingan, kita dapat menjalani hidup kita dengan lebih baik dan sesuai dengan kehendak Allah SWT.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT

    Secara keseluruhan, membaca doa setelah sholat Tarawih dapat membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita akan memperoleh ketenangan hati, kebahagiaan, dan keberkahan dalam hidup kita.

Baca Juga :  PPDB Jakarta 2023: Informasi Lengkap dan Langkah-Langkah Pendaftaran

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat Tarawih dengan sebaik-baiknya. Selain untuk memohon ampunan dosa dan pahala yang besar, membaca doa setelah sholat Tarawih juga merupakan sarana untuk menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Merasakan ketenangan hati

Membaca doa setelah sholat Tarawih juga dapat memberikan ketenangan hati. Hal ini karena doa merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, yang merupakan sumber segala ketenangan dan kedamaian.

  • Menghubungkan diri dengan Allah SWT

    Ketika kita membaca doa setelah sholat Tarawih, kita sedang menghubungkan diri kita dengan Allah SWT. Koneksi ini dapat memberikan kita rasa tenang dan damai, karena kita tahu bahwa kita tidak sendirian dan selalu ada yang menjaga kita.

  • Mengungkapkan isi hati

    Doa juga merupakan sarana untuk mengungkapkan isi hati kita kepada Allah SWT. Kita dapat mencurahkan segala keluh kesah, harapan, dan impian kita kepada-Nya. Dengan mengungkapkan isi hati kita kepada Allah SWT, kita dapat merasa lebih lega dan tenang.

  • Menerima bimbingan dan petunjuk

    Selain mengungkapkan isi hati, doa juga dapat digunakan untuk menerima bimbingan dan petunjuk dari Allah SWT. Ketika kita berdoa, kita membuka diri kita untuk menerima petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT. Petunjuk dan bimbingan ini dapat memberikan kita ketenangan hati, karena kita tahu bahwa kita berada di jalan yang benar.

  • Mendapatkan ketenangan dari Allah SWT

    Pada akhirnya, ketenangan hati yang sesungguhnya datang dari Allah SWT. Ketika kita membaca doa dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan, kita dapat merasakan ketenangan yang luar biasa dari Allah SWT. Ketenangan ini akan menyertai kita sepanjang hari dan membantu kita menghadapi segala tantangan hidup dengan lebih tenang dan damai.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat Tarawih dengan sebaik-baiknya. Selain untuk memohon ampunan dosa, pahala yang besar, dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, membaca doa setelah sholat Tarawih juga dapat memberikan kita ketenangan hati yang luar biasa.

Mendapat syafaat di hari kiamat

Salah satu keutamaan membaca doa setelah sholat Tarawih adalah mendapat syafaat di hari kiamat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW:

“Barangsiapa mengerjakan sholat Tarawih karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa membaca doa setelah sholat Tarawih, maka doanya akan dikabulkan. Dan barangsiapa yang memohon syafaat kepada Allah, maka syafaatnya akan dikabulkan.” (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa membaca doa setelah sholat Tarawih dapat menjadi سبب (sebab) untuk mendapatkan syafaat di hari kiamat. Syafaat adalah pertolongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain di hari kiamat.

Syafaat yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah syafaat dari Rasulullah SAW. Rasulullah SAW adalah orang yang paling utama memberikan syafaat di hari kiamat. Beliau akan memberikan syafaat kepada umatnya yang beriman dan beramal saleh.

Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih, kita berharap mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat. Syafaat dari Rasulullah SAW akan membantu kita untuk mendapatkan ampunan dosa dan masuk ke dalam surga Allah SWT.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat Tarawih dengan sebaik-baiknya. Selain untuk memohon ampunan dosa, pahala yang besar, menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, dan mendapatkan ketenangan hati, membaca doa setelah sholat Tarawih juga dapat menjadi سبب untuk mendapatkan syafaat di hari kiamat.

Memperoleh ridha Allah SWT

Membaca doa setelah sholat Tarawih juga merupakan salah satu cara untuk memperoleh ridha Allah SWT. Ridha Allah SWT adalah kerelaan dan berkenannya Allah SWT terhadap hamba-Nya. Hamba yang mendapatkan ridha Allah SWT akan memperoleh keberkahan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

  • Beribadah sesuai dengan tuntunan

    Membaca doa setelah sholat Tarawih merupakan salah satu bentuk ibadah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih, kita menunjukkan ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

  • Menunjukkan rasa syukur

    Doa setelah sholat Tarawih juga merupakan sarana untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita. Dengan mengungkapkan rasa syukur, kita menunjukkan bahwa kita menghargai nikmat Allah SWT dan tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa saja.

