Unit Kewirausahaan Racana IAIN Purwokerto Gelar Kopdar Inspiratif

Menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa, Unit Kewirausahaan Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto menggelar Kopdar Inspiratif bersama Narasumber pelaku wirausaha M. Fajar Azhari, pemilik Zar Creative dari Brebes di Ruang Kuliah G2 Fakultas Syariah, Sabtu (23/3).

Kopdar Inspiratif yang kedua ini, menjadi forum yang memberi motivasi membangun usaha. Tema yang diangkat scoutpreneurship sesuai dengan pembinaan Pramuka Pandega, salah satunya kewirausahaan.

Fajar menyampaikan, minat berwirausaha harus dipupuk sejak kuliah, agar ketika lulus kelak sudah memiliki pilihan usaha yang akan digeluti.

Untuk itu, lanjut Fajar, selagi masih menjadi mahasiswa perlu diasah potensi dan keminatannya. Menjalankan ide usaha disesuaikan dengan keterampilan teknis yang dimiliki setiap individu.

“Kemauan untuk mengoptimalkan potensi kemampuan teknis harus digali dan diasah. Kemampuan itu juga disinergikan dengan pengembangan relasi dan jaringan,” katanya.

Scoutpreneurship, menurut Fajar, ingin menggali potensi anggota Pramuka Pandega yang memiliki keminatan dalam menggagas usaha mandiri.

“Apapun ide usaha yang dimiliki, harus dimulai dari diri sendiri, diawali dari yang kecil dan dilakukan mulai dari sekarang,” tuturnya.

Fajar menambahkan, usaha bisnisnya diawali dengan kemampuan desain grafis yang sederhana. Keterampilan mendesain dikembangkan dengan melakukan penawaran dan penjualan marchandise hasil desain sendiri dengan menggunakan media sosial.

“Usaha mandiri dimulai dengan modal sendiri yang tidak harus besar. Melalui keterampilan individu dan dukungan media digital, calon wirausahawan dapat mengembangkan ide usahanya,” pungkasnya.

(M2/acm)

One thought on “Unit Kewirausahaan Racana IAIN Purwokerto Gelar Kopdar Inspiratif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *