UIN Saizu Purwokerto Tambah 1 Guru Besar bidang Ilmu Hukum Islam

Universitas Islam Negeri (UIN) Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) kembali memperoleh  tambahan profesor/guru besar di bidang Ilmu Hukum Islam.  Dr. H. Ridwan, M.Ag,  Wakil Rektor II UIN Saizu mendapatkan mandat menjadi Guru Besar / Profesor berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim yang ditandatangani pada tanggal 3 September 2021.  Surat Keputusan ini menaikkan jabatan Dr. H. Ridwan, M.Ag dari jabatan fungsional Lektor Kepala menjadi Profesor/Guru Besar bidang Ilmu Hukum Islam mulai tanggal 1 Agustus 2021.

Surat Keputusan pengangkatan jabatan professor/guru besar ini menjadi anugrah luar biasa untuk segenap sivitas akademika UIN Saizu. Jabatan fungsional professor/guru besar merupakan jabatan fungsional dosen tertinggi di perguruan tinggi.  Untuk dapat meraih gelar jatan fungsional professor/guru besar seorang dosen harus meniti karir akademik dari mulai jenjang jabatan asisen ahli, lektor, lektor kepala, serta professor/guru besar.  Beragam kegiatan akademik yang harus dirintis untuk naik jenjang jabatan akademik dosen dari jenjang asisten ahli hingga professor/guru besar mencakup kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi kegiatan pendidikan dan pengajaran, melaksanakan penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini diimpementasikan dalam bentuk studi lanjut untuk meraih pendidikan doktor, mengajar mata kuliah pada mahasiswa S1-S3, melaksanakan publikasi ilmiah di jurnal nasional/internasional bereputasi, hingga memberikan layanan kepada masyarakat.

Pengangkatan dosen ke jabatan fungsional professor/guru besar merupakan harapan dan impian semua dosen di Indonesia.  Hadirnya professor/guru besar baru berperan sangat signifikan dalam pengembangaan tradisi akademik di perguruan tinggi khususnya dalam pengembangan kualitas pendidikan di jenjang Pascasarjana (Program Magister dan Doktor). Berdasarkan peraturan, seorang professor/guru besar memiliki kewenangan penuh untuk mengajar dan membimbing mahasiswa dari mulai jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3).

 

Hingga saat ini,  UIN Saizu memiliki 5 orang professor/guru besar yang tersebar di 4 Fakultas. Beliau adalah Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag dan Prof. Dr. Fauzi, M.Ag (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Prof. Dr. H. Abdul Basith, M.Ag (Fakultas Dakwah), Prof. Dr. Phil. H. Muhammad Nur Kholis Setiawan, M.A (Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora)  serta Prof Dr. H. Ridwan, M.Ag (Fakultas Syariah).  Selanjutnya, Senat UIN Saizu akan melaksanakan pengukuhan professor/guru besar setelah turunnya stuta baru Universitas Islam Negeri (UIN) Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri.

 

Selamat dan sukses untuk Prof. Dr. H. Ridwan, M.Ag

Print Friendly, PDF & Email