Arifin Ilham

sisca


Arifin Ilham

Arifin Ilham adalah seorang pendakwah dan tokoh agama Islam Indonesia yang dikenal luas karena ceramah-ceramahnya yang menginspirasi dan penuh makna.

Ia lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 8 September 1969. Sejak kecil, Arifin sudah menunjukkan kecerdasan dan bakat di bidang agama.

Pada tahun 1988, Arifin melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Selama di Mesir, ia mendalami ilmu-ilmu keislaman, khususnya bidang tafsir Alquran dan hadis.

Arifin Ilham

Berikut adalah 8 poin penting tentang Arifin Ilham:

  • Pendakwah dan tokoh agama Islam Indonesia
  • Dikenal karena ceramah yang menginspirasi
  • Lahir di Banjarmasin pada 8 September 1969
  • Lulusan Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo
  • Mendirikan Majelis Az Zikra
  • Meninggal dunia pada 22 Mei 2019
  • Dimakamkan di Pesantren Az Zikra, Sentul
  • Menjadi inspirasi bagi banyak umat Islam

Arifin Ilham dikenal sebagai sosok yang sederhana, rendah hati, dan selalu bersemangat dalam berdakwah. Ceramah-ceramahnya yang penuh makna dan menyentuh hati banyak memberikan inspirasi dan motivasi bagi umat Islam.

Pendakwah dan tokoh agama Islam Indonesia

Arifin Ilham merupakan seorang pendakwah dan tokoh agama Islam Indonesia yang sangat berpengaruh. Ia dikenal luas karena ceramah-ceramahnya yang menginspirasi dan penuh makna, serta dedikasinya dalam menyebarkan ajaran Islam.

  • Pendakwah yang kharismatik

    Arifin Ilham memiliki gaya berdakwah yang khas dan kharismatik. Ceramah-ceramahnya selalu disampaikan dengan penuh semangat dan emosi, sehingga mampu menyentuh hati para pendengarnya.

  • Tokoh pemersatu umat

    Arifin Ilham dikenal sebagai tokoh pemersatu umat Islam. Ia selalu menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan di kalangan umat Islam, serta mengajak mereka untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan.

  • Pencetus gerakan zikir

    Arifin Ilham adalah pencetus gerakan zikir yang dikenal dengan sebutan “Zikir Akbar”. Gerakan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran spiritual umat Islam dan mendekatkan mereka kepada Allah SWT.

  • Pendiri Majelis Az Zikra

    Pada tahun 1999, Arifin Ilham mendirikan Majelis Az Zikra, sebuah lembaga dakwah dan pendidikan Islam. Majelis ini telah menjadi wadah bagi Arifin Ilham untuk menyebarkan ajaran Islam dan membina umat.

Dedikasi Arifin Ilham dalam berdakwah dan membina umat telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Ia telah menginspirasi banyak orang untuk lebih mencintai dan mengamalkan ajaran Islam.

Dikenal karena ceramah yang menginspirasi

Ceramah-ceramah Arifin Ilham dikenal luas karena sangat menginspirasi dan penuh makna. Ia memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan-pesan agama dengan cara yang mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat.

Salah satu ciri khas ceramah Arifin Ilham adalah penggunaan bahasa yang sederhana dan lugas. Ia tidak menggunakan istilah-istilah agama yang sulit dipahami, sehingga ceramahnya dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Selain itu, Arifin Ilham juga dikenal sebagai pendakwah yang sangat emosional. Ia seringkali menangis ketika menyampaikan ceramahnya, terutama ketika membahas tentang keutamaan-keutamaan Allah SWT dan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Mata Bengkak

Ceramah-ceramah Arifin Ilham tidak hanya memberikan inspirasi dan motivasi, tetapi juga mampu mengubah hidup banyak orang. Banyak orang yang mengaku telah mendapat hidayah dan kembali ke jalan yang benar setelah mendengarkan ceramah-ceramahnya.

Dedikasi Arifin Ilham dalam berdakwah melalui ceramah-ceramahnya telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Ia telah menginspirasi banyak orang untuk lebih mencintai dan mengamalkan ajaran Islam.

Lahir di Banjarmasin pada 8 September 1969

Arifin Ilham lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 8 September 1969. Ia merupakan anak bungsu dari lima bersaudara pasangan H. Muhammad Ilham dan Hj. Noorjannah.

Sejak kecil, Arifin Ilham menunjukkan kecerdasan dan bakat di bidang agama. Ia gemar membaca buku-buku agama dan menghafal Alquran. Pada usia 12 tahun, Arifin Ilham telah berhasil menghafal 30 juz Alquran.

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Arifin Ilham melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Ia memilih Mesir karena ingin memperdalam ilmu-ilmu keislaman di negeri yang menjadi pusat peradaban Islam.

Selama di Mesir, Arifin Ilham belajar dengan tekun dan berprestasi dengan baik. Ia lulus dari Universitas Al Azhar dengan predikat sangat memuaskan.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Mesir, Arifin Ilham kembali ke Indonesia dan mulai berdakwah. Ia mendirikan Majelis Az Zikra dan aktif memberikan ceramah-ceramah di berbagai daerah di Indonesia.

Lulusan Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas di Indonesia, Arifin Ilham melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Ia memilih Mesir karena ingin memperdalam ilmu-ilmu keislaman di negeri yang menjadi pusat peradaban Islam.

Selama di Mesir, Arifin Ilham belajar dengan tekun dan berprestasi dengan baik. Ia mendalami berbagai disiplin ilmu keislaman, seperti tafsir Alquran, hadis, fikih, dan tasawuf. Ia juga mempelajari bahasa Arab dengan sangat baik, sehingga mampu membaca dan memahami kitab-kitab klasik berbahasa Arab.

Selain belajar di bangku kuliah, Arifin Ilham juga aktif mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan di luar kampus. Ia sering menghadiri kajian-kajian kitab kuning di masjid-masjid dan majelis-majelis taklim.

Setelah menempuh pendidikan selama kurang lebih 10 tahun, Arifin Ilham lulus dari Universitas Al Azhar dengan predikat sangat memuaskan. Ia berhasil meraih gelar Lc (Licentiate) dalam bidang Ushuluddin.

Pendidikan yang ditempuh Arifin Ilham di Universitas Al Azhar Kairo telah memberikan bekal ilmu yang sangat luas dan mendalam baginya. Ilmu-ilmu tersebut menjadi modal utama baginya dalam berdakwah dan membina umat.

Mendirikan Majelis Az Zikra

Pada tahun 1999, Arifin Ilham mendirikan Majelis Az Zikra, sebuah lembaga dakwah dan pendidikan Islam. Majelis ini berpusat di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

  • Sebagai wadah dakwah

    Majelis Az Zikra menjadi wadah bagi Arifin Ilham untuk menyebarkan ajaran Islam. Di majelis ini, Arifin Ilham memberikan ceramah-ceramah, memimpin zikir, dan membina umat.

  • Sebagai pusat pendidikan

    Selain sebagai wadah dakwah, Majelis Az Zikra juga berfungsi sebagai pusat pendidikan. Di majelis ini terdapat lembaga pendidikan formal, seperti pesantren dan sekolah, serta lembaga pendidikan nonformal, seperti kajian kitab dan pelatihan-pelatihan.

  • Sebagai pusat pemberdayaan masyarakat

    Majelis Az Zikra juga berperan sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Majelis ini memiliki berbagai program sosial, seperti bantuan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

  • Sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah

    Majelis Az Zikra juga mengembangkan ekonomi syariah melalui berbagai unit usaha, seperti koperasi syariah, toko syariah, dan rumah sakit syariah. Tujuannya adalah untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan umat.

Baca Juga :  Peran Rumah Tangga Pemerintah

Majelis Az Zikra telah menjadi salah satu lembaga dakwah dan pendidikan Islam terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia. Majelis ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menyebarkan ajaran Islam, membina umat, dan memberdayakan masyarakat.

Meninggal dunia pada 22 Mei 2019

Pada tanggal 22 Mei 2019, Arifin Ilham menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Ia meninggal dunia pada usia 49 tahun setelah berjuang melawan kanker nasofaring selama beberapa waktu.

Kabar meninggalnya Arifin Ilham mengejutkan banyak pihak. Umat Islam di Indonesia dan dunia berduka cita atas kepergian tokoh agama yang sangat mereka cintai.

Jenazah Arifin Ilham dimakamkan di Pesantren Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pemakamannya dihadiri oleh ribuan pelayat dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepergian Arifin Ilham meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sahabat, dan seluruh umat Islam. Namun, ajaran-ajaran dan inspirasi yang telah diberikannya akan terus hidup dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Arifin Ilham dikenal sebagai sosok yang rendah hati, sederhana, dan selalu bersemangat dalam berdakwah. Ia telah menginspirasi banyak orang untuk lebih mencintai dan mengamalkan ajaran Islam. Kepergiannya merupakan kehilangan besar bagi umat Islam Indonesia.

Dimakamkan di Pesantren Az Zikra, Sentul

Jenazah Arifin Ilham dimakamkan di Pesantren Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pesantren ini merupakan pusat kegiatan dakwah dan pendidikan yang didirikan oleh Arifin Ilham pada tahun 1999.

  • Sebagai bentuk penghormatan

    Pemakaman Arifin Ilham di Pesantren Az Zikra merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasanya dalam berdakwah dan membina umat.

  • Sebagai tempat yang penuh kenangan

    Pesantren Az Zikra adalah tempat di mana Arifin Ilham mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk berdakwah dan membina umat. Tempat ini penuh dengan kenangan dan jejak perjuangannya.

  • Sebagai pusat ziarah

    Makam Arifin Ilham di Pesantren Az Zikra diperkirakan akan menjadi pusat ziarah bagi para pengagum dan murid-muridnya.

  • Sebagai pengingat perjuangannya

    Keberadaan makam Arifin Ilham di Pesantren Az Zikra akan menjadi pengingat bagi kita semua tentang perjuangannya dalam menyebarkan ajaran Islam dan membina umat.

Pemakaman Arifin Ilham di Pesantren Az Zikra merupakan wujud kecintaan dan penghormatan umat Islam Indonesia kepada tokoh agama yang sangat mereka cintai.

Menjadi inspirasi bagi banyak umat Islam

Arifin Ilham dikenal sebagai sosok yang sangat menginspirasi banyak umat Islam. Ceramah-ceramahnya yang penuh makna dan semangat juang yang tinggi telah menyentuh hati banyak orang.

  • Sebagai panutan dalam beragama

    Arifin Ilham menjadi panutan bagi banyak umat Islam dalam menjalankan ajaran agama. Ia mengajarkan pentingnya keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia.

  • Sebagai motivator dalam berdakwah

    Arifin Ilham juga menjadi motivator bagi banyak umat Islam untuk berdakwah dan menyebarkan ajaran Islam. Ia menekankan pentingnya menyampaikan pesan Islam dengan cara yang santun dan penuh kasih sayang.

  • Sebagai pengingat tentang kematian

    Ceramah-ceramah Arifin Ilham seringkali mengingatkan tentang kematian dan pentingnya mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat.

  • Sebagai penyemangat dalam menghadapi kesulitan

    Arifin Ilham juga menjadi penyemangat bagi banyak umat Islam dalam menghadapi kesulitan hidup. Ia mengajarkan pentingnya bersabar, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah SWT.

Baca Juga :  Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Keteladanan dan ajaran-ajaran Arifin Ilham telah memberikan inspirasi dan motivasi bagi banyak umat Islam untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat kepada Allah SWT.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Arifin Ilham:

Question 1: Kapan Arifin Ilham lahir?
Arifin Ilham lahir pada tanggal 8 September 1969 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Question 2: Di mana Arifin Ilham menempuh pendidikan?
Arifin Ilham menempuh pendidikan di Fakultas Ushuluddin Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

Question 3: Kapan Arifin Ilham mendirikan Majelis Az Zikra?
Arifin Ilham mendirikan Majelis Az Zikra pada tahun 1999.

Question 4: Di mana Arifin Ilham dimakamkan?
Arifin Ilham dimakamkan di Pesantren Az Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Question 5: Kapan Arifin Ilham meninggal dunia?
Arifin Ilham meninggal dunia pada tanggal 22 Mei 2019 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Question 6: Apa penyebab kematian Arifin Ilham?
Arifin Ilham meninggal dunia karena kanker nasofaring.

Question 7: Di mana Majelis Az Zikra berpusat?
Majelis Az Zikra berpusat di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang Arifin Ilham. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selain FAQ di atas, berikut adalah beberapa tips terkait Arifin Ilham:

Tips

Berikut adalah beberapa tips terkait Arifin Ilham:

1. Dengarkan ceramah-ceramahnya
Ceramah-ceramah Arifin Ilham sangat menginspirasi dan penuh makna. Dengarkanlah ceramah-ceramahnya untuk mendapatkan motivasi dan bimbingan dalam menjalani kehidupan.

2. Baca buku-bukunya
Selain ceramah, Arifin Ilham juga menulis beberapa buku tentang agama dan kehidupan. Bacalah buku-bukunya untuk mendapatkan ilmu dan hikmah yang bermanfaat.

3. Kunjungi Majelis Az Zikra
Jika memungkinkan, kunjungi Majelis Az Zikra untuk merasakan langsung suasana dakwah dan pendidikan di tempat yang didirikan oleh Arifin Ilham.

4. Ikuti akun media sosialnya
Arifin Ilham memiliki akun media sosial yang aktif, seperti Instagram dan YouTube. Ikuti akun-akun tersebut untuk mendapatkan informasi terkini tentang kegiatan dan ceramah-ceramahnya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memperoleh manfaat dari ajaran-ajaran Arifin Ilham dan melanjutkan perjuangannya dalam menyebarkan ajaran Islam dan membina umat.

Demikianlah artikel tentang Arifin Ilham, semoga bermanfaat bagi Anda.

Conclusion

Arifin Ilham adalah seorang pendakwah dan tokoh agama Islam Indonesia yang sangat berpengaruh. Ceramah-ceramahnya yang menginspirasi dan penuh makna telah menyentuh hati banyak orang dan memberikan motivasi bagi mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Arifin Ilham lahir di Banjarmasin pada tahun 1969 dan menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Setelah kembali ke Indonesia, ia mendirikan Majelis Az Zikra, sebuah lembaga dakwah dan pendidikan yang telah menjadi salah satu yang terbesar dan paling berpengaruh di Indonesia.

Arifin Ilham dikenal sebagai sosok yang rendah hati, sederhana, dan selalu bersemangat dalam berdakwah. Ia meninggal dunia pada tahun 2019 setelah berjuang melawan kanker nasofaring. Kepergiannya merupakan kehilangan besar bagi umat Islam Indonesia.

Ajaran-ajaran dan inspirasi yang diberikan oleh Arifin Ilham akan terus hidup dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Mari kita jadikan semangat dan perjuangannya sebagai inspirasi bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat kepada Allah SWT.


Rekomendasi Herbal Alami:

Artikel Terkait

Bagikan:

sisca

Halo, Perkenalkan nama saya Sisca. Saya adalah salah satu penulis profesional yang suka berbagi ilmu. Dengan Artikel, saya bisa berbagi dengan teman - teman. Semoga semua artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat. Pastikan Follow iainpurwokerto.ac.id ya.. Terimakasih..

Tags