Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

sisca


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri merupakan dokumen resmi yang digunakan untuk menyatakan pengunduran diri dari suatu pekerjaan. Surat ini penting untuk dibuat secara profesional dan sesuai dengan etika yang berlaku.

Menulis surat pengunduran diri yang baik dapat memberikan kesan positif pada mantan atasan dan rekan kerja. Surat ini juga dapat membantu proses transisi pengunduran diri menjadi lebih lancar dan menjaga hubungan baik.

contoh surat pengunduran diri kerja

Berikut adalah 10 poin penting yang harus diperhatikan saat membuat surat pengunduran diri kerja:

  • Profesional dan sopan
  • Tanggal pengunduran diri
  • Masa kerja
  • Posisi yang dijabat
  • Alasan pengunduran diri
  • Ekspresi terima kasih
  • Penyerahan tanggung jawab
  • Tanda tangan
  • Nama lengkap
  • Departemen

Dengan memperhatikan poin-poin tersebut, Anda dapat membuat surat pengunduran diri yang baik dan memberikan kesan positif.

Profesional dan sopan

Surat pengunduran diri yang profesional dan sopan menunjukkan sikap hormat dan menghargai terhadap mantan atasan dan rekan kerja. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan:

  • Gunakan bahasa yang formal dan sopan
    Hindari menggunakan bahasa yang informal atau slang dalam surat pengunduran diri. Gunakan kata-kata yang jelas, singkat, dan mudah dipahami.
  • Ekspresikan rasa terima kasih
    Dalam surat pengunduran diri, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan bekerja di perusahaan. Anda dapat mengekspresikan apresiasi atas dukungan, bimbingan, dan pengalaman yang telah Anda peroleh.
  • Berikan alasan pengunduran diri yang jelas dan ringkas
    Meskipun tidak wajib, memberikan alasan pengunduran diri dapat membantu perusahaan memahami alasan Anda pergi. Namun, hindari memberikan alasan yang terlalu pribadi atau kontroversial.
  • Tawarkan bantuan selama masa transisi
    Jika memungkinkan, tawarkan bantuan Anda selama masa transisi pengunduran diri. Ini menunjukkan sikap profesional dan keinginan Anda untuk membantu perusahaan.

Dengan memperhatikan poin-poin tersebut, Anda dapat membuat surat pengunduran diri yang profesional dan sopan, yang akan memberikan kesan positif kepada mantan atasan dan rekan kerja.

Tanggal pengunduran diri

Tanggal pengunduran diri adalah salah satu elemen penting dalam surat pengunduran diri. Tanggal ini menunjukkan kapan Anda akan secara resmi berhenti bekerja di perusahaan.

  • Berikan tanggal yang jelas
    Dalam surat pengunduran diri, sebutkan tanggal pengunduran diri Anda secara jelas dan pasti. Hindari menggunakan frasa yang tidak spesifik, seperti “secepatnya” atau “dalam waktu dekat”.
  • Berikan waktu pemberitahuan yang wajar
    Umumnya, waktu pemberitahuan pengunduran diri adalah dua minggu. Namun, waktu ini dapat bervariasi tergantung pada kontrak kerja atau kebijakan perusahaan.
  • Pertimbangkan masa transisi
    Saat menentukan tanggal pengunduran diri, pertimbangkan juga masa transisi yang dibutuhkan untuk mempersiapkan penggantian Anda. Ini akan membantu memastikan kelancaran penyerahan tanggung jawab.
  • Sesuaikan dengan jadwal perusahaan
    Jika memungkinkan, sesuaikan tanggal pengunduran diri Anda dengan jadwal perusahaan. Hindari mengundurkan diri pada saat perusahaan sedang sibuk atau mengalami perubahan besar.

Dengan memperhatikan poin-poin tersebut, Anda dapat menentukan tanggal pengunduran diri yang tepat dan memberikan waktu yang cukup bagi perusahaan untuk mempersiapkan penggantian Anda.

Masa kerja

Mencantumkan masa kerja dalam surat pengunduran diri memberikan informasi yang jelas tentang berapa lama Anda telah bekerja di perusahaan.

  • Sebutkan tanggal mulai dan berakhir
    Dalam surat pengunduran diri, sebutkan tanggal mulai dan berakhir masa kerja Anda. Ini akan giúp perusahaan menghitung masa kerja Anda dengan akurat.
  • Gunakan format yang konsisten
    Saat menulis tanggal, gunakan format yang konsisten. Misalnya, Anda dapat menggunakan format dd/mm/yyyy atau yyyy-mm-dd.
  • Sertakan masa kerja yang relevan
    Jika Anda memiliki masa kerja di perusahaan lain yang relevan dengan posisi Anda saat ini, Anda dapat menyertakan informasi tersebut dalam surat pengunduran diri.
  • Periksa kembali akurasi
    Sebelum mengirimkan surat pengunduran diri, periksa kembali akurasi tanggal masa kerja yang Anda cantumkan.
Baca Juga :  Panduan Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Dengan mencantumkan masa kerja yang jelas dan akurat, Anda membantu perusahaan mengelola catatan kepegawaian dan memberikan referensi yang tepat di masa mendatang.

Posisi yang dijabat

Menyebutkan posisi yang dijabat dalam surat pengunduran diri memberikan informasi yang jelas tentang peran Anda di perusahaan. Hal ini penting untuk membantu perusahaan memahami ruang lingkup tanggung jawab Anda dan mempersiapkan penggantian yang sesuai.

Dalam surat pengunduran diri, sebutkan posisi resmi Anda sesuai dengan kontrak kerja atau deskripsi pekerjaan. Jika Anda memiliki beberapa posisi atau tanggung jawab tambahan, Anda dapat menyertakan informasi tersebut juga.

Selain itu, pertimbangkan untuk menyertakan pencapaian atau kontribusi penting yang telah Anda buat dalam posisi tersebut. Hal ini dapat menunjukkan nilai Anda bagi perusahaan dan membantu mereka menghargai kontribusi Anda.

Dengan mencantumkan posisi yang dijabat secara jelas dan akurat, Anda membantu perusahaan memastikan kelancaran transisi dan mengakui peran Anda dalam organisasi.

Alasan pengunduran diri

Meskipun tidak wajib, menyebutkan alasan pengunduran diri dalam surat dapat menunjukkan profesionalisme dan transparasi Anda. Alasan yang Anda berikan harus juámarar dan ringkas.

Beberapa alasan pengunduran diri yang dapat Anda pertimbangkan untuk disebutkan meliputi:

  • Pengembangan karier: Anda dapat menyebutkan bahwa Anda mencari peluang baru untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman Anda.
  • Tujuan pribadi: Anda dapat menjelaskan bahwa Anda berencana untuk mengejar tujuan pribadi, seperti melanjutkan Pendidikan atau bepergian.
  • Pertimbangan finanPreferenceial: Anda dapat menyatakan bahwa Anda telah menerima tawaran dengan kompensasi yang lebih baik.
  • Masalah pribadi: Anda dapat menyebutkan bahwa Anda menghadapi keadaan pribadi yang mengh mengh mengh mengh

Hindari menyebutkan alasan yang negatif atau kontroversial, seperti konflik dengan rekan Kerja atau ketidakpuasan dengan manajemen. Menyatakan alasan pengunduran diri secara profesional akan menjaga hubungan baik dengan mantan atasan dan rekan Kerja.

Ekspresi terima kasih

Mengekspresikan terima kasih dalam surat pengunduran diri menunjukkan apresiasi Anda atas kesempatan bekerja di perusahaan.

  • Tulus dan spesifik
    Dalam mengungkapkan rasa terima kasih, jadilah tulus dan spesifik. Sebutkan pengalaman, dukungan, atau bimbingan tertentu yang telah Anda terima.
  • Hindari frasa klise
    Hindari menggunakan frasa klise seperti “Saya berterima kasih atas kesempatannya”. Sebaliknya, gunakan kata-kata yang lebih tulus dan bermakna.
  • Apresiasi terhadap rekan kerja
    Jika diinginkan, Anda dapat mengungkapkan apresiasi kepada rekan kerja tertentu yang telah mendukung Anda selama bekerja di perusahaan.
  • Harapan baik
    Akhiri ekspresi terima kasih Anda dengan harapan baik untuk perusahaan dan rekan kerja di masa depan.

Dengan mengekspresikan terima kasih secara tulus dan profesional, Anda dapat meninggalkan kesan positif dan menjaga hubungan baik dengan mantan atasan dan rekan kerja.

Penyerahan tanggung jawab

Dalam surat pengunduran diri, Anda dapat menawarkan bantuan untuk memastikan transisi yang lancar selama masa pengunduran diri Anda. Hal ini menunjukkan profesionalisme dan keinginan Anda untuk membantu perusahaan.

Beberapa cara untuk menawarkan bantuan dalam penyerahan tanggung jawab meliputi:

  • Penyusunan dokumentasi
    Anda dapat menawarkan untuk membantu menyusun dokumentasi atau panduan untuk tugas dan tanggung jawab Anda.
  • Pelatihan pengganti
    Jika memungkinkan, Anda dapat menawarkan untuk melatih pengganti Anda atau memberikan bimbingan selama masa transisi.
  • Serah terima tugas
    Sebelum Anda pergi, pastikan untuk menyerahkan semua tugas dan proyek yang sedang berlangsung kepada atasan atau rekan kerja yang relevan.
  • Dukungan setelah pengunduran diri
    Tawarkan untuk memberikan dukungan setelah Anda mengundurkan diri, jika diperlukan. Ini dapat meliputi menjawab pertanyaan atau memberikan konsultasi.
Baca Juga :  Pantai Marina

Dengan menawarkan bantuan dalam penyerahan tanggung jawab, Anda menunjukkan komitmen Anda terhadap perusahaan dan memastikan kelancaran transisi selama masa pengunduran diri Anda.

Tanda tangan

Tanda tangan pada surat pengunduran diri berfungsi sebagai verifikasi resmi pengunduran diri Anda. Tanda tangan harus asli dan dilakukan dengan tinta.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait tanda tangan pada surat pengunduran diri:

  • Tanda tangan yang jelas dan mudah dibaca
    Pastikan tanda tangan Anda jelas dan mudah dibaca. Hindari tanda tangan yang berantakan atau sulit dikenali.
  • Tuliskan nama lengkap di bawah tanda tangan
    Di bawah tanda tangan, tuliskan nama lengkap Anda dengan jelas. Ini akan membantu mengidentifikasi Anda sebagai penulis surat.
  • Gunakan tinta hitam atau biru
    Sebaiknya gunakan tinta hitam atau biru untuk tanda tangan. Hindari menggunakan warna tinta lain yang mungkin sulit dibaca atau direproduksi.
  • Tanda tangani secara langsung
    Surat pengunduran diri harus ditandatangani secara langsung. Hindari menggunakan tanda tangan digital atau elektronik.

Dengan memberikan tanda tangan yang jelas dan asli, Anda memverifikasi keaslian surat pengunduran diri dan memastikan validitasnya.

Nama lengkap

Mencantumkan nama lengkap di surat pengunduran diri memastikan identifikasi yang jelas dari penulis surat. Nama lengkap harus ditulis di bawah tanda tangan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait penulisan nama lengkap pada surat pengunduran diri:

  • Tuliskan nama lengkap tanpa gelar
    Hindari menggunakan gelar akademik atau profesional (misalnya, Dr., Ir., S.E.) di depan nama Anda. Cukup tuliskan nama lengkap Anda.
  • Gunakan ejaan yang benar
    Pastikan Anda menuliskan nama lengkap dengan ejaan yang benar. Hindari kesalahan ejaan yang dapat menyebabkan kebingungan.
  • Gunakan huruf kapital
    Biasanya, nama lengkap ditulis menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata.
  • Tuliskan dengan jelas dan mudah dibaca
    Tuliskan nama lengkap Anda dengan jelas dan mudah dibaca. Hindari tulisan tangan yang berantakan atau sulit dikenali.

Dengan mencantumkan nama lengkap yang jelas dan akurat, Anda memastikan bahwa surat pengunduran diri Anda dapat diidentifikasi dan diverifikasi dengan mudah.

Departemen

Mencantumkan departemen dalam surat pengunduran diri memberikan informasi tentang unit kerja Anda di perusahaan.

  • Sebutkan nama departemen
    Dalam surat pengunduran diri, sebutkan nama departemen tempat Anda bekerja. Ini akan membantu perusahaan mengidentifikasi posisi Anda dalam organisasi.
  • Gunakan nama resmi departemen
    Gunakan nama resmi departemen sesuai dengan struktur organisasi perusahaan. Hindari menggunakan singkatan atau nama informal.
  • Tuliskan di bawah nama lengkap
    Biasanya, nama departemen ditulis di bawah nama lengkap, setelah tanda tangan.
  • Periksa kembali akurasi
    Sebelum mengirimkan surat pengunduran diri, periksa kembali akurasi nama departemen yang Anda cantumkan.

Dengan mencantumkan nama departemen yang jelas dan akurat, Anda membantu perusahaan memproses surat pengunduran diri Anda dengan lebih efisien.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait penulisan surat pengunduran diri kerja:

Pertanyaan 1: Kapan waktu yang tepat untuk mengajukan pengunduran diri?
Waktu yang tepat untuk mengajukan pengunduran diri bervariasi tergantung pada kebijakan perusahaan dan kontrak kerja. Umumnya, pemberitahuan pengunduran diri diberikan dua minggu sebelum tanggal pengunduran diri yang diinginkan.

Pertanyaan 2: Apakah saya harus menyertakan alasan pengunduran diri dalam surat?
Menyertakan alasan pengunduran diri tidak wajib, tetapi dianjurkan. Alasan yang diberikan harus jujur, ringkas, dan profesional.

Baca Juga :  Contoh Soal Zakat Pertanian: Panduan Lengkap untuk Petani

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menulis surat pengunduran diri yang efektif?
Surat pengunduran diri yang efektif harus ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Pastikan untuk menyertakan informasi penting seperti tanggal pengunduran diri, posisi yang dijabat, dan alasan pengunduran diri (jika memungkinkan).

Pertanyaan 4: Apakah saya perlu menyertakan tanda tangan dalam surat pengunduran diri?
Ya, tanda tangan asli diperlukan pada surat pengunduran diri. Tanda tangan berfungsi sebagai verifikasi resmi pengunduran diri.

Pertanyaan 5: Apakah ada format khusus untuk surat pengunduran diri?
Meskipun tidak ada format khusus yang wajib, surat pengunduran diri umumnya ditulis dalam format surat bisnis formal. Pastikan untuk menyertakan informasi seperti kop surat, tanggal, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan.

Pertanyaan 6: Haruskah saya memberikan surat pengunduran diri secara langsung atau melalui email?
Sebaiknya berikan surat pengunduran diri secara langsung kepada atasan Anda. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda dapat mengirimkannya melalui email.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat menulis surat pengunduran diri yang efektif dan profesional.

Selain memahami hal-hal tersebut, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda dalam menulis surat pengunduran diri kerja:

Tips

Selain memperhatikan poin-poin penting yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah beberapa tips praktis untuk menulis surat pengunduran diri kerja:

1. Rencanakan dan tulis draf terlebih dahulu
Sebelum menulis surat pengunduran diri, luangkan waktu untuk merencanakan dan menulis draf. Hal ini akan membantu Anda menyusun pikiran dan memastikan surat yang Anda tulis jelas dan ringkas.

2. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional
Bahasa yang Anda gunakan dalam surat pengunduran diri harus sopan dan profesional. Hindari menggunakan bahasa informal atau slang. Gunakan kata-kata yang jelas, singkat, dan mudah dipahami.

3. Pertimbangkan untuk menawarkan bantuan selama masa transisi
Menawarkan bantuan selama masa transisi pengunduran diri menunjukkan sikap profesional dan keinginan Anda untuk membantu perusahaan. Anda dapat menawarkan bantuan dalam hal pelatihan pengganti, penyerahan tugas, atau dukungan setelah pengunduran diri.

4. Koreksi surat dengan cermat
Setelah selesai menulis surat pengunduran diri, koreksi surat tersebut dengan cermat untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau tanda baca. Anda juga dapat meminta orang lain untuk memeriksa surat tersebut.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menulis surat pengunduran diri yang efektif dan meninggalkan kesan positif pada mantan atasan dan rekan kerja.

Kesimpulannya, menulis surat pengunduran diri kerja yang baik sangat penting untuk menjaga hubungan profesional dan memastikan transisi yang lancar. Dengan memperhatikan poin-poin penting dan tips yang telah dibahas, Anda dapat membuat surat pengunduran diri yang efektif dan berkesan.

Kesimpulan

Menulis surat pengunduran diri kerja yang efektif sangat penting untuk menjaga hubungan profesional dan memastikan transisi yang lancar. Surat pengunduran diri harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan profesional, serta mencakup informasi penting seperti tanggal pengunduran diri, posisi yang dijabat, dan alasan pengunduran diri (jika memungkinkan).

Poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam menulis surat pengunduran diri kerja meliputi:

  • Profesional dan sopan
  • Tanggal pengunduran diri
  • Masa kerja
  • Posisi yang dijabat
  • Alasan pengunduran diri
  • Ekspresi terima kasih
  • Penyerahan tanggung jawab
  • Tanda tangan
  • Nama lengkap
  • Departemen

Selain memperhatikan poin-poin penting tersebut, ada beberapa tips praktis yang dapat membantu Anda menulis surat pengunduran diri yang efektif, seperti merencanakan dan menulis draf terlebih dahulu, menggunakan bahasa yang sopan dan profesional, menawarkan bantuan selama masa transisi, dan mengoreksi surat dengan cermat.

Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah dibahas, Anda dapat menulis surat pengunduran diri kerja yang efektif dan meninggalkan kesan positif pada mantan atasan dan rekan kerja.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..