  • Memohon ampunan dosa

    Selain mengungkapkan rasa syukur, doa setelah sholat Tarawih juga dapat digunakan untuk memohon ampunan dosa kepada Allah SWT. Dengan memohon ampunan dosa, kita mengakui kesalahan dan kekhilafan kita, serta berharap mendapatkan ampunan dan kasih sayang dari Allah SWT.

  • Mengharap ridha Allah SWT

    Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih, kita juga menunjukkan bahwa kita mengharap ridha Allah SWT. Kita berharap bahwa Allah SWT berkenan menerima ibadah kita dan memberikan kita kebahagiaan dan keberkahan di dunia dan di akhirat.

Baca Juga :  Penemu Benua Amerika

Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan, kita berharap dapat memperoleh ridha Allah SWT. Ridha Allah SWT adalah tujuan utama dari setiap ibadah yang kita kerjakan. Dengan memperoleh ridha Allah SWT, kita akan mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan yang tiada tara.

Menjadi lebih bertaqwa

Membaca doa setelah sholat Tarawih juga dapat membantu kita menjadi lebih bertaqwa. Taqwa adalah sifat hati yang selalu merasa takut dan hati-hati terhadap segala sesuatu yang dapat membuat kita dimurkai oleh Allah SWT.

  • Mengingat kebesaran Allah SWT

    Ketika kita membaca doa setelah sholat Tarawih, kita merenungkan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Kita menyadari bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Mengetahui, dan Maha Pengasih. Kesadaran ini akan membuat kita lebih takut dan hati-hati dalam melakukan segala sesuatu.

  • Mengharap pahala dan takut siksa

    Dalam doa setelah sholat Tarawih, kita juga memohon pahala dan ampunan kepada Allah SWT. Di sisi lain, kita juga memohon perlindungan dari siksa dan azab Allah SWT. Harapan akan pahala dan takut akan siksa akan membuat kita lebih berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu.

  • Menjaga diri dari dosa

    Kesadaran akan kebesaran Allah SWT, harapan akan pahala, dan takut akan siksa akan memotivasi kita untuk menjaga diri dari dosa. Kita akan lebih berhati-hati dalam berucap, berperilaku, dan bertindak agar tidak melanggar larangan Allah SWT.

  • Meningkatkan kualitas ibadah

    Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih, kita juga berdoa agar Allah SWT menerima dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Kita berharap bahwa ibadah kita menjadi lebih khusyuk, ikhlas, dan sesuai dengan tuntunan Allah SWT. Dengan meningkatnya kualitas ibadah, kita akan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT dan lebih bertaqwa.

Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan, kita berharap dapat menjadi lebih bertaqwa. Taqwa adalah sifat hati yang sangat penting bagi setiap muslim, karena taqwa akan membawa kita kepada kebahagiaan dan keberkahan di dunia dan di akhirat.

Memperkuat iman

Membaca doa setelah sholat Tarawih juga dapat membantu kita memperkuat iman. Iman adalah keyakinan yang teguh kepada Allah SWT, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan qada dan qadar. Iman adalah pondasi utama dari agama Islam dan merupakan syarat utama untuk mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.

Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih, kita menguatkan keyakinan kita kepada Allah SWT. Kita mengakui bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Kuasa, Maha Mengetahui, dan Maha Pengasih. Kita juga memperbarui keyakinan kita kepada malaikat, kitab-kitab, rasul-rasul, hari akhir, dan qada dan qadar.

Selain itu, doa setelah sholat Tarawih juga berisi permohonan kepada Allah SWT untuk meningkatkan iman kita. Kita berdoa agar Allah SWT meneguhkan iman kita, melindungi kita dari keraguan dan kesesatan, serta memberikan kita kekuatan untuk menghadapi cobaan dan ujian dalam hidup.

Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan, kita berharap dapat memperkuat iman kita. Iman yang kuat akan menjadi benteng bagi kita dari segala godaan dan cobaan hidup. Iman yang kuat juga akan membawa kita kepada kebahagiaan dan keberkahan di dunia dan di akhirat.

Baca Juga :  Bacaan Sholat Idul Adha

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar doa setelah sholat Tarawih:

Pertanyaan 1: Apakah doa setelah sholat Tarawih wajib dibaca?
Jawaban: Doa setelah sholat Tarawih hukumnya sunnah, artinya dianjurkan untuk dibaca tetapi tidak wajib.

Pertanyaan 2: Kapan waktu membaca doa setelah sholat Tarawih?
Jawaban: Doa setelah sholat Tarawih dibaca setelah selesai sholat Tarawih, sebelum salam.

Pertanyaan 3: Apakah ada bacaan doa setelah sholat Tarawih yang khusus?
Jawaban: Ada beberapa bacaan doa setelah sholat Tarawih yang umum dibaca, di antaranya adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, yaitu: “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai ampunan, maka ampunilah aku).

Pertanyaan 4: Bolehkah membaca doa setelah sholat Tarawih dalam bahasa selain Arab?
Jawaban: Boleh, namun lebih utama membaca doa dalam bahasa Arab karena bahasanya sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Pertanyaan 5: Apakah doa setelah sholat Tarawih dapat diamalkan setiap hari?
Jawaban: Ya, doa setelah sholat Tarawih dapat diamalkan setiap hari, tidak hanya pada bulan Ramadhan.

Pertanyaan 6: Apakah ada manfaat membaca doa setelah sholat Tarawih?
Jawaban: Ya, banyak manfaat membaca doa setelah sholat Tarawih, di antaranya adalah untuk memohon ampunan dosa, mendapatkan pahala yang besar, menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, memperoleh ketenangan hati, mendapatkan syafaat di hari kiamat, memperoleh ridha Allah SWT, menjadi lebih bertaqwa, dan memperkuat iman.

Pertanyaan 7: Bagaimana cara membaca doa setelah sholat Tarawih?
Jawaban: Bacaan doa setelah sholat Tarawih dapat dibaca dengan suara lirih atau jahr (keras), yang penting dibaca dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar doa setelah sholat Tarawih. Semoga bermanfaat.

Setelah mengetahui keutamaan dan cara membaca doa setelah sholat Tarawih, berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkannya:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkan doa setelah sholat Tarawih:

1. Baca dengan khusyuk dan ikhlas
Khusyuk dan ikhlas adalah kunci utama dalam berdoa. Ketika membaca doa setelah sholat Tarawih, usahakan untuk membaca dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan. Hindari membaca doa dengan terburu-buru atau sambil melakukan aktivitas lainnya.

2. Pahami makna doa yang dibaca
Sebelum membaca doa setelah sholat Tarawih, usahakan untuk memahami terlebih dahulu makna doa tersebut. Dengan memahami makna doa, kita dapat lebih menghayati doa yang kita baca dan lebih mudah untuk berdoa dengan penuh kekhusyukan.

3. Berdoa dengan penuh harap dan percaya
Ketika berdoa, berdoalah dengan penuh harap dan percaya bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita. Hindari berdoa dengan ragu-ragu atau tidak yakin bahwa doa kita akan dikabulkan. Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Dia selalu mendengarkan doa hamba-Nya.

4. Amalkan doa setelah sholat Tarawih secara istiqomah
Istiqomah adalah kunci dalam beribadah. Agar doa setelah sholat Tarawih dapat memberikan manfaat yang maksimal, amalkanlah doa tersebut secara istiqomah, yaitu rutin membacanya setiap hari setelah sholat Tarawih.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, insya Allah kita dapat membaca doa setelah sholat Tarawih dengan lebih baik dan memperoleh manfaat yang maksimal dari doa tersebut.

Demikian beberapa tips untuk mengamalkan doa setelah sholat Tarawih. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan.

Conclusion

Demikian pembahasan mengenai doa setelah sholat Tarawih beserta keutamaan dan cara mengamalkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pentingnya membaca doa setelah sholat Tarawih.

Sebagai penutup, dapat disimpulkan bahwa doa setelah sholat Tarawih memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah untuk memohon ampunan dosa, mendapatkan pahala yang besar, menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, memperoleh ketenangan hati, mendapatkan syafaat di hari kiamat, memperoleh ridha Allah SWT, menjadi lebih bertaqwa, dan memperkuat iman.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat Tarawih dengan sebaik-baiknya. Dengan membaca doa setelah sholat Tarawih dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan, kita berharap dapat memperoleh keutamaan-keutamaan tersebut dan meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Ramadhan.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga kita semua dapat meraih keberkahan di bulan Ramadhan ini.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..