Arti Al Ashr

sisca


Arti Al Ashr

Surat Al Ashr adalah surat ke-103 dalam Al-Qur’an dan termasuk surat Makkiyah yang diturunkan di Mekah. Surat ini singkat dan padat, hanya terdiri dari 3 ayat, namun memiliki makna yang dalam dan penting bagi umat Islam.

Nama Al Ashr diambil dari kata “al ashr” yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Kata “al ashr” dalam bahasa Arab berarti “masa”, “waktu”, atau “zaman”. Surat ini juga dikenal dengan nama “Wa Al Ashr” karena dimulai dengan kata tersebut.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas arti dan kandungan dari masing-masing ayat dalam Surat Al Ashr.

arti al ashr

Berikut adalah 8 poin penting tentang arti Al Ashr:

  • Waktu terus berjalan
  • Manusia selalu merugi
  • Kecuali orang yang beriman
  • Beramal saleh
  • Saling menasihati
  • Kesabaran dan kebenaran

Dengan memahami poin-poin penting ini, kita dapat mengambil pelajaran berharga dari Surat Al Ashr dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari kita.

Waktu terus berjalan

Poin pertama yang penting dalam arti Al Ashr adalah “waktu terus berjalan”. Ayat pertama surat ini berbunyi: “Demi waktu, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.” (QS. Al Ashr: 1).

Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dan terus berjalan tanpa henti. Kita tidak dapat menghentikan atau memundurkan waktu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat dan bermakna.

Waktu yang terus berjalan juga mengingatkan kita akan kematian. Setiap detik yang berlalu membawa kita lebih dekat kepada kematian. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan baik untuk kehidupan setelah kematian dengan beriman dan beramal saleh.

Selain itu, waktu yang terus berjalan juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Setiap waktu yang kita miliki adalah kesempatan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan memahami arti penting dari “waktu terus berjalan”, kita dapat menjalani hidup dengan lebih bermakna dan produktif. Kita akan lebih menghargai waktu dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin untuk melakukan kebaikan.

Manusia selalu merugi

Poin kedua yang penting dalam arti Al Ashr adalah “manusia selalu merugi”. Ayat kedua surat ini berbunyi: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr: 2-3).

  • Tidak beriman

    Orang yang tidak beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya akan merugi di dunia dan akhirat. Di dunia, mereka akan hidup tanpa tujuan dan arah yang jelas. Di akhirat, mereka akan mendapat siksa yang pedih.

  • Tidak beramal saleh

    Orang yang tidak beramal saleh, meskipun beriman, juga akan merugi. Amal saleh adalah perbuatan baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan beramal saleh, kita dapat memperoleh pahala dari Allah SWT dan terhindar dari siksa neraka.

  • Tidak saling menasihati

    Orang yang tidak saling menasihati untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran juga akan merugi. Menasihati orang lain adalah kewajiban bagi setiap muslim. Dengan menasihati orang lain, kita dapat membantu mereka untuk menjadi lebih baik dan terhindar dari kerugian.

  • Tidak sabar

    Orang yang tidak sabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan juga akan merugi. Kesabaran adalah salah satu sifat terpuji dalam Islam. Dengan bersabar, kita dapat mengatasi masalah dengan lebih baik dan mendapat pahala dari Allah SWT.

Baca Juga :  Warna Tersier dalam Teori Warna

Dengan memahami poin-poin penting ini, kita dapat terhindar dari kerugian dan menjadi orang-orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

Kecuali orang yang beriman

Poin ketiga yang penting dalam arti Al Ashr adalah “kecuali orang yang beriman”. Ayat kedua surat ini berbunyi: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr: 2-3).

Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa orang yang beriman adalah orang yang terhindar dari kerugian. Iman adalah keyakinan yang teguh kepada Allah SWT, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan qada dan qadar. Dengan beriman, kita akan mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan.

Selain beriman, orang yang terhindar dari kerugian adalah orang yang beramal saleh. Amal saleh adalah perbuatan baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Dengan beramal saleh, kita dapat memperoleh pahala dari Allah SWT dan terhindar dari siksa neraka.

Terakhir, orang yang terhindar dari kerugian adalah orang yang saling menasihati untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. Menasihati orang lain adalah kewajiban bagi setiap muslim. Dengan menasihati orang lain, kita dapat membantu mereka untuk menjadi lebih baik dan terhindar dari kerugian.

Dengan memahami poin-poin penting ini, kita dapat menjadi orang yang beriman, beramal saleh, dan saling menasihati. Dengan demikian, kita dapat terhindar dari kerugian dan menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

Beramal saleh

Poin keempat yang penting dalam arti Al Ashr adalah “beramal saleh”. Ayat kedua surat ini berbunyi: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr: 2-3).

Amal saleh adalah perbuatan baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Perbuatan ini meliputi segala aspek kehidupan, mulai dari ibadah ritual seperti shalat dan puasa, hingga perbuatan sosial seperti membantu orang lain dan menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam Islam, beramal saleh sangat dianjurkan. Amal saleh dapat menghapus dosa-dosa kita, meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT, dan menjadi bekal kita di akhirat nanti.

Ada banyak sekali jenis amal saleh yang dapat kita lakukan. Beberapa contoh amal saleh antara lain:

  • Mengerjakan shalat lima waktu
  • Membaca Al-Qur’an
  • Berpuasa di bulan Ramadhan
  • Menunaikan zakat
  • Menolong orang yang membutuhkan
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Berbuat baik kepada orang tua
  • Mendoakan kebaikan untuk orang lain

Dengan memahami pentingnya beramal saleh, marilah kita memperbanyak amal saleh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga amal saleh kita diterima oleh Allah SWT dan menjadi bekal kita di akhirat nanti.

Saling menasihati

Poin kelima yang penting dalam arti Al Ashr adalah “saling menasihati”. Ayat kedua surat ini berbunyi: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr: 2-3).

Baca Juga :  Rahasia Arti Kata Tarawih, Ibadah Malam Penuh Keutamaan

Menasihati berarti memberikan nasihat atau peringatan kepada orang lain. Nasihat dapat diberikan dalam berbagai bentuk, baik lisan maupun tulisan. Tujuan dari menasihati adalah untuk mengajak orang lain berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.

Dalam Islam, menasihati sesama muslim hukumnya wajib. Kewajiban ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al Imran ayat 104:

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104)

Menasihati orang lain tidak hanya bermanfaat bagi orang yang dinasihati, tetapi juga bagi orang yang menasihati. Dengan menasihati orang lain, kita dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menasihati orang lain:

  • Menasihati dengan cara yang baik dan sopan
  • Menasihati dengan tujuan ikhlas karena Allah SWT
  • Menasihati dengan memperhatikan kondisi dan situasi orang yang dinasihati
  • Menasihati dengan tidak menggurui atau merendahkan orang lain

Kesabaran dan kebenaran

Poin keenam dan ketujuh yang penting dalam arti Al Ashr adalah “kesabaran” dan “kebenaran”. Ayat ketiga surat ini berbunyi: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr: 2-3).

  • Kesabaran

    Kesabaran adalah sikap tabah dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Orang yang sabar akan tetap berusaha dan berdoa kepada Allah SWT meskipun menghadapi rintangan yang berat.

  • Kebenaran

    Kebenaran adalah sikap jujur dan tidak berbohong. Orang yang benar akan selalu berkata dan bertindak sesuai dengan kenyataan.

Kesabaran dan kebenaran merupakan dua sifat terpuji yang sangat dianjurkan dalam Islam. Kedua sifat ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap muslim dalam menjalani kehidupan di dunia.

Dengan kesabaran, kita akan mampu menghadapi segala cobaan dan kesulitan dengan lebih baik. Kita tidak akan mudah putus asa dan menyerah pada keadaan.

Dengan kebenaran, kita akan selalu berkata dan bertindak sesuai dengan hati nurani kita. Kita tidak akan tergoda untuk berbohong atau melakukan kecurangan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait arti Al Ashr:

Pertanyaan 1: Apa arti dari Surat Al Ashr?
Jawaban: Surat Al Ashr berarti “Demi waktu”. Surat ini mengajarkan kepada kita tentang pentingnya waktu dan mengingatkan kita untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan beriman, beramal saleh, dan saling menasihati.

Pertanyaan 2: Siapa yang tergolong orang yang merugi?
Jawaban: Orang yang merugi adalah orang yang tidak beriman, tidak beramal saleh, dan tidak saling menasihati.

Pertanyaan 3: Apa saja contoh amal saleh?
Jawaban: Contoh amal saleh antara lain shalat, puasa, zakat, sedekah, membantu orang lain, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Pertanyaan 4: Mengapa kita harus saling menasihati?
Jawaban: Kita harus saling menasihati karena nasihat dapat membantu orang lain untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.

Pertanyaan 5: Apa arti dari kesabaran?
Jawaban: Kesabaran adalah sikap tabah dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi cobaan dan kesulitan.

Pertanyaan 6: Apa arti dari kebenaran?
Jawaban: Kebenaran adalah sikap jujur dan tidak berbohong. Orang yang benar akan selalu berkata dan bertindak sesuai dengan kenyataan.

Baca Juga :  Arti Congratulation

Pertanyaan 7: Bagaimana cara mengamalkan arti Al Ashr dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: Kita dapat mengamalkan arti Al Ashr dalam kehidupan sehari-hari dengan selalu mengingat waktu, beriman kepada Allah SWT, beramal saleh, saling menasihati, bersabar dalam menghadapi kesulitan, dan selalu berkata dan bertindak benar.

Dengan memahami dan mengamalkan arti Al Ashr, kita dapat menjadi orang-orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

Selain memahami arti Al Ashr, kita juga perlu mengetahui beberapa tips untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kita:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mengamalkan arti Al Ashr dalam kehidupan sehari-hari:

1. Selalu mengingat waktu

Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dan terus berjalan. Oleh karena itu, kita harus selalu mengingat waktu dan memanfaatkannya sebaik mungkin dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.

2. Beriman kepada Allah SWT

Iman adalah keyakinan yang teguh kepada Allah SWT, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan qada dan qadar. Dengan beriman, kita akan mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan.

3. Beramal saleh

Amal saleh adalah perbuatan baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Perbuatan ini meliputi segala aspek kehidupan, mulai dari ibadah ritual hingga perbuatan sosial. Dengan beramal saleh, kita dapat memperoleh pahala dari Allah SWT dan terhindar dari siksa neraka.

4. Saling menasihati

Nasihat dapat diberikan dalam berbagai bentuk, baik lisan maupun tulisan. Tujuan dari menasihati adalah untuk mengajak orang lain berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.

5. Bersabar dan berkata benar

Kesabaran adalah sikap tabah dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi cobaan dan kesulitan. Sedangkan kebenaran adalah sikap jujur dan tidak berbohong. Dengan bersabar dan berkata benar, kita dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik dan menjadi orang yang beruntung di dunia dan akhirat.

Dengan mengamalkan tips-tips di atas, kita dapat mengimplementasikan arti Al Ashr dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi orang-orang yang beriman, beramal saleh, dan saling menasihati. Semoga Allah SWT memudahkan kita dalam mengamalkan ajaran-ajaran Islam.

Demikianlah penjelasan mengenai arti Al Ashr beserta tips untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Conclusion

Surat Al Ashr adalah surat yang singkat namun memiliki makna yang sangat dalam. Surat ini mengajarkan kepada kita tentang pentingnya waktu dan mengingatkan kita untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan beriman, beramal saleh, dan saling menasihati.

Poin-poin utama yang dapat kita ambil dari Surat Al Ashr antara lain:

  • Waktu terus berjalan dan tidak dapat dihentikan.
  • Setiap manusia pada dasarnya merugi, kecuali orang yang beriman, beramal saleh, dan saling menasihati.
  • Iman adalah keyakinan yang teguh kepada Allah SWT dan ajaran-ajaran-Nya.
  • Amal saleh adalah perbuatan baik yang sesuai dengan ajaran Islam.
  • Saling menasihati adalah kewajiban bagi setiap muslim untuk mengajak orang lain berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.
  • Kesabaran adalah sikap tabah dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi cobaan dan kesulitan.
  • Kebenaran adalah sikap jujur dan tidak berbohong.

Dengan memahami dan mengamalkan arti Al Ashr, kita dapat menjalani kehidupan dengan lebih bermakna dan menjadi orang-orang yang beruntung di dunia dan akhirat. Semoga Allah SWT membimbing kita semua dalam mengamalkan ajaran-ajaran Islam.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags