Panduan Lengkap Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh

sisca


Panduan Lengkap Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh

Doa buka puasa ayyamul bidh merupakan doa yang dibaca ketika berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah.

Doa ini dibaca untuk memohon ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang diperbuat, serta memohon agar ibadah puasa yang telah dikerjakan diterima oleh-Nya.

Doa buka puasa ayyamul bidh ini sangat penting untuk dibaca karena merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam.

doa buka puasa ayyamul bidh

Doa buka puasa ayyamul bidh merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Doa ini dibaca ketika berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15.

  • Lafaz doa
  • Waktu membaca doa
  • Keutamaan membaca doa
  • Tata cara membaca doa
  • Makna doa
  • Hikmah doa
  • Contoh doa
  • Referensi doa

Membaca doa buka puasa ayyamul bidh memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapatkan ampunan dosa
  • Mendapat pahala yang besar
  • Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT
  • Memohon keberkahan dalam hidup

Lafaz Doa

Lafaz doa buka puasa ayyamul bidh merupakan salah satu bagian terpenting dari doa buka puasa ayyamul bidh. Lafaz doa ini berisi permohonan ampunan, pertolongan, dan keberkahan kepada Allah SWT.

Membaca lafaz doa buka puasa ayyamul bidh dengan benar dan khusyuk sangat penting untuk mendapatkan keutamaannya. Lafaz doa ini dibaca setelah membaca niat berbuka puasa.

Berikut ini adalah lafaz doa buka puasa ayyamul bidh:

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni dosa-dosaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dengan membaca lafaz doa buka puasa ayyamul bidh dengan benar dan khusyuk, kita berharap dapat memperoleh ampunan dosa, pertolongan, dan keberkahan dari Allah SWT.

Waktu Membaca Doa

Waktu membaca doa buka puasa ayyamul bidh adalah setelah selesai membaca niat berbuka puasa. Doa ini dibaca setelah berbuka puasa dengan memakan atau meminum sesuatu yang halal.

  • Sebelum Makan

    Doa buka puasa ayyamul bidh dibaca sebelum mulai makan atau minum setelah berbuka puasa.

  • Setelah Makan

    Doa buka puasa ayyamul bidh juga boleh dibaca setelah selesai makan atau minum setelah berbuka puasa.

  • Waktu Maghrib

    Waktu terbaik untuk membaca doa buka puasa ayyamul bidh adalah pada waktu maghrib, setelah matahari terbenam.

  • Waktu Isya

    Doa buka puasa ayyamul bidh juga boleh dibaca pada waktu isya, setelah shalat isya.

Membaca doa buka puasa ayyamul bidh pada waktu yang tepat akan menambah keutamaan dan keberkahan dari doa tersebut. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membaca doa buka puasa ayyamul bidh pada waktu yang tepat.

Keutamaan membaca doa

Membaca doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Doa merupakan bentuk komunikasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Melalui doa, seorang hamba dapat menyampaikan segala harapan, keinginan, dan permohonannya kepada Allah SWT.

Doa buka puasa ayyamul bidh merupakan salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh umat Islam. Doa ini dibaca setelah berbuka puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 pada setiap bulan Hijriyah.

Membaca doa buka puasa ayyamul bidh memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  • Mendapatkan ampunan dosa
  • Mendapat pahala yang besar
  • Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT
  • Memohon keberkahan dalam hidup

Dengan membaca doa buka puasa ayyamul bidh, kita berharap dapat memperoleh semua keutamaan tersebut. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa buka puasa ayyamul bidh setiap kali berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah.

Tata cara membaca doa

Tata cara membaca doa buka puasa ayyamul bidh merupakan hal yang penting diperhatikan agar doa yang dipanjatkan dapat diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah tata cara membaca doa buka puasa ayyamul bidh:

  • Niat

    Sebelum membaca doa buka puasa ayyamul bidh, niatkan terlebih dahulu dalam hati untuk berbuka puasa dan membaca doa.

  • Menghadap kiblat

    Saat membaca doa buka puasa ayyamul bidh, usahakan untuk menghadap kiblat.

  • Membaca doa dengan jelas dan benar

    Baca doa buka puasa ayyamul bidh dengan jelas dan benar, sesuai dengan lafal yang telah ditentukan.

  • Mengangkat kedua tangan

    Saat membaca doa buka puasa ayyamul bidh, angkat kedua tangan setinggi bahu, dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Dengan mengikuti tata cara membaca doa buka puasa ayyamul bidh dengan benar, diharapkan doa yang dipanjatkan dapat diterima oleh Allah SWT dan membawa keberkahan bagi yang membacanya.

Baca Juga :  Resep Makanan Buka Puasa Sehat dan Menggugah Selera

Makna doa

Makna doa merupakan hal yang sangat penting dalam ibadah puasa, khususnya dalam doa buka puasa ayyamul bidh. Doa tersebut memiliki makna yang mendalam dan mencakup beberapa aspek penting.

  • Permohonan ampun

    Doa buka puasa ayyamul bidh mengandung permohonan ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Dengan membaca doa ini, umat Islam memohon kepada-Nya agar diampuni dan dijauhkan dari siksa neraka.

  • Ucapan syukur

    Doa buka puasa ayyamul bidh juga merupakan bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia yang telah diberikan, khususnya nikmat kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa.

  • Harapan berkah

    Selain permohonan ampun dan ucapan syukur, doa buka puasa ayyamul bidh juga berisi harapan akan berkah dari Allah SWT. Umat Islam memohon agar puasa yang telah dijalani selama tiga hari diterima dan mendapat pahala yang berlimpah.

  • Pengingat tujuan puasa

    Doa buka puasa ayyamul bidh juga berfungsi sebagai pengingat tujuan puasa, yaitu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, umat Islam diingatkan kembali akan hakikat puasa dan pentingnya menjaga kesucian diri.

Makna doa buka puasa ayyamul bidh sangatlah luas dan mendalam. Dengan memahami makna doa tersebut, umat Islam dapat meningkatkan kualitas ibadah puasanya dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari amalan ini.

Hikmah doa

Hikmah doa buka puasa ayyamul bidh adalah untuk memperoleh ampunan dosa, keberkahan, dan pahala dari Allah SWT.

  • Pengampunan dosa

    Membaca doa buka puasa ayyamul bidh dapat menjadi salah satu cara untuk memohon ampunan dosa kepada Allah SWT. Pengampunan dosa ini penting untuk membersihkan diri dari segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuat, sehingga dapat kembali suci dan dekat dengan Allah SWT.

  • Keberkahan

    Dengan membaca doa buka puasa ayyamul bidh, umat Islam dapat memohon keberkahan dari Allah SWT. Keberkahan ini dapat berupa keberkahan dalam hidup, rezeki, kesehatan, dan segala aspek kehidupan lainnya.

  • Pahala

    Membaca doa buka puasa ayyamul bidh juga dapat menjadi salah satu sarana untuk memperoleh pahala dari Allah SWT. Pahala ini dapat menjadi bekal di akhirat nanti untuk mendapatkan surga dan terhindar dari siksa neraka.

Dengan memahami hikmah dari doa buka puasa ayyamul bidh, diharapkan umat Islam dapat lebih semangat dan istiqomah dalam membaca doa tersebut saat berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah.

Contoh doa

Dalam praktiknya, “contoh doa” merupakan bagian yang tak terpisahkan dari “doa buka puasa ayyamul bidh”. Contoh doa yang dimaksud adalah lafaz doa tertentu yang biasa dipanjatkan saat berbuka puasa ayyamul bidh.

Contoh doa buka puasa ayyamul bidh dapat ditemukan dalam berbagai sumber, baik dalam kitab-kitab agama maupun di internet. Beberapa contoh doa buka puasa ayyamul bidh antara lain:

  • Allahumma inni as-aluka bi rahmatika al-lati wasi’at kulla syai’in an taghfira li dzunubi. Innaka anta al-Ghafur al-Rahim.
  • Allahumma inni shumtu laka fa tub ‘alayya innaka anta at-Tawwabur Rahiim.
  • Allahumma inni as-aluka min khair ma sa’altaka minhu nabiyyuka Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam wa a’udzu bika min syarri masta’azta bika minhu nabiyyuka Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Membaca contoh doa buka puasa ayyamul bidh sangatlah penting karena dapat membantu umat Islam dalam memanjatkan doa dengan benar dan sesuai dengan tuntunan agama. Selain itu, membaca contoh doa buka puasa ayyamul bidh juga dapat membantu umat Islam dalam memahami makna dan tujuan dari doa buka puasa ayyamul bidh.

Referensi doa

Referensi doa merupakan hal penting dalam praktik beribadah, termasuk doa buka puasa ayyamul bidh. Referensi doa menyediakan sumber yang dapat dijadikan panduan dalam memanjatkan doa sesuai dengan tuntunan agama.

  • Sumber Kitab Agama
    Referensi doa buka puasa ayyamul bidh dapat ditemukan dalam berbagai kitab agama, seperti Al-Qur’an dan hadis.
  • Buku Panduan Ibadah
    Selain kitab agama, terdapat juga buku-buku panduan ibadah yang memuat kumpulan doa, termasuk doa buka puasa ayyamul bidh.
  • Website dan Aplikasi
    Di era digital, referensi doa buka puasa ayyamul bidh juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai website dan aplikasi.
  • Ulama dan Guru Agama
    Ulama dan guru agama juga merupakan sumber referensi doa yang dapat memberikan bimbingan dalam memanjatkan doa buka puasa ayyamul bidh dengan benar.

Dengan memanfaatkan berbagai referensi doa yang tersedia, umat Islam dapat memanjatkan doa buka puasa ayyamul bidh dengan lebih baik dan sesuai dengan tuntunan agama. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas ibadah puasa dan memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Mendapatkan ampunan dosa

Doa buka puasa ayyamul bidh mengandung permohonan ampunan dosa kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Dengan membaca doa ini, umat Islam memohon kepada-Nya agar diampuni dan dijauhkan dari siksa neraka.

  • Permohonan tulus

    Mendapatkan ampunan dosa melalui doa buka puasa ayyamul bidh memerlukan permohonan yang tulus dari hati. Umat Islam harus mengakui kesalahan dan dosa yang telah diperbuat, serta bertekad untuk tidak mengulanginya di kemudian hari.

  • Penyesalan mendalam

    Selain permohonan tulus, penyesalan mendalam atas dosa yang telah diperbuat juga merupakan syarat penting untuk mendapatkan ampunan dosa. Umat Islam harus merasa menyesal dan sedih atas perbuatan dosa yang telah dilakukan, serta bertekad untuk menebus kesalahan tersebut dengan memperbanyak amal baik.

  • Meninggalkan dosa

    Untuk mendapatkan ampunan dosa, umat Islam juga harus meninggalkan dosa dan segala perbuatan yang dapat mengarah pada dosa. Meninggalkan dosa bukan hanya berarti berhenti melakukan perbuatan dosa, tetapi juga menghindari lingkungan dan situasi yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan dosa.

  • Memperbanyak istighfar

    Memperbanyak istighfar atau memohon ampunan kepada Allah SWT juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ampunan dosa. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak istighfar, baik dalam doa buka puasa ayyamul bidh maupun di luar waktu tersebut.

Baca Juga :  Tips Jalani Puasa Nahdlatul Ulama dengan Khusyuk dan Berpahala

Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, umat Islam diharapkan dapat memperoleh ampunan dosa melalui doa buka puasa ayyamul bidh. Ampunan dosa ini akan membawa ketenangan hati, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan membuka jalan menuju surga.

Mendapat pahala yang besar

Doa buka puasa ayyamul bidh memiliki keutamaan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Hal ini karena doa buka puasa ayyamul bidh merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam.

Pahala yang besar tersebut diberikan kepada umat Islam yang membaca doa buka puasa ayyamul bidh dengan ikhlas dan penuh penghayatan. Pahala tersebut dapat menjadi bekal di akhirat nanti untuk mendapatkan surga dan terhindar dari siksa neraka.

Selain itu, membaca doa buka puasa ayyamul bidh juga dapat menjadi pengingat bagi umat Islam tentang tujuan utama dari ibadah puasa, yaitu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dengan membaca doa buka puasa ayyamul bidh, umat Islam dapat kembali fokus pada tujuan tersebut dan berusaha untuk menjadi lebih baik dalam menjalankan ibadah puasa.

Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca doa buka puasa ayyamul bidh setiap kali berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah. Dengan membaca doa tersebut, umat Islam dapat memperoleh pahala yang besar, menjadi lebih bertakwa kepada Allah SWT, dan mendapatkan syafaat di akhirat nanti.

Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT

Membaca doa buka puasa ayyamul bidh merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan, khususnya nikmat kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa. Dengan membaca doa ini, umat Islam mengungkapkan rasa terima kasih dan syukur atas segala karunia Allah SWT.

  • Pengakuan atas nikmat Allah SWT

    Membaca doa buka puasa ayyamul bidh adalah cara untuk mengakui dan menyadari segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Umat Islam bersyukur atas nikmat kesehatan, makanan, minuman, dan segala kebutuhan hidup lainnya.

  • Bentuk ketaatan kepada Allah SWT

    Dengan membaca doa buka puasa ayyamul bidh, umat Islam menunjukkan ketaatan dan kepatuhan kepada Allah SWT. Mereka menjalankan perintah Allah SWT untuk berpuasa dan berbuka puasa dengan cara yang benar, sesuai dengan tuntunan agama.

  • Harapan berkah dan pahala

    Membaca doa buka puasa ayyamul bidh juga merupakan bentuk harapan agar Allah SWT memberikan berkah dan pahala atas ibadah puasa yang telah dijalankan. Umat Islam berharap agar puasa mereka diterima dan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Dengan memahami makna dan keutamaan membaca doa buka puasa ayyamul bidh sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, umat Islam diharapkan dapat lebih semangat dan istiqomah dalam menjalankan ibadah puasa. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah puasa kita dan memberikan keberkahan serta pahala yang berlimpah.

Memohon keberkahan dalam hidup

Membaca doa buka puasa ayyamul bidh merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk memohon keberkahan dalam hidup. Keberkahan merupakan suatu keadaan yang penuh dengan kebaikan, manfaat, dan kemuliaan. Doa buka puasa ayyamul bidh menjadi salah satu sarana untuk meminta keberkahan tersebut kepada Allah SWT.

  • Keberkahan dalam rezeki

    Membaca doa buka puasa ayyamul bidh dapat menjadi sarana untuk memohon keberkahan dalam rezeki. Dengan membaca doa ini, umat Islam berharap agar rezeki yang diberikan oleh Allah SWT senantiasa cukup, berkah, dan bermanfaat.

  • Keberkahan dalam keluarga

    Doa buka puasa ayyamul bidh juga dapat menjadi sarana untuk memohon keberkahan dalam keluarga. Keberkahan dalam keluarga meliputi keharmonisan, kebahagiaan, dan kesehatan seluruh anggota keluarga.

  • Keberkahan dalam kesehatan

    Selain rezeki dan keluarga, doa buka puasa ayyamul bidh juga dapat menjadi sarana untuk memohon keberkahan dalam kesehatan. Kesehatan merupakan nikmat yang sangat besar, sehingga umat Islam dianjurkan untuk selalu berdoa agar diberikan kesehatan yang prima.

  • Keberkahan dalam segala aspek kehidupan

    Secara umum, doa buka puasa ayyamul bidh dapat menjadi sarana untuk memohon keberkahan dalam segala aspek kehidupan. Umat Islam berharap agar seluruh aspek kehidupan mereka, baik dunia maupun akhirat, selalu dipenuhi dengan kebaikan dan keberkahan.

Baca Juga :  Apa Itu Puasa Daud: Panduan Lengkap untuk Ibadah Sunnah

Dengan membaca doa buka puasa ayyamul bidh dengan ikhlas dan penuh penghayatan, umat Islam berharap dapat memperoleh keberkahan dalam hidup. Keberkahan tersebut akan membawa kebahagiaan, ketenangan, dan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Tanya Jawab doa buka puasa ayyamul bidh

Tanya jawab berikut ini akan membahas beberapa pertanyaan umum mengenai doa buka puasa ayyamul bidh, termasuk tata cara, waktu membaca, dan keutamaannya.

Pertanyaan 1: Kapan waktu yang tepat untuk membaca doa buka puasa ayyamul bidh?

Jawaban: Doa buka puasa ayyamul bidh dibaca setelah berbuka puasa pada tanggal 13, 14, dan 15 pada setiap bulan Hijriyah.

Pertanyaan 2: Apakah ada tata cara khusus dalam membaca doa buka puasa ayyamul bidh?

Jawaban: Ya, terdapat tata cara khusus dalam membaca doa buka puasa ayyamul bidh, di antaranya menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan, dan membaca doa dengan jelas dan benar.

Pertanyaan 3: Apa keutamaan membaca doa buka puasa ayyamul bidh?

Jawaban: Keutamaan membaca doa buka puasa ayyamul bidh antara lain mendapatkan ampunan dosa, memperoleh pahala yang besar, dan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Pertanyaan 4: Di mana saya dapat menemukan contoh doa buka puasa ayyamul bidh?

Jawaban: Contoh doa buka puasa ayyamul bidh dapat ditemukan dalam kitab-kitab agama, buku panduan ibadah, atau di internet.

Pertanyaan 5: Apakah ada perbedaan doa buka puasa ayyamul bidh untuk laki-laki dan perempuan?

Jawaban: Tidak ada perbedaan doa buka puasa ayyamul bidh untuk laki-laki dan perempuan, doa tersebut dapat dibaca oleh semua umat Islam.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengamalkan doa buka puasa ayyamul bidh dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban: Mengamalkan doa buka puasa ayyamul bidh dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan istiqomah membaca doa tersebut setiap berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah, serta berusaha untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam doa tersebut.

Demikian tanya jawab mengenai doa buka puasa ayyamul bidh. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang ibadah puasa.

Pembahasan selanjutnya akan mengulas tentang manfaat membaca doa buka puasa ayyamul bidh dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Membaca Doa Buka Puasa Ayyamul Bidh

Membaca doa buka puasa ayyamul bidh merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Doa ini dibaca ketika berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15. Berikut ini adalah beberapa tips membaca doa buka puasa ayyamul bidh:

  • Pastikan niat yang benar. Niatkan dalam hati untuk berbuka puasa dan membaca doa buka puasa ayyamul bidh.
  • Menghadap kiblat. Saat membaca doa buka puasa ayyamul bidh, usahakan untuk menghadap kiblat.
  • Membaca doa dengan jelas dan benar. Baca doa buka puasa ayyamul bidh dengan jelas dan benar, sesuai dengan lafal yang telah ditentukan.
  • Mengangkat kedua tangan. Saat membaca doa buka puasa ayyamul bidh, angkat kedua tangan setinggi bahu, dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Berdoa dengan khusyuk. Berdoalah dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Rasakan makna dari setiap kata yang diucapkan.
  • Membaca doa secara rutin. Usahakan untuk membaca doa buka puasa ayyamul bidh secara rutin setiap kali berbuka puasa pada pertengahan bulan Hijriyah.
  • Mengajak keluarga dan teman. Ajak keluarga dan teman untuk ikut membaca doa buka puasa ayyamul bidh bersama-sama.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan doa buka puasa ayyamul bidh yang kita baca dapat diterima oleh Allah SWT dan memberikan manfaat yang besar bagi kita.

Tips-tips tersebut merupakan langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas ibadah puasa kita. Dengan mengamalkan tips-tips tersebut, kita dapat memperoleh manfaat maksimal dari ibadah puasa, yaitu peningkatan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Doa buka puasa ayyamul bidh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, yang dibaca pada tanggal 13, 14, dan 15 pada setiap bulan Hijriyah. Doa ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya mendapatkan ampunan dosa, pahala yang besar, keberkahan dalam hidup, dan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari doa buka puasa ayyamul bidh, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, seperti memastikan niat yang benar, menghadap kiblat, membaca doa dengan jelas dan benar, mengangkat kedua tangan, berdoa dengan khusyuk, membacanya secara rutin, dan mengajak keluarga dan teman untuk ikut membaca bersama.

Dengan mengamalkan doa buka puasa ayyamul bidh dan tips-tips tersebut, diharapkan ibadah puasa kita menjadi lebih berkualitas dan bermakna. Doa buka puasa ayyamul bidh merupakan pengingat bagi kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT, memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat, dan mengharapkan keberkahan dalam hidup.



Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags