Cara Mudah Menyembuhkan Scabies di Rumah Secara Alami


Cara Mudah Menyembuhkan Scabies di Rumah Secara Alami

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu kecil yang disebut Sarcoptes scabiei. Kutu ini masuk ke dalam kulit dan menggali terowongan kecil, menyebabkan gatal-gatal yang hebat. Scabies dapat menyebar melalui kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi atau melalui pakaian atau tempat tidur yang terkontaminasi.

Jika Anda mengalami gatal-gatal hebat, terutama di malam hari, Anda mungkin menderita scabies. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Selain pengobatan medis, ada beberapa cara alami yang dapat membantu meredakan gatal dan mempercepat penyembuhan scabies.

Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan scabies secara alami yang dapat Anda coba di rumah:

cara menyembuhkan scabies

Berikut adalah 6 cara penting untuk menyembuhkan scabies:

  • Mandi air hangat
  • Gunakan sabun antiseptik
  • Oleskan krim anti-gatal
  • Jaga kebersihan tempat tidur
  • Ganti pakaian secara teratur
  • Hindari kontak dekat dengan penderita scabies

Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Anda dapat membantu meredakan gatal-gatal dan mempercepat penyembuhan scabies.

Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu meredakan gatal-gatal dan membunuh kutu scabies. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mandi air hangat untuk mengobati scabies:

  • Gunakan air hangat, bukan air panas. Air yang terlalu panas dapat mengiritasi kulit dan memperburuk gatal-gatal.
  • Mandilah selama 10-15 menit. Ini akan memberi cukup waktu untuk membunuh kutu scabies dan meredakan gatal-gatal.
  • Gunakan sabun antiseptik. Sabun antiseptik dapat membantu membunuh kuman dan bakteri pada kulit.
  • Bilas tubuh hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di kulit.

Mandi air hangat dapat dilakukan 2-3 kali sehari untuk meredakan gatal-gatal dan mempercepat penyembuhan scabies. Namun, jika kulit Anda terasa kering atau iritasi, sebaiknya kurangi frekuensi mandi.

Gunakan sabun antiseptik

Sabun antiseptik dapat membantu membunuh kuman dan bakteri pada kulit, termasuk kutu scabies. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan sabun antiseptik untuk mengobati scabies:

  • Pilih sabun antiseptik yang mengandung bahan aktif seperti triclosan, chlorhexidine, atau povidone-iodine. Bahan-bahan ini efektif membunuh kuman dan bakteri.
  • Gunakan sabun antiseptik saat mandi. Basahi tubuh Anda dengan air hangat, lalu usapkan sabun antiseptik ke seluruh tubuh. Gosok perlahan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.
  • Gunakan sabun antiseptik untuk mencuci pakaian dan tempat tidur. Ini akan membantu membunuh kutu scabies yang mungkin menempel pada pakaian atau tempat tidur.
  • Jangan gunakan sabun antiseptik terlalu sering. Penggunaan sabun antiseptik yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.
Baca Juga :  Cara Ampuh Menyembuhkan Kaki Bengkak dengan Mudah dan Cepat

Gunakan sabun antiseptik sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Jika Anda mengalami iritasi kulit, segera hentikan penggunaan sabun antiseptik dan konsultasikan dengan dokter.

Oleskan krim anti-gatal

Krim anti-gatal dapat membantu meredakan gatal-gatal yang disebabkan oleh scabies. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan krim anti-gatal untuk mengobati scabies:

  • Pilih krim anti-gatal yang mengandung bahan aktif seperti calamine, menthol, atau pramoxine. Bahan-bahan ini efektif meredakan gatal-gatal.
  • Oleskan krim anti-gatal ke area kulit yang gatal. Hindari mengoleskan krim anti-gatal ke mata, mulut, atau hidung.
  • Oleskan krim anti-gatal sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Jangan gunakan krim anti-gatal lebih sering dari yang dianjurkan.
  • Jika gatal-gatal tidak membaik setelah beberapa hari, konsultasikan dengan dokter.

Krim anti-gatal dapat membantu meredakan gatal-gatal yang disebabkan oleh scabies, tetapi tidak dapat menyembuhkan scabies. Untuk menyembuhkan scabies, Anda perlu menggunakan obat resep dari dokter.

Jaga kebersihan tempat tidur

Tempat tidur merupakan tempat yang ideal bagi kutu scabies untuk berkembang biak. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tempat tidur sangat penting untuk mencegah dan mengobati scabies.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kebersihan tempat tidur agar terhindar dari scabies:

  • Ganti sprei dan sarung bantal seminggu sekali. Jika memungkinkan, gunakan air panas untuk mencuci sprei dan sarung bantal.
  • Jemur sprei dan sarung bantal di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membunuh kutu scabies dan telurnya.
  • Vakum kasur dan tempat tidur secara teratur. Ini akan membantu menghilangkan kutu scabies dan telurnya yang mungkin menempel pada kasur dan tempat tidur.
  • Jika Anda berbagi tempat tidur dengan orang lain, pastikan untuk mencuci sprei dan sarung bantal setiap hari. Ini akan membantu mencegah penyebaran scabies.

Dengan menjaga kebersihan tempat tidur, Anda dapat membantu mencegah dan mengobati scabies. Selain itu, menjaga kebersihan tempat tidur juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit lainnya.

Ganti pakaian secara teratur

Kutu scabies dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui pakaian yang terkontaminasi. Oleh karena itu, mengganti pakaian secara teratur sangat penting untuk mencegah dan mengobati scabies.

  • Ganti pakaian setidaknya sekali sehari. Jika memungkinkan, ganti pakaian lebih sering, terutama setelah berkeringat atau berolahraga.
  • Cuci pakaian dengan air panas. Kutu scabies dapat mati pada suhu tinggi. Oleh karena itu, cuci pakaian dengan air panas (minimal 50 derajat Celcius) untuk membunuh kutu scabies dan telurnya.
  • Keringkan pakaian dengan suhu tinggi. Keringkan pakaian dengan suhu tinggi (minimal 60 derajat Celcius) untuk membunuh kutu scabies dan telurnya.
  • Jangan berbagi pakaian dengan orang lain. Ini akan membantu mencegah penyebaran scabies.
Baca Juga :  Epilepsi Bisa Sembuh, Ini Penjelasannya

Dengan mengganti pakaian secara teratur dan mencuci pakaian dengan benar, Anda dapat membantu mencegah dan mengobati scabies. Selain itu, mengganti pakaian secara teratur juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit lainnya.

Hindari kontak dekat dengan penderita scabies

Scabies dapat menyebar melalui kontak dekat dengan penderita scabies. Oleh karena itu, menghindari kontak dekat dengan penderita scabies sangat penting untuk mencegah tertular penyakit ini.

  • Hindari berjabat tangan, berpelukan, atau berbagi pakaian dengan penderita scabies.
  • Jangan tidur di tempat tidur yang sama dengan penderita scabies.
  • Jangan menggunakan handuk atau barang pribadi lainnya yang digunakan oleh penderita scabies.
  • Jika Anda harus merawat penderita scabies, gunakan sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya untuk menghindari kontak langsung dengan kulit penderita scabies.

Dengan menghindari kontak dekat dengan penderita scabies, Anda dapat membantu mencegah tertular penyakit ini. Selain itu, menghindari kontak dekat dengan penderita scabies juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit lainnya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kesembuhan scabies:

Question 1: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari scabies?
Answer 1: Waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari scabies tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan pengobatan yang digunakan. Pada umumnya, scabies dapat disembuhkan dalam waktu 2-4 minggu dengan pengobatan yang tepat.

Question 2: Apakah scabies dapat kambuh?
Answer 2: Scabies dapat kambuh jika pengobatan tidak tuntas atau jika terjadi kontak ulang dengan penderita scabies. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti pengobatan sesuai petunjuk dokter dan menghindari kontak dekat dengan penderita scabies.

Question 3: Apakah scabies dapat dicegah?
Answer 3: Scabies dapat dicegah dengan menghindari kontak dekat dengan penderita scabies, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta tidak berbagi pakaian atau barang pribadi dengan penderita scabies.

Question 4: Apakah scabies dapat menular ke hewan peliharaan?
Answer 4: Scabies dapat menular ke hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Oleh karena itu, jika Anda atau hewan peliharaan Anda menderita scabies, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Question 5: Apakah scabies dapat ditularkan melalui hubungan seksual?
Answer 5: Scabies dapat ditularkan melalui hubungan seksual, tetapi ini jarang terjadi. Jika Anda menderita scabies dan memiliki pasangan seksual, penting untuk memberi tahu pasangan Anda agar mereka dapat diperiksa dan diobati jika perlu.

Baca Juga :  Cara Mandi Wajib Wanita Sesuai Sunnah

Question 6: Apakah scabies dapat diobati dengan pengobatan rumahan?
Answer 6: Ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan gejala scabies, seperti mandi air hangat, menggunakan sabun antiseptik, dan mengoleskan krim anti-gatal. Namun, pengobatan rumahan saja tidak cukup untuk menyembuhkan scabies. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang kesembuhan scabies, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda sembuh dari scabies:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda sembuh dari scabies:

Tip 1: Ikuti pengobatan dokter sesuai petunjuk.

Jangan menghentikan pengobatan meskipun gatal-gatal sudah membaik. Pastikan untuk mengikuti pengobatan sampai tuntas untuk mencegah kambuhnya scabies.

Tip 2: Jaga kebersihan diri dan lingkungan.

Mandilah dengan air hangat dan sabun antiseptik setiap hari. Ganti pakaian dan sprei secara teratur. Cuci pakaian dan sprei dengan air panas dan keringkan dengan suhu tinggi untuk membunuh kutu scabies dan telurnya. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu dan meja.

Tip 3: Hindari kontak dekat dengan penderita scabies.

Jangan berjabat tangan, berpelukan, atau berbagi pakaian dengan penderita scabies. Jika Anda harus merawat penderita scabies, gunakan sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya untuk menghindari kontak langsung dengan kulit penderita scabies.

Tip 4: Gunakan krim anti-gatal untuk meredakan gatal-gatal.

Pilih krim anti-gatal yang mengandung bahan aktif seperti calamine, menthol, atau pramoxine. Oleskan krim anti-gatal ke area kulit yang gatal sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu mempercepat proses penyembuhan scabies dan mencegah penyebaran penyakit ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah pengobatan dan pencegahan di atas, Anda dapat membantu mempercepat proses penyembuhan scabies dan mencegah penyebaran penyakit ini.

Conclusion

Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu kecil yang disebut Sarcoptes scabiei. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat tentang kesembuhan scabies:

  • Scabies dapat disembuhkan dalam waktu 2-4 minggu dengan pengobatan yang tepat.
  • Penting untuk mengikuti pengobatan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah kambuhnya penyakit.
  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penyebaran penyakit.
  • Hindari kontak dekat dengan penderita scabies untuk mencegah tertular penyakit ini.

Jika Anda mengalami gejala scabies, seperti gatal-gatal hebat, terutama di malam hari, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah pengobatan dan pencegahan di atas, Anda dapat membantu mempercepat proses penyembuhan scabies dan mencegah penyebaran penyakit ini. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang scabies.


Artikel Terkait

Bagikan: