Berapa Hari Cacar Air Sembuh? Ini Penjelasannya


Berapa Hari Cacar Air Sembuh? Ini Penjelasannya

Cacar air adalah penyakit kulit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam merah dan gatal pada kulit, serta demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Cacar air dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak. Pada umumnya, cacar air berlangsung antara 10 hingga 21 hari. Namun, masa penyembuhan cacar air dapat bervariasi tergantung pada usia, kondisi kesehatan, dan perawatan yang dilakukan.

Pada anak-anak yang sehat, cacar air biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar 10 hingga 14 hari. Ruam akan mulai muncul pada hari pertama atau kedua setelah terinfeksi virus cacar air, dan akan menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu 24 hingga 48 jam. Ruam akan bertahan selama sekitar 7 hingga 10 hari, dan kemudian akan mulai mengering dan mengelupas. Demam, sakit kepala, dan nyeri otot biasanya akan hilang dalam waktu 2 hingga 3 hari.

Masa penyembuhan cacar air dapat lebih lama pada orang dewasa dan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Pada orang dewasa, cacar air dapat berlangsung hingga 21 hari. Pada orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti HIV/AIDS, kanker, atau sedang menjalani pengobatan imunosupresif, cacar air dapat berlangsung lebih lama dan lebih parah.

berapa hari cacar air sembuh

Cacar air sembuh dalam waktu sekitar:

  • 10-21 hari
  • Anak-anak: 10-14 hari
  • Dewasa: hingga 21 hari
  • Kondisi kesehatan tertentu: lebih lama
  • Ruam: 7-10 hari
  • Demam: 2-3 hari

Jika Anda mengalami cacar air, penting untuk beristirahat yang cukup dan minum banyak cairan. Hindari menggaruk ruam, karena dapat menyebabkan infeksi. Anda juga harus menghindari kontak dengan orang lain yang belum pernah terkena cacar air atau yang sedang hamil.

10-21 hari

Cacar air biasanya berlangsung selama 10 hingga 21 hari. Masa penyembuhan ini dapat dibagi menjadi beberapa tahap:

  • Inkubasi:

    Masa inkubasi cacar air adalah 10-21 hari. Ini berarti bahwa dibutuhkan waktu 10-21 hari sejak Anda terinfeksi virus cacar air hingga munculnya gejala pertama.

  • Prodrome:

    Prodrome adalah tahap awal cacar air, yang berlangsung selama 1-2 hari. Gejala prodrome meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.

  • Ruam:

    Ruam cacar air biasanya muncul pada hari pertama atau kedua setelah prodrome. Ruam akan dimulai sebagai bintik-bintik merah kecil yang gatal pada wajah, dada, dan punggung. Dalam 24-48 jam, ruam akan menyebar ke seluruh tubuh.

  • Vesikel:

    Bintik-bintik merah pada ruam cacar air akan berubah menjadi vesikel, atau lepuh kecil berisi cairan. Vesikel ini sangat gatal dan dapat pecah jika digaruk.

Vesikel akan mengering dan membentuk keropeng dalam waktu sekitar 7-10 hari. Keropeng akan mengelupas dalam waktu 2-3 minggu. Selama masa penyembuhan, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari menggaruk ruam. Menggaruk ruam dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka.

Anak-anak: 10-14 hari

Pada anak-anak yang sehat, cacar air biasanya berlangsung selama 10 hingga 14 hari. Masa penyembuhan ini dapat dibagi menjadi beberapa tahap:

  • Inkubasi:

    Masa inkubasi cacar air pada anak-anak adalah 10-21 hari. Ini berarti bahwa dibutuhkan waktu 10-21 hari sejak anak terinfeksi virus cacar air hingga munculnya gejala pertama.

  • Prodrome:

    Prodrome adalah tahap awal cacar air, yang berlangsung selama 1-2 hari. Gejala prodrome pada anak-anak meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.

  • Ruam:

    Ruam cacar air biasanya muncul pada hari pertama atau kedua setelah prodrome. Ruam akan dimulai sebagai bintik-bintik merah kecil yang gatal pada wajah, dada, dan punggung. Dalam 24-48 jam, ruam akan menyebar ke seluruh tubuh.

  • Vesikel:

    Bintik-bintik merah pada ruam cacar air akan berubah menjadi vesikel, atau lepuh kecil berisi cairan. Vesikel ini sangat gatal dan dapat pecah jika digaruk.

Baca Juga :  Doa Untuk Menyembuhkan Penyakit Beserta Penjelasannya

Vesikel akan mengering dan membentuk keropeng dalam waktu sekitar 7-10 hari. Keropeng akan mengelupas dalam waktu 2-3 minggu. Selama masa penyembuhan, penting untuk menjaga kebersihan kulit anak dan menghindari anak menggaruk ruam. Menggaruk ruam dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka.

Dewasa: hingga 21 hari

Pada orang dewasa, cacar air dapat berlangsung hingga 21 hari. Masa penyembuhan ini lebih lama dibandingkan pada anak-anak karena sistem kekebalan tubuh orang dewasa tidak sekuat sistem kekebalan tubuh anak-anak. Masa penyembuhan cacar air pada orang dewasa dapat dibagi menjadi beberapa tahap:

Inkubasi: Masa inkubasi cacar air pada orang dewasa adalah 10-21 hari. Ini berarti bahwa dibutuhkan waktu 10-21 hari sejak orang dewasa terinfeksi virus cacar air hingga munculnya gejala pertama.

Prodrome: Prodrome adalah tahap awal cacar air, yang berlangsung selama 1-2 hari. Gejala prodrome pada orang dewasa meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan. Gejala prodrome pada orang dewasa biasanya lebih berat dibandingkan pada anak-anak.

Ruam: Ruam cacar air biasanya muncul pada hari pertama atau kedua setelah prodrome. Ruam akan dimulai sebagai bintik-bintik merah kecil yang gatal pada wajah, dada, dan punggung. Dalam 24-48 jam, ruam akan menyebar ke seluruh tubuh. Ruam cacar air pada orang dewasa biasanya lebih luas dan lebih parah dibandingkan pada anak-anak.

Vesikel: Bintik-bintik merah pada ruam cacar air akan berubah menjadi vesikel, atau lepuh kecil berisi cairan. Vesikel ini sangat gatal dan dapat pecah jika digaruk. Vesikel pada orang dewasa biasanya lebih besar dan lebih banyak dibandingkan pada anak-anak.

Vesikel akan mengering dan membentuk keropeng dalam waktu sekitar 7-10 hari. Keropeng akan mengelupas dalam waktu 2-3 minggu. Selama masa penyembuhan, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari menggaruk ruam. Menggaruk ruam dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka. Orang dewasa yang terkena cacar air harus beristirahat yang cukup dan minum banyak cairan.

Kondisi kesehatan tertentu: lebih lama

Pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu, cacar air dapat berlangsung lebih lama dan lebih parah. Kondisi kesehatan yang dapat memperlama masa penyembuhan cacar air meliputi:

  • HIV/AIDS
  • Kanker
  • Penyakit paru-paru kronis
  • Penyakit jantung bawaan
  • Diabetes
  • Penyakit ginjal kronis
  • Penyakit hati kronis
  • Orang yang sedang menjalani pengobatan imunosupresif

Pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu, cacar air dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti pneumonia, ensefalitis, dan kematian. Oleh karena itu, orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus segera mencari perawatan medis jika mereka terkena cacar air.

Masa penyembuhan cacar air pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi kesehatan mereka. Namun, secara umum, cacar air pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu dapat berlangsung selama lebih dari 21 hari.

Selama masa penyembuhan, orang dengan kondisi kesehatan tertentu harus beristirahat yang cukup, minum banyak cairan, dan menghindari kontak dengan orang lain yang belum pernah terkena cacar air atau yang sedang hamil. Mereka juga harus mengikuti pengobatan yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi kondisi kesehatan mereka dan mencegah komplikasi cacar air.

Baca Juga :  Cara Mengobati Penyakit Agar Sembuh Total

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan Anda khawatir tentang risiko terkena cacar air, bicarakan dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang cacar air dan cara mencegahnya.

Ruam: 7-10 hari

Ruam cacar air biasanya muncul pada hari pertama atau kedua setelah prodrome. Ruam akan dimulai sebagai bintik-bintik merah kecil yang gatal pada wajah, dada, dan punggung. Dalam 24-48 jam, ruam akan menyebar ke seluruh tubuh.

  • Bintik merah:

    Bintik-bintik merah pada ruam cacar air berukuran kecil dan berbentuk bulat. Bintik-bintik merah ini sangat gatal dan dapat menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu yang singkat.

  • Vesikel:

    Setelah beberapa hari, bintik-bintik merah pada ruam cacar air akan berubah menjadi vesikel, atau lepuh kecil berisi cairan. Vesikel ini sangat gatal dan dapat pecah jika digaruk.

  • Keropeng:

    Setelah beberapa hari, vesikel akan mengering dan membentuk keropeng. Keropeng ini berwarna coklat atau hitam dan dapat bertahan selama beberapa minggu.

  • Gatal:

    Ruam cacar air sangat gatal. Rasa gatal dapat berlangsung selama beberapa minggu, bahkan setelah ruam menghilang.

Selama masa penyembuhan, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari menggaruk ruam. Menggaruk ruam dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka. Anda dapat meredakan gatal dengan menggunakan kompres dingin atau mandi air dingin.

Demam: 2-3 hari

Demam adalah salah satu gejala prodrome cacar air. Demam biasanya muncul pada hari pertama atau kedua setelah terinfeksi virus cacar air. Demam pada cacar air biasanya tidak tinggi, sekitar 38-39 derajat Celsius. Demam dapat berlangsung selama 2-3 hari.

Demam pada cacar air dapat menyebabkan anak merasa tidak nyaman dan rewel. Untuk meredakan demam, Anda dapat memberikan anak obat penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen. Anda juga dapat mengompres anak dengan air hangat atau mandi air hangat.

Jika demam anak tinggi atau berlangsung lebih dari 3 hari, segera bawa anak ke dokter. Demam tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti dehidrasi dan kejang.

Selain demam, gejala prodrome cacar air lainnya meliputi sakit kepala, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan. Gejala prodrome biasanya berlangsung selama 1-2 hari. Setelah gejala prodrome hilang, ruam cacar air akan muncul.

Jika Anda atau anak Anda mengalami demam dan gejala prodrome cacar air lainnya, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda atau anak Anda terkena cacar air. Dokter juga akan memberikan pengobatan untuk meredakan gejala cacar air dan mencegah komplikasi.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kesembuhan cacar air:

Question 1: Berapa lama cacar air sembuh?
Answer 1: Cacar air biasanya sembuh dalam waktu sekitar 10 hingga 21 hari. Namun, pada beberapa orang, cacar air dapat berlangsung lebih lama, terutama pada orang dewasa dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Question 2: Apa saja gejala cacar air?
Answer 2: Gejala cacar air meliputi demam, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, dan ruam kulit. Ruam cacar air biasanya dimulai sebagai bintik-bintik merah kecil yang gatal pada wajah, dada, dan punggung. Dalam 24-48 jam, ruam akan menyebar ke seluruh tubuh.

Question 3: Bagaimana cara mengobati cacar air?
Answer 3: Tidak ada pengobatan khusus untuk cacar air. Pengobatan cacar air bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi. Dokter dapat memberikan obat penurun demam, obat antihistamin untuk meredakan gatal, dan lotion kalamin untuk meredakan ruam.

Baca Juga :  Ayat Penyembuh Segala Penyakit: Memahami Kekuatan Doa dan Keyakinan

Question 4: Apa yang harus dilakukan selama cacar air?
Answer 4: Selama cacar air, penting untuk menjaga kebersihan kulit dan menghindari menggaruk ruam. Menggaruk ruam dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka. Anda dapat meredakan gatal dengan menggunakan kompres dingin atau mandi air dingin.

Question 5: Kapan harus ke dokter saat terkena cacar air?
Answer 5: Anda harus segera ke dokter jika mengalami demam tinggi, ruam yang menyebar luas, atau gejala cacar air yang semakin parah. Anda juga harus ke dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang dapat memperburuk cacar air.

Question 6: Bagaimana cara mencegah cacar air?
Answer 6: Vaksin cacar air adalah cara terbaik untuk mencegah cacar air. Vaksin cacar air diberikan dalam dua dosis, dengan jarak antara dosis pertama dan kedua sekitar 4-8 minggu. Vaksin cacar air sangat efektif dalam mencegah cacar air dan komplikasi serius yang dapat ditimbulkannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang kesembuhan cacar air, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selain informasi tentang kesembuhan cacar air di atas, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda atau anak Anda pulih dari cacar air:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda atau anak Anda pulih dari cacar air:

1. Istirahat yang cukup: Cacar air dapat menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan. Pastikan Anda atau anak Anda mendapatkan banyak istirahat untuk membantu tubuh melawan virus.

2. Minum banyak cairan: Cacar air dapat menyebabkan dehidrasi, terutama jika disertai dengan demam. Pastikan Anda atau anak Anda minum banyak cairan, seperti air putih, jus buah, atau sup.

3. Jaga kebersihan kulit: Mandi air hangat atau kompres dingin dapat membantu meredakan gatal dan ketidaknyamanan akibat ruam cacar air. Hindari menggaruk ruam, karena dapat menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka.

4. Gunakan pakaian longgar dan berbahan katun: Pakaian yang longgar dan berbahan katun dapat membantu menyerap keringat dan mengurangi rasa gatal akibat ruam cacar air.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala cacar air yang parah, seperti demam tinggi, ruam yang menyebar luas, atau kesulitan bernapas, segera cari pertolongan medis.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda atau anak Anda dapat pulih dari cacar air dengan lebih cepat dan nyaman.

Conclusion

Cacar air adalah penyakit kulit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Cacar air ditandai dengan munculnya ruam merah dan gatal pada kulit, serta demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Cacar air dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak.

Cacar air biasanya sembuh dalam waktu sekitar 10 hingga 21 hari. Namun, pada beberapa orang, cacar air dapat berlangsung lebih lama, terutama pada orang dewasa dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Untuk mempercepat kesembuhan cacar air, penting untuk menjaga kebersihan kulit, menghindari menggaruk ruam, dan mendapatkan banyak istirahat.

Vaksin cacar air adalah cara terbaik untuk mencegah cacar air dan komplikasi serius yang dapat ditimbulkannya. Vaksin cacar air diberikan dalam dua dosis, dengan jarak antara dosis pertama dan kedua sekitar 4-8 minggu. Vaksin cacar air sangat efektif dalam mencegah cacar air dan sangat dianjurkan bagi anak-anak dan orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala cacar air, segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda atau anak Anda terkena cacar air dan memberikan pengobatan untuk meredakan gejala dan mencegah komplikasi.


Artikel Terkait

Bagikan: