Ayat Al-qur'an Tentang Sabar

sisca


Ayat Al-qur'an Tentang Sabar

Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Sabar berarti menahan diri dari segala sesuatu yang tidak menyenangkan dengan penuh kesadaran dan ikhlas. Dalam Al-qur’an, terdapat banyak ayat yang menjelaskan tentang sabar dan mengajarkan bagaimana cara bersabar.

Salah satu ayat Al-qur’an yang paling terkenal tentang sabar adalah surah Al-Baqarah ayat 153 yang artinya: “Dan sungguh akan Kami beri cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sambutlah kabar gembila bagi orang-orang yang sabar yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, ‘Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un‘ (Sesunggguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang mendapat keberkatan dari Tuhannya dan rahmat. Dan merekalah yang mendapat petunjuk.”.

Ayat Al-qur’an ini mengajarkan kepada kita bahwa dalam menghadapi cobaan hidup, kita harus bersabar dan tidak boleh berputus asa. Allah SWT berjanji akan memberikan keberkatan dan rahmat kepada orang-orang yang bersabar. Selain itu, Allah SWT juga akan memberikan petunjuk kepada orang-orang yang bersabar.

Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar

Berikut adalah 7 ayat Al-Qur’an tentang sabar yang penting untuk diketahui dan dihayati oleh setiap Muslim:

  • Bersabar itu baik (QS. Al Baqarah : 153)
  • Allah bersama orang-orang yang sabar (QS. Al Anfal : 46)
  • Sabar itu separuh dari iman (HR. Muslim)
  • Orang yang sabar diberi pahala tanpa batas (QS. Az Zumar : 10)
  • Orang yang sabar akan masuk surga (QS. Al Imran : 102)
  • Sabar itu kunci kemenangan (QS. Al-Anbiya’: 83-84)
  • Allah mencintai orang-orang yang sabar (QS. Ali Imran : 146)

Demikianlah 7 ayat Al-Qur’an tentang sabar yang penting untuk diketahui dan dihayati oleh setiap Muslim. Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Bersabar itu baik (QS. Al Baqarah : 153)

Ayat Al-Qur’an surah Al Baqarah ayat 153 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa bersabar itu baik dan dianjurkan dalam ajaran Islam.

  • Sabar itu separuh dari iman.

    Sabar merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Sabar berarti menahan diri dari segala sesuatu yang tidak menyenangkan dengan penuh kesadaran dan ikhlas. Orang yang sabar berarti memiliki separuh dari iman.

  • Sabar itu kunci kemenangan.

    Dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup, kesabaran sangat dibutuhkan. Orang yang sabar akan lebih mudah menghadapi dan mengatasi cobaan dan tantangan tersebut. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah meraih kemenangan dan keberhasilan.

  • Sabar itu mendatangkan pahala.

    Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersabar. Pahala tersebut berupa kebaikan di dunia dan akhirat. Di dunia, orang yang sabar akan hidup lebih tenang dan bahagia. Di akhirat, orang yang sabar akan mendapatkan surga.

  • Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.

    Allah SWT selalu menyertai dan menolong orang-orang yang bersabar. Orang yang bersabar akan selalu diberikan kekuatan dan kemudahan dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Dengan pertolongan Allah SWT, orang yang sabar akan lebih mudah mencapai tujuannya.

Demikianlah penjelasan tentang ayat Al-Qur’an surah Al Baqarah ayat 153 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Allah bersama orang-orang yang sabar (QS. Al Anfal : 46)

Ayat Al-Qur’an surah Al Anfal ayat 46 yang artinya: “Allah beserta orang-orang yang sabar.” Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa Allah SWT selalu menyertai dan menolong orang-orang yang bersabar. Orang yang bersabar akan selalu diberikan kekuatan dan kemudahan dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup.

Ada beberapa alasan mengapa Allah SWT bersama orang-orang yang sabar:

  1. Orang yang sabar memiliki sifat yang terpuji. Kesabaran merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Orang yang sabar berarti memiliki pengendalian diri yang baik dan tidak mudah marah atau putus asa. Sifat sabar ini sangat dicintai oleh Allah SWT.
  2. Orang yang sabar lebih dekat dengan Allah SWT. Kesabaran dapat membuat seseorang lebih dekat dengan Allah SWT. Ketika seseorang bersabar dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup, maka ia akan lebih menyadari kehadiran Allah SWT dalam hidupnya. Ia akan lebih yakin bahwa Allah SWT selalu menyertainya dan tidak akan meninggalkannya sendirian.
  3. Orang yang sabar lebih mudah mendapatkan pertolongan Allah SWT. Allah SWT selalu menolong orang-orang yang bersabar. Ketika seseorang bersabar dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup, maka Allah SWT akan memberikan kekuatan dan kemudahan kepadanya. Allah SWT juga akan memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapinya.
  4. Orang yang sabar akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersabar. Pahala tersebut berupa kebaikan di dunia dan akhirat. Di dunia, orang yang sabar akan hidup lebih tenang dan bahagia. Di akhirat, orang yang sabar akan mendapatkan surga.
Baca Juga :  Pidato Maulid Nabi

Demikianlah penjelasan tentang ayat Al-Qur’an surah Al Anfal ayat 46 yang artinya: “Allah beserta orang-orang yang sabar.” Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Sabar itu separuh dari iman (HR. Muslim)

Hadits Rasulullah SAW yang artinya: “Sabar itu separuh dari iman.” Hadits ini mengajarkan kepada kita bahwa kesabaran merupakan salah satu sifat yang sangat penting dalam ajaran Islam. Bahkan, kesabaran dikatakan sebagai separuh dari iman.

Ada beberapa alasan mengapa sabar dikatakan sebagai separuh dari iman:

  1. Kesabaran merupakan kunci untuk meraih kemenangan. Dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup, kesabaran sangat dibutuhkan. Orang yang sabar akan lebih mudah menghadapi dan mengatasi cobaan dan tantangan tersebut. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah meraih kemenangan dan keberhasilan.
  2. Kesabaran merupakan kunci untuk menjaga keharmonisan hubungan. Dalam kehidupan bermasyarakat, kesabaran sangat dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan hubungan. Orang yang sabar tidak akan mudah marah atau tersinggung. Ia akan lebih mudah memaafkan kesalahan orang lain. Dengan kesabaran, hubungan antara sesama manusia akan menjadi lebih baik dan harmonis.
  3. Kesabaran merupakan kunci untuk meraih kebahagiaan. Orang yang sabar akan lebih mudah meraih kebahagiaan. Ia tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif. Ia akan lebih fokus pada hal-hal yang positif. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah mencapai kebahagiaan dan ketenangan hidup.
  4. Kesabaran merupakan bagian dari iman. Iman adalah percaya kepada Allah SWT dengan sepenuh hati. Kesabaran merupakan salah satu bentuk pengamalan iman. Orang yang sabar berarti percaya bahwa Allah SWT selalu menyertainya dan tidak akan meninggalkannya sendirian. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Demikianlah penjelasan tentang hadits Rasulullah SAW yang artinya: “Sabar itu separuh dari iman.” Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Orang yang sabar diberi pahala tanpa batas (QS. Az Zumar : 10)

Ayat Al-Qur’an surah Az Zumar ayat 10 yang artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang akan disempurnakan pahalanya tanpa batas.” Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa Allah SWT akan memberikan pahala yang sangat besar kepada orang-orang yang bersabar. Pahala tersebut berupa kebaikan di dunia dan akhirat. Di dunia, orang yang sabar akan hidup lebih tenang dan bahagia. Di akhirat, orang yang sabar akan mendapatkan surga.

  • Pahala orang yang sabar tidak terbatas. Allah SWT tidak membatasi pahala yang akan diberikan kepada orang-orang yang bersabar. Pahala tersebut akan diberikan sesuai dengan kadar kesabarannya. Semakin besar kesabaran seseorang, maka semakin besar pula pahala yang akan diterimanya.
  • Pahala orang yang sabar diberikan di dunia dan akhirat. Allah SWT akan memberikan pahala kepada orang-orang yang bersabar di dunia dan akhirat. Di dunia, orang yang sabar akan hidup lebih tenang dan bahagia. Ia akan lebih mudah menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Di akhirat, orang yang sabar akan mendapatkan surga. Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan abadi.
  • Pahala orang yang sabar diberikan tanpa diminta. Allah SWT akan memberikan pahala kepada orang-orang yang bersabar tanpa diminta. Artinya, orang yang bersabar tidak perlu meminta atau mengharapkan pahala dari Allah SWT. Allah SWT akan memberikan pahala tersebut dengan sukarela karena Dia Maha Pemurah dan Maha Penyayang.
  • Pahala orang yang sabar diberikan dengan adil. Allah SWT akan memberikan pahala kepada orang-orang yang bersabar dengan adil. Artinya, tidak ada seorang pun yang akan dirugikan dalam pembagian pahala tersebut. Setiap orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan kadar kesabarannya.

Demikianlah penjelasan tentang ayat Al-Qur’an surah Az Zumar ayat 10 yang artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang akan disempurnakan pahalanya tanpa batas.” Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Baca Juga :  Ayat tentang Bersyukur

Orang yang sabar akan masuk surga (QS. Al Imran : 102)

Ayat Al-Qur’an surah Al Imran ayat 102 yang artinya: “Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa orang-orang yang bersabar akan mendapatkan surga. Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan abadi.

Ada beberapa alasan mengapa orang yang sabar akan masuk surga:

  1. Kesabaran merupakan salah satu sifat yang dicintai oleh Allah SWT. Allah SWT menyukai orang-orang yang bersabar. Orang yang bersabar berarti memiliki pengendalian diri yang baik dan tidak mudah marah atau putus asa. Sifat sabar ini sangat dicintai oleh Allah SWT.
  2. Kesabaran merupakan salah satu kunci untuk meraih kemenangan. Dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup, kesabaran sangat dibutuhkan. Orang yang sabar akan lebih mudah menghadapi dan mengatasi cobaan dan tantangan tersebut. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah meraih kemenangan dan keberhasilan.
  3. Kesabaran merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Bersabar berarti mentaati perintah Allah SWT. Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk bersabar dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Dengan bersabar, kita berarti mentaati perintah Allah SWT.
  4. Kesabaran merupakan salah satu jalan untuk meraih surga. Allah SWT menjanjikan surga bagi orang-orang yang bersabar. Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan abadi. Orang yang bersabar akan mendapatkan surga sebagai balasan atas kesabarannya.

Demikianlah penjelasan tentang ayat Al-Qur’an surah Al Imran ayat 102 yang artinya: “Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan surga.

Sabar itu kunci kemenangan (QS. Al-Anbiya’: 83-84)

Ayat Al-Qur’an surah Al-Anbiya’ ayat 83-84 yang artinya: “Dan sungguh Kami telah mengutus rasul-rasul sebelum engkau (Muhammad), dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan, dan tidak ada seorang rasulpun yang dapat mendatangkan suatu mukjizat, kecuali dengan seizin Allah. Bagi setiap masa ada kitab (yang tertentu).” Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa kesabaran merupakan kunci untuk meraih kemenangan. Orang yang sabar akan lebih mudah menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah meraih kemenangan dan keberhasilan.

  • Kesabaran merupakan kunci untuk menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Cobaan dan tantangan hidup merupakan bagian dari kehidupan manusia. Setiap orang pasti akan menghadapi cobaan dan tantangan hidupnya masing-masing. Orang yang sabar akan lebih mudah menghadapi dan mengatasi cobaan dan tantangan tersebut. Ia tidak akan mudah putus asa dan menyerah. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah meraih kemenangan dan keberhasilan.
  • Kesabaran merupakan kunci untuk meraih kemenangan dalam perjuangan. Perjuangan merupakan bagian dari kehidupan manusia. Setiap orang pasti akan menghadapi perjuangan hidupnya masing-masing. Orang yang sabar akan lebih mudah meraih kemenangan dalam perjuangannya. Ia tidak akan mudah menyerah dan putus asa. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah mencapai tujuannya.
  • Kesabaran merupakan kunci untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Kesuksesan merupakan tujuan hidup setiap orang. Setiap orang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya. Orang yang sabar akan lebih mudah meraih kesuksesan dalam hidupnya. Ia tidak akan mudah menyerah dan putus asa. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah mencapai tujuannya.
  • Kesabaran merupakan kunci untuk meraih kebahagiaan dalam hidup. Kebahagiaan merupakan tujuan hidup setiap orang. Setiap orang ingin meraih kebahagiaan dalam hidupnya. Orang yang sabar akan lebih mudah meraih kebahagiaan dalam hidupnya. Ia tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif. Dengan kesabaran, seseorang akan lebih mudah mencapai kebahagiaan dan ketenangan hidup.

Demikianlah penjelasan tentang ayat Al-Qur’an surah Al-Anbiya’ ayat 83-84 yang artinya: “Dan sungguh Kami telah mengutus rasul-rasul sebelum engkau (Muhammad), dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan, dan tidak ada seorang rasulpun yang dapat mendatangkan suatu mukjizat, kecuali dengan seizin Allah. Bagi setiap masa ada kitab (yang tertentu).” Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan kemenangan, kesuksesan, kebahagiaan, dan keselamatan dalam hidup.

Allah mencintai orang-orang yang sabar (QS. Ali Imran : 146)

Ayat Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 146 yang artinya: “Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.” Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa Allah SWT mencintai orang-orang yang bersabar. Orang yang bersabar berarti memiliki pengendalian diri yang baik dan tidak mudah marah atau putus asa. Sifat sabar ini sangat dicintai oleh Allah SWT.

  • Orang yang sabar memiliki sifat yang terpuji. Kesabaran merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Orang yang sabar berarti memiliki pengendalian diri yang baik dan tidak mudah marah atau putus asa. Sifat sabar ini sangat dicintai oleh Allah SWT.
  • Orang yang sabar lebih dekat dengan Allah SWT. Kesabaran dapat membuat seseorang lebih dekat dengan Allah SWT. Ketika seseorang bersabar dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup, maka ia akan lebih menyadari kehadiran Allah SWT dalam hidupnya. Ia akan lebih yakin bahwa Allah SWT selalu menyertainya dan tidak akan meninggalkannya sendirian.
  • Orang yang sabar lebih mudah mendapatkan pertolongan Allah SWT. Allah SWT selalu menolong orang-orang yang bersabar. Ketika seseorang bersabar dalam menghadapi cobaan dan tantangan hidup, maka Allah SWT akan memberikan kekuatan dan kemudahan kepadanya. Allah SWT juga akan memberikan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapinya.
  • Orang yang sabar akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersabar. Pahala tersebut berupa kebaikan di dunia dan akhirat. Di dunia, orang yang sabar akan hidup lebih tenang dan bahagia. Di akhirat, orang yang sabar akan mendapatkan surga.
Baca Juga :  Jadwal Badminton Olimpiade Tokyo 2021

Demikianlah penjelasan tentang ayat Al-Qur’an surah Ali Imran ayat 146 yang artinya: “Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.” Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan cinta dari Allah SWT.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan tentang ayat Al-Qur’an tentang sabar:

Question 1: Apa itu sabar?
Answer 1: Sabar adalah menahan diri dari segala sesuatu yang tidak menyenangkan dengan penuh kesadaran dan ikhlas.

Question 2: Mengapa kita harus bersabar?
Answer 2: Kita harus bersabar karena kesabaran merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Selain itu, Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersabar.

Question 3: Bagaimana cara bersabar?
Answer 3: Ada beberapa cara untuk bersabar, di antaranya adalah dengan mengingat Allah SWT, berserah diri kepada Allah SWT, dan meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Question 4: Apa saja ayat Al-Qur’an tentang sabar?
Answer 4: Ada banyak ayat Al-Qur’an tentang sabar, di antaranya adalah surah Al Baqarah ayat 153, surah Al Anfal ayat 46, hadits Rasulullah SAW yang artinya: “Sabar itu separuh dari iman”, dan surah Az Zumar ayat 10.

Question 5: Apa saja manfaat bersabar?
Answer 5: Ada banyak manfaat bersabar, di antaranya adalah mendapatkan pahala dari Allah SWT, hidup lebih tenang dan bahagia, lebih mudah menghadapi cobaan dan tantangan hidup, dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Question 6: Bagaimana cara mengajarkan kesabaran kepada anak-anak?
Answer 6: Ada beberapa cara untuk mengajarkan kesabaran kepada anak-anak, di antaranya adalah dengan memberikan contoh yang baik, mengajarkan tentang pentingnya bersabar, dan memberikan pujian ketika anak-anak berhasil bersabar.

Demikianlah beberapa pertanyaan dan jawaban tentang ayat Al-Qur’an tentang sabar. Semoga bermanfaat.

Berikutnya, kita akan membahas tentang beberapa tips untuk menjadi pribadi yang sabar.

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi pribadi yang sabar:

1. Ingatlah Allah SWT. Ketika kita mengingat Allah SWT, maka hati kita akan menjadi tenang dan tentram. Dengan hati yang tenang dan tentram, kita akan lebih mudah untuk bersabar.

2. Berserah diri kepada Allah SWT. Ketika kita berserah diri kepada Allah SWT, maka kita akan menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak-Nya. Dengan menyadari hal ini, kita akan lebih mudah untuk menerima cobaan dan tantangan hidup dengan sabar.

3. Minta pertolongan kepada Allah SWT. Ketika kita menghadapi cobaan dan tantangan hidup, jangan lupa untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Allah SWT selalu menyertai hamba-Nya yang bersabar dan memohon pertolongan-Nya.

4. Bersikap positif. Bersikap positif dapat membantu kita untuk lebih mudah menghadapi cobaan dan tantangan hidup. Ketika kita bersikap positif, kita akan lebih fokus pada hal-hal yang baik dan lebih mudah untuk menerima kenyataan.

Demikianlah beberapa tips untuk menjadi pribadi yang sabar. Semoga bermanfaat.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ayat Al-Qur’an tentang sabar. Marilah kita sama-sama berusaha untuk menjadi pribadi yang sabar, karena kesabaran merupakan salah satu kunci untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.

Conclusion

Ayat Al-Qur’an tentang sabar mengajarkan kepada kita bahwa kesabaran merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Orang yang sabar berarti memiliki pengendalian diri yang baik dan tidak mudah marah atau putus asa. Sifat sabar ini sangat dicintai oleh Allah SWT.

Ada banyak ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang sabar dan mengajarkan bagaimana cara bersabar. Di antaranya adalah surah Al Baqarah ayat 153, surah Al Anfal ayat 46, hadits Rasulullah SAW yang artinya: “Sabar itu separuh dari iman”, dan surah Az Zumar ayat 10.

Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersabar. Pahala tersebut berupa kebaikan di dunia dan akhirat. Di dunia, orang yang sabar akan hidup lebih tenang dan bahagia. Di akhirat, orang yang sabar akan mendapatkan surga.

Oleh karena itu, marilah kita sama-sama berusaha untuk menjadi pribadi yang sabar. Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk menjadi pribadi yang sabar dan mendapatkan pahala dari-Nya.

Demikianlah artikel tentang ayat Al-Qur’an tentang sabar. Semoga bermanfaat.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..