Wisuda IAIN Purwokerto, Rektor: Biasakan Lakukan Silaturahmi Akademik

Rektor IAIN Purwokerto, Dr. Moh. Roqib melantik 386 wisudawan periode II tahun 2019 pada Kamis (08/08/2019) di Gedung Auditorium IAIN Purwoketo.

Acara dimulai dengan sidang senat terbuka dalam rangka Wisuda Magister ke 10, Sarjana ke 42 dan Ahli Madya ke 18 yang dibuka oleh Ketua Senat IAIN Purwokerto Dr. Abdul Wachid Bambang Suharto. Ketua Senat selanjutnya menyerahkan kepada Rektor untuk memimpin  wisuda.

Pelantikan wisuda ini merupakan yang pertama kali bagi Dr. Moh. Roqib setelah dilantik sebagai Rektor oleh Menteri Agama pada tanggal 8 April 2019 lalu.

Kepada wisudawan Rektor mengajak berdoa untuk para pendiri IAIN Purwokerto dan K.H. Maemun Zubair. “Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosanya, “kata Rektor yang diamini para hadirin.

“Selamat kepada wisudawan, setelah diwisuda ekspresikan diri kalian untuk mengabdi kepada masyarakat. Proses kalian masih panjang, teruslah berprestasi, “ucapnya.

Kiat sukses menurut Rektor, harus taat kepada Allah dan Rasulnya yang diaplikasikan dengan taat tata tertib di lapangan, kemudian juga harus tulus ikhlas dan istiqomah untuk mengatasi kekurangan yang ada.

Rektor berpesan agar wisudawan membiasakan melakukan silaturahmi akademik dengan banyak membaca, menulis dan meneliti untuk menemukan kesimpulan. “lakukan juga silaturahmi sosial, silaturahmi spiritual dan berbuat baik kepada kedua orangtua, “jelasnya.

Kemudian Rektor mengamanatkan kepada wisudawan agar menyisihkan waktu untuk mengajar dimanapun berada karena akan bermanfaat di dunia dan akhirat, Diakhir amanatanya Rektor menjelaskan tentang filosofi air, “hiduplah seperti air yang tahan akan kondisi apapun, fleksibel, tidak kenal takut dan kuat, “imbuhnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Fauzi dalam laporannya mengatakan jumlah mahasiswa S2 yang diwisuda sebanyak 30 lulusan, Sarjana 328 lulusan dan Ahli Madya Manajemen Perbankan Syariah FEBI 28 lulusan.

Wisudawan Sarjana terdiri dari Fakultas Dakwah 56 lulusan, Fakultas Syari’ah 39 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 29 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) 187 lulusan dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora (FUAH) 17 lulusan.

Wisudawan terbaik tingkat Sarjana adalah Solikhatun Kamaliyah dari Prodi PAI dengan IPK 3,91 dan wisudawan terbaik tingkat Pascasarjana diberikan kepada Kuswantoro dari Prodi MPI dengan IPK 3,77. Rektor berkesempatan memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik tingkat Institut dan Prodi, yang disusul dengan pemberian penghargaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Purwokerto dan BRI Syariah Cabang Purwokerto.

Sedangkan pemberian gelar untuk lulusan Fakultas Dakwah adalah S.Sos, lulusan Fakultas Syari’ah bergelar S.H, lulusan FEBI bergelar S.E, lulusan FTIK bergelar S.Pd, lulusan FUAH bergelar S.Ag kecuali Prodi SPI FUAH yang bergelar S.Hum.

“Wisuda kali ini yang lulus dengan predikat cumlaude atau pujian sebanyak 211 wisudawan”, ungkap Fauzi.