WAMENAG RI LAUNCHING “RUMAH MODERASI BERAGAMA” IAIN PURWOKERTO

Purwokerto—Wakil Menteri Agama RI, Dr. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si resmikan “Rumah Moderasi Beragama” IAIN Purwokerto sekaligus menjadi narasumber focus group discussion “Moderasi Beragama” yang dihadiri oleh Rektor IAIN Purwokerto beserta jajarannya, Kepala Kanwil Jateng, Kepala Kanwil se-Banyumas Raya, serta dari perwakilan TNI Polri dan ratusan peserta di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto, (06/03/ 2020).

Rektor IAIN Purwokerto, Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag. menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Wamenag beserta rombongan dari Kemenag RI yang telah hadir di kampus IAIN Purwokerto, dan permohonan dukungan dalam rangka program alih status IAIN Purwokerto menjadi UIN Syaifuddin Zuhri (UIN Saizu) yang terus menunjukkan progres signifikan.

Launching rumah moderasi beragama yang dicanangkan IAIN Purwokerto sebagai wujud nyata upaya deradikalisasi di negara Indonesia dilakukan Wamenag RI dengan menandatangani piagam pendirian dan menyerahkan sejumlah hibah buku kepada IAIN Purwokerto yang diterima oleh Kepala “Rumah Moderasi Beragama,” Marwardi, M. Ag.

Pemahaman tentang toleransi dan moderasi beragama bagi masyarakat Indonesia menjadi penting, sebab Indonesia terus bertahan sejak kemerdekaan karena tiga faktor utama yang saling mendukung. Pertama, faktor modal sosial budaya yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan, menghargai pluralitas sebagai sesuatu yang berharga dalam sebuah negara. Kedua, ideologi Pancasila sebagai dasar negara, dan nilai universal yang bisa diterima oleh seluruh rakyat Indonesia. Ketiga, nilai religious dan agamis yang memunculkan moderasi beragama, jelas Wamenag RI dalam FGD.

Berdirinya “Rumah Moderasi Beragama” IAIN Purwokerto dimaksudkan dapat menjadi wadah bagi keberagaman yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia. (Tim Media 2020)

 

Print Friendly, PDF & Email