Unit Kegiatan Mahasiswa

  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
    1. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah unit kegiatan mahasiswa di tingkat institut sebagai pelaksana kegiatan ekstrakurikuler.
    2. Ketua UKM dipilih berdasarkan hasil musyawarah anggota di masing-masing UKM.
    3. Ketua UKM dalam menjalankan tugasnya berhak menyusun kepengurusan sesuai dengan AD/ART masing-masing.
    4. Pengurus UKM disahkan oleh Rektor IAIN berdasarkan usulan dari Ketua UKM terpilih.
    5. UKM mempunyai tugas pokok:
      1. Melaksanakan program kerja sesuai dengan hasil keputusan musyawarah anggota.
      2. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kerja kepada DEMA melalui musyawarah anggota.
    6. Pembentukan UKM baru harus dengan izin dari Rektor IAIN
    7. Ketentuan pembentukan UKM baru diatur oleh aturan yang dibuat oleh Senat Mahasiswa.
    8. UKM yang ada di IAIN Purwokerto adalah:
      1. Kelompok Studi Islam dan Kema­syarakatan (KSIK)

KSIK merupakan unit kegiatan maha­siswa yang bertujuan untuk me­numbuhkan dan mengem­bangkan apresiasi dan studi kritis mahasiswa terhadap perkem­bangan ilmu pengetahuan, Islam dan realitas sosial kemasyarakatan.

  1. Teater Didik

Lembaga ini bertujuan untuk me­num­buhkan dan mengembang­kan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni dan budaya, khusus­nya dalam seni teater dan kesusastraan.

  1. Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam (FAKTAPALA)

KMPA FAKTAPALA merupakan unit kegiatan mahasiswa untuk me­num­buhkan dan me­ngembang­kan bakat dan minat maha­siswa dalam melestarikan dan memanfaatkan alam semesta.

  1. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)

Koperasi mahasiswa ini meru­pakan unit kegiatan sekaligus wadah bagi mahasiswa untuk mengem­bangkan kemampuan dan keterampilan dalam bidang ekonomi, kewirausahaan dan perkoperasian.

  1. Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) OBSESI

Lembaga Pers Maha­siswa OBSESI merupakan unit kegiatan mahasiswa yang berupaya mem­bangun dan mentradisikan intelek­tualitas melalui dunia tulis-menulis, penerbitan dan kegiatan jurnalistik lainnya.

  1. Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka merupakan unit kegiatan mahasiswa IAIN Purwo­kerto yang menumbuhkan dan me­ngembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang kepramukaan dan pendidikan karakter. Unit ini dibagi menjadi dua Racana yaitu: Racana Sunan Kalijaga Gudep 26.2833, dan Racana Cut Nyak Dien Gudep 26.2834.

  1. EASA (English Arabic Student Asso­ciation)

EASA adalah unit kegiatan mahasiswa yang ber­kecimpung dalam usaha menum­buhkan minat, prestasi dan pembiasaan dalam berbahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai alat komunikasi dan pengembangan ilmu pengetahuan.

  1. MASTER

MASTER merupakan unit kegiatan mahasiswa IAIN Purwokerto yang berupaya untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang musik.

  1. Olahraga

UKM Olahraga merupakan unit ke­giatan mahasiswa yang berusaha untuk mengembang­kan bakat dan minat mahasiswa serta prestasi dalam bidang olahraga. Cabang olah raga yang ada adalah: Volley Ball, Bulutangkis, Tenis Meja, Sepakbola, Futsal, Karate, Catur, dan Kempo.

  1. Pengembangan Ilmu al-Qur’an dan Seni Islam (PIQSI)

PIQSI adalah unit kegiatan mahasiswa yang berupaya dalam menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan bakat dan minat serta prestasi dalam bidang pengembangan ilmu al-Qur’an dan seni Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *