UIN SAIZU Jadi Tuan Rumah Rakerwil dan Jambore Ekonomi Syariah FORNASMEBI Wilayah III Se DIY-JATENG

Purwokerto–DEMA FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka menjadi tuan rumah Rapat Kerja Wilayah III dan Jambore Ekonomi Syariah FORNASMEBI (Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam) se DIY-JATENG ( 25-27/05).

Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Sinegritas Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam untuk Transformasi Gerakan yang Signifikan” tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap setahun sekali untuk membahas program kerja kepengurusan dalam jangka satu periode mendatang sekaligus menekankan arah organisasi Fornasmebi tingkat wilayah.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus wilayah III FORNASMEBI yang terdiri dari para ketua SEMA dan DEMA beserta jajarannya yang didelegasikan dari 7 PTKIN yang tergabung di wilayah III FORNASMEBI yaitu UIN Suka Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, UIN Saizu Purwokerto, IAIN Kudus, IAIN Pekalongan, IAIN Salatiga, dan IAIN Surakarta.

Tidak hanya rakerwil, agenda tersebut juga diramaikan dengan kegiatan Jambore Ekonomi Syariah Se-DIY Jateng yang dilaksanakan mulai tanggal 20 April 2021 secara daring dan grand final pada 26 Mei 2021 secara luring di UIN Saizu.

Kegiatan ini juga disponsori oleh LinkAja yang sekaligus melaksanakan penandatanganan MoU kerja sama antara Link Aja Syariah dengan FORNASMEBI. Sementara itu, Dekan FEBI UIN Saizu Purwokerto Dr. H. Jamal Abdul Aziz, M.Ag. sangat mengapresiasi adanya kegiatan FORNASMEBI ini.

“Terus asah dan tingkatkan bakat serta minat dari mahasiswa FEBI Se-Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Budaya literasi yang baik dari FORNASMEBI harus terus ditingkatkan. Jangan puas hanya dengan 2 judul buku karya kita yang sudah terbit. Terus asah intelektualitas dan berkontribusi melalui aksi dan karya,” katanya.

Hari pertama kegiatan Rakerwil (25/5) diisi dengan Seminar Nasional dengan tema “Manifestasi Perkembangan E-Commerce pada Mahasiswa Ekonomi Sebagai Transformator Ekonomi Digital”. Hari kedua (26/5) agenda diisi dengan grand final Jambore Ekonomi Syariah Se-DIY Jateng dengan cabang lomba bussines plan, karya tulis ilmiah, debat, dan film pendek. Pada hari yang sama, agenda berlanjut hingga malam hari yaitu kegiatan malam inagurasi yang menampilkan pentas seni dari para peserta kegiatan, sekaligus pengumuman kejuaraan.

 

Pada cabang lomba film pendek, juara 1 diraih oleh IAIN Salatiga dan juara 2 diraih oleh IAIN Kudus. Cabang lomba bussiness plan, juara 1 diraih oleh IAIN Surakarta dan juara 2 diraih oleh UIN Saizu Purwokerto. Cabang debat, juara 1 diraih oleh UIN Sunan Kalijaga dan juara 2 diraih oleh UIN Saizu Purwokerto. Cabang LKTI, juara 1 diraih oleh IAIN Salatiga dan juara 2 diraih UIN Saizu Purwokerto.

 

Hari ketiga yang merupakan hari terakhir kegiatan (27/5) adalah karya wisata dan penyerahan donasi dari FORNASMEBI untuk Palestina.

Ketua DEMA FEBI UIN Saizu Triyani mengatakan bahwa penentuan tuan rumah Rakerwil dan Jambore Ekonomi Syariah FORNASMEBI Wilayah III Se DIY-JATENG ditentukan pada saat Musyawarah Wilayah III tahun lalu di Kudus.

“Penentuan UIN Saizu menjadi tuan rumah saat pelaksanaan Musyawarah Wilayah III di Kudus tahun lalu. Awalnya kami agak pesimis karena kegiatan ini merupakan event besar yang butuh support dari banyak stake holder apalagi dalam kondisi di tengah pandemi. Tetapi kami melihat kegiatan seperti ini akan memberi dampak yang baik  untuk nama baik almamater tercinta,” katanya.

“Kami berharap semoga FORNASMEBI ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial rutinan saja antar DEMA dan SEMA, tetapi terus mewadahi generasi ekonom muda agar tidak hanya mensejahterakan dirinya saja tetapi juga berkontribusi terhadap Indonesia, khususnya dalam menciptakan keuangan yang berkelanjutan,” lanjutnya.

“Lebih dari itu, semoga ini menjadi insight yang luar biasa bagi kita semua untuk meningkatkan silahturahmi serta konsolidasi seluruh pengurus di tingkat wilayah,” pungkasnya. (Tim Media 2021)

 

Print Friendly, PDF & Email