Tracer Study Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Perkuat Jaringan Alumni

Purwokerto-Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto menyelenggarakan tracer study, silaturahmi dan temu alumni secara blanded system dengan tema “Bersama, Semangat, Sinergi.” Tracer Study dihadiri oleh para alumni fakultas dakwah IAIN Purwokerto, Dosen Fakultas Dakwah dan para tamu undangan. (22/05/2021)

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Dakwah Prof. Dr. KH. Abdul Basit M.Ag menekankan pentingnya pelaksanaan tracer study untuk mempermudah perumusan kebijakan guna memperbaiki kualitas dan kompetensi lulusan Fakultas Dakwah.

“Dalam upaya meningkatkan kualitas mutu SDM lulusan, maka keberadaan sistem informasi tracer study sangat penting. Karena akan mempermudah Fakultas Dakwah dalam merumuskan kebijakan guna memperbaiki kualitas dan kompetensi lulusan saat ini dan di masa mendatang,” katanya.
Basit juga mengungkapkan harapannya terhadap alumni fakultas dakwah dapat bersaing di dunia kerja nasional dan internasional.

“Harapan besar untuk lulusan Fakultas Dakwah saat berada di dunia kerja mampu bersaing dan mudah memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja baik dalam skala nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Dr. Musta’in, M.Si Wadek 3 Bidang Kerjasama dan Alumni menjelaskan bahwa Tracer Study menjadi salah satu indikator untuk mengetahui gambaran umum dari para alumni.

“Dengan melaksanakan tracer study tentunya memiliki gambaran perihal pekerjaan ideal yang di inginkan. Pekerjaan yang ideal adalah pekerjaan dengan jenjang karir yang jelas, gambaran tersebut diperoleh salah satunya dengan menggunakan tracer study,” jelas Musta’in.

“Tracer study menjadi satu sistem informasi yang banyak digunakan perguruan tinggi di dunia termasuk di Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Sistem tracer study juga dipergunakan untuk kebutuhan akreditasi perguruna tinggi dan melakukan perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu lulusan Fakultas Dakwah,” tambahnya.

Meskipun tracer study dilaksanakan secara blanded system, namun tidak menyurutkan antusias, semangat dan kekompakan para alumni fakultas dakwah. (TIM Media-2021)

Print Friendly, PDF & Email