Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

sisca


Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah alat ukur presisi yang digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alat ini bekerja berdasarkan prinsip perputaran sekrup yang terhubung dengan skala putar dan skala bantu. Mikrometer sekrup memiliki dua bagian utama, yaitu rangka utama dan poros ukur.

Rangka utama mikrometer sekrup adalah bagian yang terbuat dari bahan logam yang kokoh dan stabil. Rangka utama ini berfungsi sebagai rumah bagi komponen-komponen mikrometer sekrup lainnya. Poros ukur adalah bagian yang berbentuk silinder yang terbuat dari bahan logam yang keras dan tahan aus. Poros ukur ini berputar pada poros utama dan terhubung dengan skala putar dan skala bantu.

Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

Berikut adalah 9 poin penting tentang cara menghitung mikrometer sekrup:

  • Baca skala utama
  • Baca skala putar
  • Baca skala bantu
  • Jumlahkan hasil pembacaan
  • Perhatikan satuan pengukuran
  • Gunakan rumus perhitungan
  • Ketahui batas ukur mikrometer
  • Kalibrasi mikrometer secara berkala
  • Gunakan mikrometer dengan benar

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menghitung hasil pengukuran menggunakan mikrometer sekrup dengan akurat dan tepat.

Baca Skala Utama

Skala utama pada mikrometer sekrup adalah skala yang tertera pada rangka utama alat ukur. Skala utama ini biasanya memiliki satuan milimeter (mm) atau inci (in) dan menunjukkan posisi poros ukur terhadap rangka utama.

Untuk membaca skala utama, perhatikan garis skala yang sejajar dengan bidang ukur. Garis skala ini menunjukkan posisi ujung poros ukur terhadap rangka utama. Nilai yang ditunjukkan oleh garis skala ini adalah hasil pengukuran dalam satuan milimeter atau inci.

Jika ujung poros ukur berada tepat pada garis skala, maka hasil pengukuran adalah bilangan bulat. Misalnya, jika ujung poros ukur berada pada garis skala yang bertuliskan “2 mm”, maka hasil pengukuran adalah 2 mm.

Namun, jika ujung poros ukur berada di antara dua garis skala, maka hasil pengukuran adalah bilangan desimal. Misalnya, jika ujung poros ukur berada di antara garis skala yang bertuliskan “2 mm” dan “3 mm”, maka hasil pengukuran adalah 2,5 mm.

Untuk membaca skala utama dengan lebih akurat, Anda dapat menggunakan kaca pembesar. Kaca pembesar akan membantu Anda melihat garis skala dengan lebih jelas dan menentukan posisi ujung poros ukur dengan lebih tepat.

Baca Skala Putar

Skala putar pada mikrometer sekrup adalah skala yang tertera pada bagian ujung poros ukur. Skala putar ini biasanya memiliki satuan 0,01 mm atau 0,001 inci dan menunjukkan posisi poros ukur terhadap skala utama.

Untuk membaca skala putar, perhatikan angka yang sejajar dengan garis skala utama. Angka ini menunjukkan nilai perpindahan poros ukur dalam satuan 0,01 mm atau 0,001 inci.

Jika angka pada skala putar tepat berada pada garis skala utama, maka hasil pengukuran adalah bilangan bulat. Misalnya, jika angka pada skala putar adalah “0”, maka hasil pengukuran adalah 2 mm (dari pembacaan skala utama) ditambah 0,00 mm (dari pembacaan skala putar), sehingga hasil pengukuran akhir adalah 2,00 mm.

Namun, jika angka pada skala putar berada di antara dua garis skala utama, maka hasil pengukuran adalah bilangan desimal. Misalnya, jika angka pada skala putar adalah “5”, maka hasil pengukuran adalah 2 mm (dari pembacaan skala utama) ditambah 0,05 mm (dari pembacaan skala putar), sehingga hasil pengukuran akhir adalah 2,05 mm.

Untuk membaca skala putar dengan lebih akurat, Anda dapat menggunakan kaca pembesar. Kaca pembesar akan membantu Anda melihat angka pada skala putar dengan lebih jelas dan menentukan posisi angka tersebut terhadap garis skala utama dengan lebih tepat.

Baca Juga :  Independensi Adalah

Baca Skala Bantu

Skala bantu pada mikrometer sekrup adalah skala yang tertera pada selongsong poros ukur. Skala bantu ini biasanya memiliki satuan 0,001 mm atau 0,0001 inci dan menunjukkan posisi poros ukur terhadap skala putar.

  • Perhatikan garis skala bantu yang sejajar dengan garis skala putar.

    Garis skala bantu ini menunjukkan posisi ujung poros ukur terhadap skala putar.

  • Baca angka pada skala bantu yang sejajar dengan garis skala putar.

    Angka ini menunjukkan nilai perpindahan poros ukur dalam satuan 0,001 mm atau 0,0001 inci.

  • Jumlahkan hasil pembacaan skala bantu dengan hasil pembacaan skala putar.

    Hasil penjumlahan ini adalah hasil pengukuran akhir dalam satuan milimeter atau inci.

  • Perhatikan satuan pengukuran yang digunakan.

    Skala bantu biasanya memiliki satuan 0,001 mm atau 0,0001 inci. Pastikan Anda menggunakan satuan yang sama ketika menjumlahkan hasil pembacaan skala bantu dengan hasil pembacaan skala putar.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membaca skala bantu dengan akurat dan menghitung hasil pengukuran menggunakan mikrometer sekrup dengan tepat.

Jumlahkan Hasil Pembacaan

Setelah membaca skala utama, skala putar, dan skala bantu, langkah selanjutnya adalah menjumlahkan hasil pembacaan ketiga skala tersebut. Hasil penjumlahan ini adalah hasil pengukuran akhir menggunakan mikrometer sekrup.

  • Jumlahkan hasil pembacaan skala utama dan skala putar.

    Hasil penjumlahan ini adalah posisi ujung poros ukur terhadap rangka utama dalam satuan milimeter atau inci.

  • Jumlahkan hasil penjumlahan skala utama dan skala putar dengan hasil pembacaan skala bantu.

    Hasil penjumlahan ini adalah hasil pengukuran akhir dalam satuan milimeter atau inci.

  • Perhatikan satuan pengukuran yang digunakan.

    Skala utama, skala putar, dan skala bantu biasanya memiliki satuan yang sama, yaitu milimeter atau inci. Pastikan Anda menggunakan satuan yang sama ketika menjumlahkan hasil pembacaan ketiga skala tersebut.

  • Tuliskan hasil pengukuran akhir dengan benar.

    Hasil pengukuran akhir harus dituliskan dengan memperhatikan jumlah angka desimal yang sesuai dengan ketelitian mikrometer sekrup. Misalnya, jika mikrometer sekrup memiliki ketelitian 0,01 mm, maka hasil pengukuran akhir harus dituliskan dengan satu angka desimal, seperti “2,5 mm”.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menjumlahkan hasil pembacaan skala utama, skala putar, dan skala bantu dengan benar dan memperoleh hasil pengukuran akhir yang akurat menggunakan mikrometer sekrup.

Perhatikan Satuan Pengukuran

Satuan pengukuran yang digunakan pada mikrometer sekrup biasanya adalah milimeter (mm) atau inci (in). Skala utama, skala putar, dan skala bantu pada mikrometer sekrup biasanya memiliki satuan yang sama.

Ketika membaca hasil pengukuran pada mikrometer sekrup, penting untuk memperhatikan satuan pengukuran yang digunakan. Jika satuan pengukuran yang digunakan adalah milimeter, maka hasil pengukuran harus dituliskan dalam milimeter. Jika satuan pengukuran yang digunakan adalah inci, maka hasil pengukuran harus dituliskan dalam inci.

Tidak diperbolehkan mencampur satuan pengukuran yang berbeda ketika membaca hasil pengukuran pada mikrometer sekrup. Misalnya, jika skala utama menggunakan satuan milimeter, maka skala putar dan skala bantu juga harus menggunakan satuan milimeter. Tidak diperbolehkan menggunakan skala putar dengan satuan inci dan skala bantu dengan satuan milimeter pada mikrometer sekrup yang sama.

Jika Anda tidak yakin dengan satuan pengukuran yang digunakan pada mikrometer sekrup, sebaiknya Anda membaca petunjuk penggunaan alat tersebut sebelum melakukan pengukuran. Petunjuk penggunaan mikrometer sekrup biasanya berisi informasi tentang satuan pengukuran yang digunakan pada alat tersebut.

Dengan memperhatikan satuan pengukuran yang digunakan pada mikrometer sekrup, Anda dapat memperoleh hasil pengukuran yang akurat dan tepat.

Sgunakan Rumus Perhitungan

Untuk menghitung pengukuran menggunakan mikrometer sekrup, Anda dapat menggunakan rumus perhitungan berikut:

Pengukuran = (Skala utama x Nilai шкала putar) + Nilai шкала bantu

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus perhitungan tersebut:

  1. Jika шкала utama menunjukkan angka 5 dan шкала putar menunjukkan angka 0, pengukurannya adalah 5,00 mm.
  2. Jika шкала utama menunjukkan angka 5 dan шкала putar menunjukkan angka 1, pengukurannya adalah 5,01 mm.
  3. Jika шкала utama menunjukkan angka 5 dan шкала putar menunjukkan angka 2, pengukurannya adalah 5,02 mm.
  4. Jika шкала utama menunjukkan angka 5 dan шкала putar menunjukkan angka 3, pengukurannya adalah 5,03 mm.
  5. Jika шкала utama menunjukkan angka 5 dan шкала putar menunjukkan angka 4, pengukurannya adalah 5,04 mm.
Baca Juga :  Surat 1000 Dinar

Dengan menggunakan rumus perhitungan tersebut, Anda dapat menghitung pengukuran secara akurat dan tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Ketahui Batas Ukur Mikrometer

Batas ukur mikrometer adalah rentang pengukuran yang dapat dilakukan oleh mikrometer tersebut. Batas ukur mikrometer biasanya ditentukan oleh panjang rangka utama alat tersebut.

  • Perhatikan panjang rangka utama mikrometer.

    Panjang rangka utama mikrometer menunjukkan batas ukur maksimum alat tersebut.

  • Baca petunjuk penggunaan mikrometer.

    Petunjuk penggunaan mikrometer biasanya berisi informasi tentang batas ukur alat tersebut.

  • Jangan memaksakan mikrometer untuk mengukur benda yang lebih besar dari batas ukurnya.

    Memaksakan mikrometer untuk mengukur benda yang lebih besar dari batas ukurnya dapat merusak alat tersebut.

  • Gunakan mikrometer yang sesuai dengan ukuran benda yang akan diukur.

    Jika Anda tidak yakin dengan batas ukur mikrometer yang Anda miliki, sebaiknya Anda memilih mikrometer dengan batas ukur yang lebih besar dari ukuran benda yang akan diukur.

Dengan mengetahui batas ukur mikrometer, Anda dapat menggunakan alat tersebut dengan benar dan aman.

Kalibrasi Mikrometer Secara Berkala

Mikrometer adalah alat ukur presisi yang harus dikalibrasi secara berkala untuk memastikan akurasi pengukuran. Kalibrasi mikrometer dapat dilakukan oleh teknisi yang berkualifikasi atau di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi.

Frekuensi kalibrasi mikrometer tergantung pada seberapa sering alat tersebut digunakan dan jenis pengukuran yang dilakukan. Jika mikrometer digunakan secara intensif, sebaiknya dikalibrasi setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali. Jika mikrometer hanya digunakan sesekali, kalibrasi dapat dilakukan setiap 2 atau 3 tahun sekali.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa mikrometer harus dikalibrasi secara berkala:

  • Untuk memastikan akurasi pengukuran.

    Mikrometer yang tidak dikalibrasi secara berkala dapat menghasilkan pengukuran yang tidak akurat.

  • Untuk memenuhi persyaratan standar kualitas.

    Banyak perusahaan dan organisasi memiliki persyaratan standar kualitas yang mengharuskan alat ukur dikalibrasi secara berkala.

  • Untuk mencegah kerusakan alat.

    Mikrometer yang tidak dikalibrasi secara berkala dapat mengalami kerusakan jika digunakan untuk mengukur benda yang lebih besar dari batas ukurnya.

Dengan mengkalibrasi mikrometer secara berkala, Anda dapat memastikan akurasi pengukuran, memenuhi persyaratan standar kualitas, dan mencegah kerusakan alat.

Gunakan Mikrometer dengan Benar

Untuk memperoleh hasil pengukuran yang akurat dan tepat menggunakan mikrometer, penting untuk menggunakan alat tersebut dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan mikrometer dengan benar:

  • Baca petunjuk penggunaan mikrometer sebelum menggunakan alat tersebut.

    Petunjuk penggunaan mikrometer biasanya berisi informasi tentang cara menggunakan alat tersebut dengan benar.

  • Bersihkan mikrometer sebelum dan sesudah digunakan.

    Bersihkan mikrometer menggunakan kain yang lembut dan bersih. Jangan gunakan bahan pembersih yang keras atau abrasif.

  • Gunakan mikrometer pada suhu ruangan.

    Mikrometer harus digunakan pada suhu ruangan untuk memastikan akurasi pengukuran.

  • Jangan memaksakan mikrometer untuk mengukur benda yang lebih besar dari batas ukurnya.

    Memaksakan mikrometer untuk mengukur benda yang lebih besar dari batas ukurnya dapat merusak alat tersebut.

  • Jangan jatuhkan atau benturkan mikrometer.

    Jatuhkan atau benturkan mikrometer dapat merusak alat tersebut.

Dengan menggunakan mikrometer dengan benar, Anda dapat memperoleh hasil pengukuran yang akurat dan tepat serta menjaga alat tersebut tetap awet.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghitung mikrometer sekrup:

Question 1: Apa itu mikrometer sekrup?
Answer 1: Mikrometer sekrup adalah alat ukur presisi yang digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda dengan tingkat akurasi yang tinggi. Alat ini bekerja berdasarkan prinsip perputaran sekrup yang terhubung dengan skala putar dan skala bantu.

Question 2: Bagaimana cara membaca skala utama pada mikrometer sekrup?
Answer 2: Skala utama pada mikrometer sekrup menunjukkan posisi poros ukur terhadap rangka utama. Untuk membaca skala utama, perhatikan garis skala yang sejajar dengan bidang ukur. Nilai yang ditunjukkan oleh garis skala ini adalah hasil pengukuran dalam satuan milimeter atau inci.

Baca Juga :  Cara Jitu Hitung Zakat Pertanian, Wajib Tahu!

Question 3: Bagaimana cara membaca skala putar pada mikrometer sekrup?
Answer 3: Skala putar pada mikrometer sekrup menunjukkan posisi poros ukur terhadap skala utama. Untuk membaca skala putar, perhatikan angka yang sejajar dengan garis skala utama. Angka ini menunjukkan nilai perpindahan poros ukur dalam satuan 0,01 mm atau 0,001 inci.

Question 4: Bagaimana cara membaca skala bantu pada mikrometer sekrup?
Answer 4: Skala bantu pada mikrometer sekrup menunjukkan posisi poros ukur terhadap skala putar. Untuk membaca skala bantu, perhatikan garis skala bantu yang sejajar dengan garis skala putar. Angka pada skala bantu menunjukkan nilai perpindahan poros ukur dalam satuan 0,001 mm atau 0,0001 inci.

Question 5: Bagaimana cara menghitung hasil pengukuran menggunakan mikrometer sekrup?
Answer 5: Untuk menghitung hasil pengukuran menggunakan mikrometer sekrup, jumlahkan hasil pembacaan skala utama, skala putar, dan skala bantu. Hasil penjumlahan ini adalah hasil pengukuran akhir dalam satuan milimeter atau inci.

Question 6: Bagaimana cara merawat mikrometer sekrup?
Answer 6: Untuk merawat mikrometer sekrup, bersihkan alat tersebut sebelum dan sesudah digunakan. Gunakan kain yang lembut dan bersih untuk membersihkan mikrometer. Jangan gunakan bahan pembersih yang keras atau abrasif. Simpan mikrometer di tempat yang kering dan aman.

Question 7: Bagaimana cara mengkalibrasi mikrometer sekrup?
Answer 7: Mikrometer sekrup harus dikalibrasi secara berkala untuk memastikan akurasi pengukuran. Kalibrasi mikrometer dapat dilakukan oleh teknisi yang berkualifikasi atau di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara menghitung mikrometer sekrup. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan mikrometer sekrup, silakan baca petunjuk penggunaan alat tersebut atau berkonsultasilah dengan teknisi yang berkualifikasi.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghitung mikrometer sekrup dengan akurat dan tepat:

Tip 1: Gunakan mikrometer sekrup yang tepat untuk pengukuran yang akan dilakukan.
Mikrometer sekrup memiliki batas ukur yang berbeda-beda. Pilih mikrometer sekrup yang memiliki batas ukur yang lebih besar dari ukuran benda yang akan diukur.

Tip 2: Pastikan mikrometer sekrup dalam kondisi baik dan terkalibrasi.
Mikrometer sekrup yang tidak dalam kondisi baik atau tidak terkalibrasi dapat menghasilkan pengukuran yang tidak akurat. Pastikan mikrometer sekrup yang Anda gunakan dalam kondisi baik dan telah dikalibrasi secara berkala.

Tip 3: Bersihkan mikrometer sekrup sebelum digunakan.
Kotoran dan debu pada mikrometer sekrup dapat mempengaruhi akurasi pengukuran. Bersihkan mikrometer sekrup dengan kain yang lembut dan bersih sebelum digunakan.

Tip 4: Gunakan mikrometer sekrup pada suhu ruangan.
Perubahan suhu dapat mempengaruhi akurasi pengukuran mikrometer sekrup. Gunakan mikrometer sekrup pada suhu ruangan untuk memastikan akurasi pengukuran.

Tip 5: Baca hasil pengukuran dengan hati-hati.
Mikrometer sekrup memiliki skala yang sangat kecil. Baca hasil pengukuran dengan hati-hati untuk memastikan akurasi pengukuran.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menghitung mikrometer sekrup dengan akurat dan tepat.

Demikian tips untuk menghitung mikrometer sekrup dengan akurat dan tepat. Semoga bermanfaat.

Conclusion

Mikrometer sekrup adalah alat ukur presisi yang digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda dengan tingkat akurasi yang tinggi. Untuk menghitung mikrometer sekrup, perlu dilakukan pembacaan skala utama, skala putar, dan skala bantu. Hasil pembacaan ketiga skala tersebut kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan hasil pengukuran akhir.

Dalam menggunakan mikrometer sekrup, penting untuk memperhatikan beberapa hal, seperti batas ukur alat, kondisi alat, dan suhu lingkungan. Selain itu, mikrometer sekrup harus dibersihkan sebelum digunakan dan dikalibrasi secara berkala untuk memastikan akurasi pengukuran.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat menghitung mikrometer sekrup dengan akurat dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan mikrometer sekrup untuk mengukur dimensi suatu benda.

Demikian artikel tentang cara menghitung mikrometer sekrup. Terima kasih telah membaca.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..