Doa Nurbuat dan Artinya

sisca


Doa Nurbuat dan Artinya

Doa nurbuat adalah doa yang dibaca oleh Rasulullah Muhammad SAW untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari, terutama setelah shalat fardhu.

Dalam doa nurbuat terdapat banyak sekali keberkahan dan manfaat, di antaranya: memohon perlindungan dari segala macam penyakit, gangguan jin dan sihir, dikabulkan segala hajat dan keinginan, serta diberi kemudahan dalam segala urusan.

Adapun lafadz doa nurbuat beserta artinya adalah sebagai berikut:

doa nurbuat dan artinya

Berikut adalah 10 poin penting mengenai doa nurbuat dan artinya:

  • Memohon perlindungan dari segala penyakit
  • Terhindar dari gangguan jin dan sihir
  • Dikabulkan segala hajat dan keinginan
  • Diberi kemudahan dalam segala urusan
  • Memperoleh keberkahan dan keselamatan
  • Menjauhkan dari segala kejahatan
  • Memperkuat iman dan keyakinan
  • Membersihkan hati dan jiwa
  • Meningkatkan kecintaan kepada Allah SWT
  • Menjadi hamba yang lebih taat dan berbakti

Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, insya Allah kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keberkahan dalam hidup.

Memohon perlindungan dari segala penyakit

Salah satu manfaat utama membaca doa nurbuat adalah untuk memohon perlindungan dari segala macam penyakit. Penyakit yang dimaksud di sini bukan hanya penyakit fisik, tetapi juga penyakit hati dan jiwa.

  • Melindungi dari penyakit fisik
    Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh, seperti demam, batuk, pilek, dan penyakit kronis.
  • Melindungi dari penyakit hati
    Penyakit hati yang dimaksud di sini adalah sifat-sifat buruk yang dapat merusak jiwa, seperti iri, dengki, sombong, dan tamak. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari sifat-sifat buruk tersebut dan diberi hati yang bersih dan sehat.
  • Melindungi dari penyakit jiwa
    Penyakit jiwa yang dimaksud di sini adalah gangguan mental atau psikologis, seperti stres, depresi, dan kecemasan. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari gangguan mental dan diberi ketenangan hati dan pikiran.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Membaca doa nurbuat secara istiqomah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit. Hal ini karena doa nurbuat mengandung energi positif yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Dengan membaca doa nurbuat setiap hari, insya Allah kita akan terlindungi dari segala macam penyakit dan hidup dalam keadaan sehat walafiat.

Terhindar dari gangguan jin dan sihir

Gangguan jin dan sihir merupakan masalah yang nyata dan dapat membahayakan keselamatan jiwa dan raga kita. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam gangguan jin dan sihir.

  • Melindungi dari gangguan jin
    Jin adalah makhluk halus yang diciptakan dari api. Jin dapat mengganggu manusia dengan berbagai cara, seperti merasuki tubuh, menyebabkan kesurupan, dan menimbulkan rasa takut dan gelisah. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari segala gangguan jin.
  • Melindungi dari sihir
    Sihir adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan cara menggunakan kekuatan gaib untuk tujuan tertentu. Sihir dapat menyebabkan berbagai macam危害, seperti penyakit, kecelakaan, dan perpecahan rumah tangga. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam sihir.
  • Membatalkan pengaruh sihir
    Jika seseorang terkena sihir, membaca doa nurbuat dapat membantu membatalkan pengaruh sihir tersebut. Hal ini karena doa nurbuat mengandung energi positif yang dapat menetralisir energi negatif dari sihir.
  • Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT
    Membaca doa nurbuat secara istiqomah dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Dengan semakin kuatnya iman kita, maka akan semakin besar pula perlindungan Allah SWT terhadap kita dari segala macam gangguan jin dan sihir.

Dengan membaca doa nurbuat setiap hari, insya Allah kita akan terhindar dari segala macam gangguan jin dan sihir dan hidup dalam keadaan aman dan tenteram.

Dikabulkan segala hajat dan keinginan

Salah satu manfaat utama membaca doa nurbuat adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar dikabulkan segala hajat dan keinginan kita. Hajat dan keinginan yang dimaksud di sini adalah segala sesuatu yang kita harapkan dan cita-citakan, baik yang bersifat duniawi maupun ukhrawi.

Dengan membaca doa nurbuat, kita menunjukkan kepada Allah SWT bahwa kita hanya berharap dan meminta pertolongan kepada-Nya. Kita percaya bahwa Allah SWT Maha Pemberi dan Maha Pengabul doa. Oleh karena itu, kita memohon kepada-Nya dengan penuh keyakinan dan berharap bahwa Allah SWT akan mengabulkan segala hajat dan keinginan kita.

Baca Juga :  Marhaban Ya Ramadhan Artinya

Namun, perlu diingat bahwa Allah SWT tidak selalu mengabulkan doa kita sesuai dengan keinginan kita. Ada kalanya Allah SWT mengabulkan doa kita dalam bentuk yang berbeda atau pada waktu yang berbeda. Hal ini karena Allah SWT mengetahui apa yang terbaik bagi kita. Oleh karena itu, kita harus selalu bersabar dan tawakal kepada Allah SWT, baik ketika doa kita dikabulkan maupun ketika tidak dikabulkan.

Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, kita tidak hanya memohon kepada Allah SWT agar dikabulkan segala hajat dan keinginan kita, tetapi juga memohon agar kita selalu diberi petunjuk dan kekuatan untuk menjalani hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Insya Allah, dengan membaca doa nurbuat setiap hari, kita akan dimudahkan dalam segala urusan dan mendapatkan kehidupan yang bahagia dan sejahtera.

Diberi kemudahan dalam segala urusan

Manfaat lain dari membaca doa nurbuat adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam segala urusan. Urusan yang dimaksud di sini adalah segala sesuatu yang kita lakukan atau kerjakan, baik yang bersifat pribadi maupun pekerjaan.

  • Memudahkan urusan pekerjaan
    Bagi yang bekerja, membaca doa nurbuat dapat membantu memudahkan urusan pekerjaan. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar diberi kelancaran dalam bekerja, dijauhkan dari kesulitan dan hambatan, serta diberi hasil yang terbaik.
  • Memudahkan urusan pendidikan
    Bagi yang sedang menempuh pendidikan, membaca doa nurbuat dapat membantu memudahkan urusan pendidikan. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam memahami pelajaran, diberi konsentrasi yang baik, dan diberi nilai yang memuaskan.
  • Memudahkan urusan rumah tangga
    Bagi yang sudah berkeluarga, membaca doa nurbuat dapat membantu memudahkan urusan rumah tangga. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam mengurus rumah tangga, diberi rezeki yang cukup, dan diberi kebahagiaan keluarga.
  • Memudahkan urusan lainnya
    Selain urusan-urusan yang disebutkan di atas, membaca doa nurbuat juga dapat membantu memudahkan urusan lainnya, seperti urusan perjalanan, urusan kesehatan, dan urusan keuangan. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam segala urusan dan diberi solusi terbaik.

Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, insya Allah kita akan diberi kemudahan dalam segala urusan dan hidup dalam keadaan yang lapang dan bahagia.

Memperoleh keberkahan dan keselamatan

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, membaca doa nurbuat juga dapat mendatangkan keberkahan dan keselamatan bagi pembacanya.

  • Mendatangkan keberkahan
    Keberkahan adalah segala sesuatu yang baik dan bermanfaat yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar diberi keberkahan dalam hidup, seperti rezeki yang halal dan berkah, kesehatan yang baik, dan keluarga yang harmonis.
  • Memberikan keselamatan
    Keselamatan adalah terhindar dari segala bahaya dan bencana. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar diberi keselamatan dalam segala hal, seperti keselamatan di jalan, keselamatan dari musibah, dan keselamatan dari fitnah.
  • Meningkatkan rasa syukur
    Membaca doa nurbuat dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa nurbuat, kita diingatkan akan segala nikmat dan kebaikan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Hal ini dapat membuat kita lebih bersyukur dan menghargai segala yang kita miliki.
  • Memperkuat iman dan kepercayaan
    Membaca doa nurbuat secara istiqomah dapat memperkuat iman dan kepercayaan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa nurbuat, kita menunjukkan kepada Allah SWT bahwa kita hanya berharap dan meminta pertolongan kepada-Nya. Hal ini dapat membuat kita lebih yakin dan percaya bahwa Allah SWT akan selalu menjaga dan melindungi kita.

Dengan membaca doa nurbuat setiap hari, insya Allah kita akan memperoleh keberkahan, keselamatan, dan kebahagiaan dalam hidup.

Menjauhkan dari segala kejahatan

Salah satu manfaat membaca doa nurbuat adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala kejahatan. Kejahatan yang dimaksud di sini adalah segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran agama dan norma-norma masyarakat, seperti mencuri, merampok, membunuh, berzina, dan mengonsumsi narkoba.

Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari godaan dan pengaruh setan yang dapat menyesatkan kita ke jalan kejahatan. Kita memohon kepada Allah SWT agar diberi kekuatan untuk menolak segala bentuk kejahatan dan diberi petunjuk untuk selalu berada di jalan yang benar.

Selain memohon perlindungan dari kejahatan, membaca doa nurbuat juga dapat membantu kita menjauhkan diri dari orang-orang yang berniat jahat. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar dijauhkan dari orang-orang yang ingin menyakiti atau merugikan kita.

Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, insya Allah kita akan dijauhkan dari segala kejahatan dan hidup dalam keadaan yang aman dan tenteram.

Baca Juga :  Gempa Lombok

Memperkuat iman dan keyakinan

Salah satu manfaat membaca doa nurbuat adalah untuk memperkuat iman dan keyakinan kita kepada Allah SWT.

  • Meningkatkan keyakinan kepada Allah SWT
    Dengan membaca doa nurbuat, kita mengakui dan menyatakan bahwa hanya Allah SWT yang berhak disembah dan hanya kepada Allah SWT kita meminta pertolongan. Hal ini dapat meningkatkan keyakinan kita kepada Allah SWT dan membuat kita lebih yakin bahwa Allah SWT akan selalu menjaga dan melindungi kita.
  • Meningkatkan rasa takut kepada Allah SWT
    Membaca doa nurbuat juga dapat meningkatkan rasa takut kita kepada Allah SWT. Rasa takut yang dimaksud di sini bukanlah rasa takut yang membuat kita lari dari Allah SWT, melainkan rasa takut yang membuat kita selalu berusaha untuk taat kepada-Nya dan menghindari segala larangan-Nya.
  • Meningkatkan rasa cinta kepada Allah SWT
    Dengan membaca doa nurbuat, kita mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang kita kepada Allah SWT. Rasa cinta dan kasih sayang ini dapat membuat kita lebih semangat dalam beribadah dan lebih ikhlas dalam menjalankan segala perintah-Nya.
  • Menjadi lebih sabar dan tawakal
    Membaca doa nurbuat secara istiqomah dapat membuat kita lebih sabar dan tawakal dalam menghadapi segala cobaan dan ujian hidup. Kita yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah SWT dan bahwa Allah SWT pasti akan memberikan yang terbaik bagi kita.

Dengan membaca doa nurbuat setiap hari, insya Allah iman dan keyakinan kita kepada Allah SWT akan semakin kuat dan kita akan menjadi hamba-hamba-Nya yang lebih baik.

Membersihkan hati dan jiwa

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, membaca doa nurbuat juga dapat membersihkan hati dan jiwa kita dari segala kotoran dan penyakit. Hati dan jiwa yang bersih merupakan syarat utama untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar diampuni segala dosa dan kesalahan kita. Kita memohon kepada Allah SWT agar hati dan jiwa kita dibersihkan dari segala sifat buruk, seperti iri, dengki, sombong, dan tamak.

Selain itu, membaca doa nurbuat juga dapat membantu kita menenangkan hati dan pikiran. Dengan membaca doa nurbuat, kita dapat melupakan segala masalah dan beban hidup sejenak dan fokus pada Allah SWT. Hal ini dapat membuat hati dan pikiran kita menjadi lebih tenang dan damai.

Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, insya Allah hati dan jiwa kita akan menjadi bersih dan suci, dan kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat kepada Allah SWT.

Meningkatkan kecintaan kepada Allah SWT

Salah satu manfaat utama membaca doa nurbuat adalah untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Allah SWT. Kecintaan kepada Allah SWT merupakan salah satu pilar utama dalam agama Islam, dan merupakan kunci untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Dengan membaca doa nurbuat, kita mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang kita kepada Allah SWT. Kita mengakui bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak kita sembah, dan bahwa hanya kepada Allah SWT kita meminta pertolongan. Kita bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah SWT kepada kita, dan kita berjanji untuk selalu taat kepada-Nya.

Selain itu, membaca doa nurbuat juga dapat membantu kita lebih memahami sifat-sifat Allah SWT. Dengan memahami sifat-sifat Allah SWT, kita akan semakin kagum dan terpesona oleh kebesaran dan keagungan-Nya. Hal ini dapat membuat kita semakin cinta dan rindu kepada Allah SWT.

Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, insya Allah kecintaan kita kepada Allah SWT akan semakin kuat dan kita akan menjadi hamba-hamba-Nya yang lebih baik.

Menjadi hamba yang lebih taat dan berbakti

Salah satu manfaat membaca doa nurbuat adalah untuk menjadi hamba yang lebih taat dan berbakti kepada Allah SWT.

  • Meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT
    Dengan membaca doa nurbuat, kita menyatakan bahwa kita hanya akan menyembah Allah SWT dan hanya kepada Allah SWT kita meminta pertolongan. Hal ini dapat meningkatkan ketaatan kita kepada Allah SWT dan membuat kita lebih taat dalam menjalankan segala perintah-Nya.
  • Meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT
    Membaca doa nurbuat juga dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa nurbuat, kita diingatkan akan segala nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Hal ini dapat membuat kita lebih bersyukur dan lebih menghargai segala yang kita miliki.
  • Meningkatkan kepatuhan terhadap Rasulullah SAW
    Selain meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT, membaca doa nurbuat juga dapat meningkatkan kepatuhan kita terhadap Rasulullah SAW. Dalam doa nurbuat, kita meminta kepada Allah SWT agar kita diberi petunjuk dan kekuatan untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Hal ini dapat membuat kita lebih patuh dalam menjalankan segala ajaran Rasulullah SAW.
  • Menjadi lebih ikhlas dalam beribadah
    Membaca doa nurbuat secara istiqomah dapat membuat kita lebih ikhlas dalam beribadah. Dengan membaca doa nurbuat, kita memohon kepada Allah SWT agar kita diberi taufik dan hidayah untuk beribadah hanya karena mengharap ridha-Nya. Hal ini dapat membuat kita lebih ikhlas dalam menjalankan segala ibadah.
Baca Juga :  Al Balad Artinya

Dengan membaca doa nurbuat setiap hari, insya Allah kita akan menjadi hamba yang lebih taat dan berbakti kepada Allah SWT, dan kita akan mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan di dunia dan akhirat.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang doa nurbuat dan artinya:

Pertanyaan 1: Apa itu doa nurbuat?
Jawaban: Doa nurbuat adalah doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat membaca doa nurbuat?
Jawaban: Ada banyak manfaat membaca doa nurbuat, di antaranya: memohon perlindungan dari segala macam penyakit, gangguan jin dan sihir, dikabulkan segala hajat dan keinginan, diberi kemudahan dalam segala urusan, memperoleh keberkahan dan keselamatan, menjauhkan dari segala kejahatan, memperkuat iman dan keyakinan, membersihkan hati dan jiwa, meningkatkan kecintaan kepada Allah SWT, dan menjadi hamba yang lebih taat dan berbakti.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membaca doa nurbuat?
Jawaban: Doa nurbuat dapat dibaca setelah shalat fardhu atau pada waktu-waktu lainnya. Tata cara membaca doa nurbuat adalah sebagai berikut: membaca basmalah, membaca doa pembuka, membaca doa nurbuat, dan membaca doa penutup.

Pertanyaan 4: Apakah doa nurbuat bisa dibaca oleh siapa saja?
Jawaban: Ya, doa nurbuat dapat dibaca oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, Muslim maupun non-Muslim.

Pertanyaan 5: Apakah ada syarat khusus untuk membaca doa nurbuat?
Jawaban: Tidak ada syarat khusus untuk membaca doa nurbuat. Namun, disunnahkan untuk membaca doa nurbuat dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.

Pertanyaan 6: Berapa kali sebaiknya doa nurbuat dibaca?
Jawaban: Sebaiknya doa nurbuat dibaca setiap hari, minimal satu kali setelah shalat fardhu. Namun, jika memungkinkan, doa nurbuat dapat dibaca lebih sering.

Pertanyaan 7: Di mana saya bisa menemukan teks doa nurbuat?
Jawaban: Teks doa nurbuat dapat ditemukan di berbagai sumber, seperti buku-buku agama, situs web Islam, dan aplikasi ponsel. Anda juga dapat bertanya kepada ustadz atau ustazah di masjid terdekat.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang doa nurbuat dan artinya. Semoga bermanfaat.

Selain membaca doa nurbuat, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan manfaat dari doa nurbuat, seperti:

Tips

Selain membaca doa nurbuat, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan manfaat dari doa nurbuat, seperti:

1. Membaca doa nurbuat dengan khusyuk dan penuh penghayatan
Saat membaca doa nurbuat, usahakan untuk membaca dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Fokuskan pikiran dan hati Anda pada setiap kata yang Anda ucapkan. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih meresapi makna doa nurbuat dan lebih khusyuk dalam berdoa.

2. Membaca doa nurbuat secara istiqomah
Membaca doa nurbuat secara istiqomah atau rutin akan memberikan manfaat yang lebih besar. Usahakan untuk membaca doa nurbuat setiap hari, minimal satu kali setelah shalat fardhu. Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, Anda akan semakin dekat dengan Allah SWT dan doa-doa Anda akan lebih mudah dikabulkan.

3. Membaca doa nurbuat bersama orang lain
Membaca doa nurbuat bersama orang lain, seperti keluarga atau teman, dapat meningkatkan keberkahan dan manfaat doa. Hal ini karena doa yang dipanjatkan secara bersama-sama akan lebih diijabah oleh Allah SWT.

4. Mengamalkan ajaran Rasulullah SAW
Membaca doa nurbuat saja tidak cukup. Anda juga harus mengamalkan ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan ajaran Rasulullah SAW, Anda akan semakin dekat dengan Allah SWT dan doa-doa Anda akan lebih mudah dikabulkan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, insya Allah Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari membaca doa nurbuat. Semoga bermanfaat.

Demikian artikel tentang doa nurbuat dan artinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membaca doa nurbuat setiap hari dan amalkan ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Doa nurbuat adalah doa yang sangat penting dan memiliki banyak manfaat. Dengan membaca doa nurbuat secara istiqomah, kita dapat memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa nurbuat juga dapat membantu kita untuk dijauhkan dari segala kejahatan, memperkuat iman dan keyakinan, membersihkan hati dan jiwa, meningkatkan kecintaan kepada Allah SWT, dan menjadi hamba yang lebih taat dan berbakti.

Selain membaca doa nurbuat, kita juga harus mengamalkan ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan ajaran Rasulullah SAW, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT dan doa-doa kita akan lebih mudah dikabulkan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membaca doa nurbuat setiap hari dan amalkan ajaran Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan dan keberkahan kepada kita semua.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..